HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Atasi Pasca Panen Jagung Manis Dengan Karung Beras Yang Baik Dan Benar


Kegiatan pascapanen jagung yaitu suatu proses melaksanakan grading, pengemasan, serta penyimpanan. Penanganan pascapanen ini dilaksanakan oleh para petani mana saja yang membudidayakan suatu tanaman salah satunya yaitu petani jagung manis.

Jagung manis yaitu tanaman yang jika sudah dipetik tetapi masih tetap bisa berkurang mutunya. Mutu dari jagung manis akan berkurang jika tak dilaksanakan proses pascapanen ini. Tak hanya mutu, tetapi ada perubahan lainnya yang terjadi jika jagung manis tak dilaksanakan penanganan pascapanen. Contohnya seperti perubahan pada rasa jagung, bentuk jagung, dan beberapa perubahan yang lainnya.

Adapun Cara Penanganan Pasca Panen Jagung Manis Secara Benar

Ketika melaksanakan kegiatan pascapanen, ada beberapa hal yang bisa dilaksanakan daintaranya yaitu.

Baca Juga :

Melaksanakan Penyortiran

Penyortiran yaitu suatu proses melaksanakan pemisahan antara jagung manis yang bermutu dengan yang tak bermutu. Antara tongkol yang berkualitas diletakkan di tempat yang berbeda dengan jagung manis yang tak bermutu. Untuk melihat bermutu ataupun tidaknya jagung manis bisa dilaksanakan dengan cara melihat bagian luar jagung tersebut.

Jika masih dalam keadaan bagus dan tak ada pembusukan pada bagian sisinya jadi itu jagung manis yang bermutu. Bukan itu saja, penyortiran juga bisa berdasarkan pada ukuran dari jagung tersebut. Pisahkan antara jagung yang ukurannya lebih kecil dengan ukuran yang lebih besar.

Merapikan Tongkol

Umumnya tongkol jagung masih belum tertata dan perlu dirapikan. Merapikan tongkol bisa dikerjakan dengan cara memotong tongkol tersebut dengan memakai pisau atau gunting khusus untuk merapikan tongkol.


Membuang Klobot Terluar

Klobot yaitu bagian yang dipakai untuk melapisi jagung manis tersebut. Ketika pemanenan berlangsung, klobot tak boleh dibuang. Tetapi ketika sudah masuk ke tahap pascapanen, klobot perlu dibuang. Akan tetapi klobot yang dibuang bukan semua klobot melainkan hanya klobot bagian luar saja. Itu pun hanya dua lapis klobot saja yang perlu dibuang.

Pengemasan

Pengemasan jagung manis bisa dilaksanakan dimana saja. Tetapi, yang paling baik yaitu dikemas di dalam plastik. Untuk plastik yang berukuran besar bisa diisi sekitar 1kg jagung manis atau sekitar 5-7 tongkol jagung manis.

Pengemasan juga bisa dilaksanakan di dalam karung plastik, keranjang, ataupun goni. Wadah untuk pengemasan disesuaikan dengan tujuan pemasaran. Jika pemasaran dilaksanakan di supermarket, maka pengemasan bisa dikerjakan di plastik transparan. Plastik mempunyai fungsi sendiri. Fungsi dari plastik yaitu untuk mencegah kehilangan air, memperpanjang kesegaran, menjaga kelembapan, melindungi tongkol dari kerusakan mekanis, serta bisa mencegah kontaminasi serangga ataupun debu.

Penyimpanan

Jika tak langsung didistribusikan, segera simpan jagung yang sudah dikemas di dalam wadah berpendingin untuk mengurangi proses pembusukan yang cepat. Penyimpanan bisa dilaksanakan di tempat yang dingin dengan temperatur sekitar 2-4 derajat celcius. Tujuannya dari penyimpanan sendiri yaitu untuk mempertahankan kemanisan sampai 5 hari kedepannya.


Jika Anda Membutuhkan dan Ingin Menggunakan Karung Beras untuk pengemasan ketika pasca panen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih awet Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan :
– Minimal order 5.000 lembar
– harga netto (tidak termasuk PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Atasi Pasca Panen Jagung Manis Dengan Karung Beras Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar