HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Memanfaatkan Karung Untuk Budidaya Tanaman Cabe dan Sayur Di Lahan Terbatas

Melonjaknya harga cabe akhir akhir ini di angka yang cukup fantatis tentu saja membuat konsumen pencinta pedes berteriak. Bayangkan harga cabe 5000 rupiah hanya mendapatkan beberapa biji saja. Kemudian ada anjuran untuk menanam sendiri saja di halaman rumah. Yang menjadi masalah umumnya mereka yang tinggal di perkotaan tidak punya lahan untuk menanam, jangankan lahan untuk menanam. Lahan untuk menjemur pakaian aja terkadang susah.  Sempat ada wacana menanam sayuran atau buah dengan cara hidroponik.
 
Cara menanam yang cocok untuk lahan terbatas. Memang sepertinya menjadi alternatif menarik bayangkan menanam pohon dan sayuran tanpa media tanah hanya dengan media air bayangan yang pertama kali muncul sangat cocok untuk kita di daerah perkotaan dengan lahan terbatas. Tapi ternyata cara ini tidaklah cukup murah dan di butuhkan pengetahuan. Kalaupun ada pelatihan pelatihan harganya cukup merogoh kantong pribadi belum segala perlengkapan yang harus disiapkan untuk menanam dengan cara hidroponik setelah tanaman tumbuh  pun dibutuhkan nutrisi untuk tanaman ini yang bentuknya cair. Kalau untuk sekedar hobi bisalah hal ini dilakukan. Tapi kalau untuk yang berniat menghemat sayur sayuran dengan menanam sendiri cara ini sepertinya bukan menjadi alternatif.

Sebenarnya kalau kita kreatif bisa memanfaatkan barang barang sekitar kita. Salah satunya adalah karung bekas beras atau karung bekas apa aja pembungkus konveksi atau pembungkus sepatu. Kita bisa memilih berbagai ukuran karung. Kalaupun kita tidak punya karung bekas kita bisa membeli karung ini dengan harga yang relatif murah yaitu sekitar 2000 rupiah saja. Dibandingkan dengan ember atau kaleng. Karung lebih mudah didapat dan tentu jauh lebih murah.


Bagaimanakah kita menggunakan karung untuk budidaya sayuran?
Pertama yang harus diperhatikan untuk media menanam apa cocoknya karung ini. Yang jelas untuk mereka yang punya lahan terbatas dan dana terbatas juga. Tanaman yang kita pilih adalah tanaman yang berumur pendek dan tidak mempunyai akar tunggang. Seperti misalnya kangkung,  caisim, cabe, bayam. Lalu jenis karung seperti yang bisa digunakan sepertinya jenis apa saja bisa digunakan apakah itu jenis karung polos jenis karung dengan laminasi air atau jenis yang tahan panas apakah itu karung krem, karung gabah, karung sablon maupun karung printing.

Yang kedua setelah karung disiapkan untuk masalah ukuran disesuaikan dengan lahan yang kita punya ya. Serta tanaman yang akan ditanam. Kalau untuk cabe kita masih bisa menggunakan karung dengan ukuran karung 10 kg  per tanaman. Untuk tanaman masal seperti kangkung, bayam, caisim kita bisa menggunakan karung yang lebih besar jika ingin menanam dalam jumlah banyak. Langkah selanjutnya adalah menyediakan media tanam untuk dimasukkan ke dalam karung. Sebelum media tanam dimasukkan lubangi kecil karung dibagian bawah dengan paku yang dipanasin agar karung karung tidak berserabut. Jangan banyak banyak secukupnya saja untuk supaya air tidak tertahan. 

Setelah  karung yang sudah dilubangi siap untuk mengantisipasi supaya karung tidak mudah rapuh bisa didoubel tentu saja lubangnya diseseuaikan ya atau membuat lubangnya saat karung sudah dilapis dua. Setelah itu siapkan media tanam, media tanam ini bisa tanah yang kita ambil sendiri dari kebun atau kalau tidak punya kita membeli di tempat tempat yang menyediakan bahan bahan pertanian. Kita bisa sekalian mencari bibit yang akan kita tanam. 

Biasanya ada yang berbentuk tanah asli belum ada campuran apapun. Atau dalam bentuk cocopeat yaitu media tanah yang terdiri dari tanah, merang , pupuk kandang dengan takaran yang sudah aman. Ini lebih memudahkan kita. Harganya juga tidak terlalu mahal sekitar 20 ribu per karung ukuran 5 kg, kita masukkan media tanam ke karung lalu bisa kita letakkan dipinggir pinggir rumah kita. Diatas aliran air yang kita tutup dengan bambu jadi saat kita mau membersihkan aliran air bisa di geser.

Untuk tanamannya kita memilih membeli yang sudah dalam bentuk bibit tinggal tanam ataukah masih dalam bentuk biji. Kalau untuk Cabe jika dalam bentuk biji ada baiknya kita semai dulu di plastik plastik polybak kecil setelah kira kira tumbuh 4 daun baru kita pindahkan satu satu ke tempat karung karung yang sudah jadi media tanam kalau untuk cabe bisa dengan ukuran karung yang 10 kg atau 25 kg.

Untuk tanaman bayam, kangkung, caisim bisa langsung kita sebar ke media tanam, dengan cara media tanam kita lubangi jarak pendek pendek dengan kayu jangan terlalu dalam hanya untuk biar biji tidak terbang atau terbawa air. Setelah itu dikasih taburan tanah sekali aja jangan tebal nanti malah tidak tumbuh. Selama biji belum tumbuh jangan terlalu sering di siram cukup pastikan tanah lembab saja. Dan jangan diberi pupuk apapun. Jauhkan dari terkena sinar matahari langsung. Jika sudah tumbuh minimal dua daun baru biarkan dibawah sinar matahari langsung.
# Dapatkan info harga karung terupdate silahkan klik DISINI.
 
Untuk perawatan jika tanaman sudah tumbuh cukup seminggu sekali diberi pupuk. Mudah dan simpel ya untuk membudidayakan tanaman dengan media karung. Mengingat produksi karung dengan berbagai ukuran karung dan jenis karung apakah karung polos , karung krem, karung laminating  maupun karung design dan karung printing sangat banyak di Indonesia. Semua jenis karung dari pabrik karung tersebut dapat digunakan disesuaikan saja ukuran. Dengan cara ini kita bisa mengurangi dampak dari limbah karung juga membuat pengeluaran kita lebih hemat dengan menanam sayuran sendiri dan yang jelas lebih sehat karena kita bisa memilih tidak menggunakan pestisida apa apa. Selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memanfaatkan Karung Untuk Budidaya Tanaman Cabe dan Sayur Di Lahan Terbatas"

Posting Komentar