HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Ampuh Membasmi Hama Orong-orong Pada Tanaman Padi

Jual Karung Beras Harga Pabrik - Lim Corporation

Hama orong - orong juga sering disebut dengan nama anjing tanah, hama ini hidup dan beraktivitas di bawah tanah dan merupakan penggali yang sangat handal. Tanah yang disenanginya adalah tanah yang gembur dan cukup mengandung air. Berikut akan saya ulas mengenai cara efektif membasmi hama orong - orong.

BACA JUGA :
1. Dengan Insektisida Tabur

Cara ini adalah cara yang paling banyak diterapkan oleh banyak petani di Indonesia sampai saat ini karena dianggap paling mudah aplikasinya. Ada banyak sekali insektisida tabur yang dijual di toko - toko pertanian.

Cara pemakaiannya adalah ketika anda membuat bedengan dan akan menaburkan pupuk dasar maka campurkanlah sekitar 1 kg insektisida tabur dengan 100 kg pupuk dasar (PHONSKA, TSP, UREA atau ZA). Dengan ditaburkannya insektisida tabur bersama dengan pupuk dasar, maka diharapkan serangga orong - orong dan juga hama serangga lainnya seperti uret dan ulat tanah akan meninggal.

Yang perlu anda perhatikan adalah dosis yang anda pakai harus tepat. Karena insektisida tabur akan meninggalkan residu kimia kuat yang mungkin akan mempengaruhi tingkat kesuburan tanah tersebut. Selain itu serangga alami yang berguna seperti kelabang juga akan ikut mati. Padahal kelabang ini akan menjadi predator bagi orong - orong, dan gangsir atau jangkrik.

2. Dengan Jebakan Cahaya

Ternyata orong - orong ini juga mempunyai kebiasaan yang sama dengan kebanyakan jenis serangga malam yakni terpikat pada cahaya lampu. Hal ini dapat anda gunakan untuk menjebaknya. Ada dua model jebakan lampu yang cocok untuk membasmi orong - orong yaitu perangkap listrik dan perangkap insektisida.

Pada perangkap listrik maka lampu yang menjadi pemikat diselubungi dengan kawat listrik yang bila tersentuh akan membunuh serangga tersebut dengan seketika. Pada perangkap model ini maka anda tergantung pada ketersediaan tegangan listrik. Sedangkan pada model perangakap insektisida maka lampu yang menjadi pemikat ditutup dengan plastik atau toples kaca bening yang bagian luarnya telah diolesi insektisida kontak atau pelekat.

Dengan begitu maka serangga yang menyentuh lapisan insektisida akan teracuni dan akan mati. Sebaiknya dalam model perangkap insektisida maka anda harus memakai bahan insektisida yang berspektrum luas sehingga dapat membunuh hama serangga lainnya sekaligus.


3. Dengan Insektisida Sistemik

Insektisida sistemik mempunyai keunggulan bisa menyebar keseluruh bagian tanaman melalui jaringan meristem. Hanya saja dia juga mempunyai kelemahan yaitu harus menunggu sampai bagian tanaman diserang hama terlebih dahulu jadi hama tersebut akan teracuni oleh bahan insektisida sistemik yang menyebar keseluruh bagian tanaman termasuk akar.

Pada kasus serangan hama orong - orong maka insektisida sistemik sebaiknya diberi sekitar 10 hari sekali. Dan satu hal yang harus anda perhatikan adalah dosisnya jangan sampai berlebihan karena ditakutkan akan tertinggal sebagai residu yang mungkin dapat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Aplikasi insektisida sistemik juga harus ada waktu yang pas. Untuk hama orong - orong sebaiknya aplikasi dilakukan pada sore hari (jam 3 sore - 6 sore) supaya bahan insektisida tidak cepat menguap. Pemakaian insektisida sistemik pada saat cuaca telah panas hanya akan menurunkan efektifitasnya.

4. Dengan Insektisida Organik

Insektisida organik akan lebih aman untuk kesehatan manusia meskipun kinerjanya tidak selalu sehebat insektisida kimia. Keunggulan lainnya adalah bahwa insektisida organik lebih murah karena bahannya dapat anda beli sendiri. Ada banyak bahan alami yang bersifat insektisida seperti daun mimba, bawang putih, Tembakau dan lain - lain.

Untuk hama orong - orong, maka pemakaian insektisida harus dikocorkan ke akar tanaman untuk melindungi akar utama dari serangan hama orong - orong. Orong - orong yang terkena ekstrak bawang putih contohnya, maka nafsu makannya akan berkurang drastis sehingga dia akan sakit dan kemudian akan mati.

5. Dengan Agen Hayati Beauveria Bassiana

Mungkin anda baru mengetahui bahwa jamur Beauveria Bassiana merupakan jamur antaginis bagi sebagian besar jenis serangga. Jamur ini akan menjadi penyakit bagi serangga sehingga dapat kita manfaatkan untuk mengendalikan hama serangga seperti orong - orong ini. Keuntungan memakai agen hayati beauveria bassiana adalah aman bagi lingkungan dan makhluk hidup lainnya, selain serangga.

Jamur ini menghasilkan senyakwa kimia yang bisa meracuni kulit serangga. Selain itu bila serangga terkontaminasi jamur ini di bagan mulut maka jamur akan hidup dalam tubuh serangga dan menginfeksi serangga dari dalam. Serangga yang terinfeksi akan ditumbuhi hifa putih dan akan mati ditumbuhi jamur. Untuk memakainya maka anda dapat membuat starter jamur beauveria bassiana terlebih dahulu kemudian anda kocorkan dilubang tanam pada sore hari sehingga jamur akan hidup didalam tanah dan membunuh setiap serangga hama seperti halnya orong - orong, uret, dan jangkrik.

Nah, demikianlah teknik dan cara membasmi hama orong - orong yang dapat anda aplikasikan pada tanaman anda. Karena hama orong - orong berada dalam tanah dan sulit dideteksi maka sebaiknya pencegahan adalah langkah yang anda ambil dari sejak awal. Pengendalian secara alami akan lebih aman bagi lingkungan namun anda tetap dapat memakai pestisida kimia asalkan sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Jual Karung Beras Kualitas Terjamin - Lim Corporation

* Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service :
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com

Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut :

Catatan :
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Ampuh Membasmi Hama Orong-orong Pada Tanaman Padi"

Posting Komentar