HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Jenis-jenis Hama Penggerek Batang Padi Serta Cara Membasminya

Jual Karung Beras Murah - Lim Corporation

Penggerek batang padi merupakan hama yang tergolong pengganggu utama. Hama ini menyerang tanaman padi pada semua fase pertumbuhan tanaman mulai dari persemaian sampai menjelang panen.

Pada tanaman padi fase vegetatif, larva memotong bagian tengah anakan menimbulkan pucuk layu, kering lalu mati dan gejalanya sering disebut sundep. Gejala serangan pada fase generatif berupa malai muncul putih dan hampa yang biasanya disebut dengan beluk.

BACA JUGA :
Di indonesia hingga saat ini sudah dikenal empat jenis penggerek batang padi yaitu :

1. Penggerek batang tanaman padi kuning (Scirpophaga incertulas)
2. Penggerek batang tanaman padi putih (Scirphophaga innotata)
3. Penggerek batang tanaman padi jingga (Sesamia inferens)
4. Penggerek batang tanaman padi bergaris (Chilo supresalis)

Ngengat dewasa penggerek batang aktif pada saat malam hari dan siklus hidup keseluruhan sekitar 40 hingga 70 hari, tergantung jenisnya.

Telur biasanya ditaruh di bawah permukaan daun atau dekat ujung daun dengan ciri seperti gundukan kecil yang diselimuti bulu - bulu halus mengkilap yang berasal dari bulu belakang dari ngengat induk betina. Telur akan menetas setelah 6 hari - 7 hari.

Larva lalu bergerak ke bawah menuju pangkal dan mulai menggerek anakan utama, sampai sesudah mulai dewasa beralih ke anakan lainnya.

Larva awalnya menyerang akar sampai menyerang batang padi bagian dalam. Saat larva menyerang akar gejala yang ditimbulkan berupa anakan kerdil atau meninggal.

Sedangkan ketika larva telah masuk ke dalam batang, maka larva akan merusak pembuluh bagian dalam batang. Sehingga batang putus dan pada saat dicabut mudah terlepas. Larva penggerek batang dapat dengan mudah dikenali ketika saat berada di dalam batang. Lamanya fase larva berkisar 28 hari - 35 hari.

upa berwarna kekuning - kuningan atau agak berwarna putih, dengan kokon berupa selaput benang berwarna keputih - putihan. Lamanya fase pupa antara 6 hari - 23 hari. Pupa berada di dalam pangkal batang hingga menjadi ngengat dewasa.

Dengan melihat kebiasaan tersebut, pengendalian hama lebih efektif dengan mengekang populasi ngengat dewasa. Sebab fase merusak pada larva lebih sulit dikendalikan daripada menangkap saat dewasa.


Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengendalikan hama ini :

Fase Pratanam

Sanitasi lingkungan.
Penyabitan tanaman padi serendah mungkin hingga ke permukaan tanah pada saat panen.
Penggenangan petakan dengan air setinggi 10 cm - 15 cm pada lahan bekas serangan selama 1 minggu.
Pengolahan tanah di percepat.
Sebaiknya lakukan penundaan penebaran benih terlebih dahulu, kurang lebih 10 hari sesudah puncak penerbangan ngengat penggerek batang atau sesudah pengolahan tanah selesai seluruhnya.

Fase persemaian

Lakukan pengelompokan persemaian.
Penelitian secara berkala (mingguan) dan lakukan pengumpulan kelompok telur di persemaian.
Bila nampak penerbangan imago atau ngengat penggerek batang pada saat sore hari, lakukan penangkapan dengan menggunakan lampu perangkap pada saat malam harinya (lampu patromak atau lampu lain yang digabungkan dengan pemasangan bak penampung yang sudah di isi oleh minyak atau detergen).
Aplikasi insektisida karbofuran apabila terjadi gejala - gejala serangan penggerek batang yang mengkhawatirkan di persemaian.
Musnahkan tanaman tersebut yang menujukan gejala sundep.

Fase Vegetatif

Pada fase ini gejala serangan penggerek batang padi sering disebut sundep, untuk mengatasi gejala sundep, adapun cara - cara yang bisa di lakukan sebagai berikut :

Tanam serempak meliputi hanya satu hamparan.
Musnahkan tanaman yang menunjukan gejala - gejala sundep.
Penangkapan ngengat dengan lampu perangkap bila masih terlihat ada penerbangan ngengat pegerek batang.
Aplikasi insektisida bila serangan sundep sudah melampaui ambang ekonomi atau pengendalian (10%).
Lakukan pengendalian korektif dengan memakai insektisida efektif yang di ijinkan secara spot treatment atau hanya ditempat serangan.

Fase Generatif

Pada fase Generatif gejala serangan biasa disebut dengan beluk, untuk mengatasi gejala beluk, adapun langkah - langkahnya sebagai berikut :

Lakukan pecabutan atau pemusnahan tanaman yang menujukan gejala beluk, di harapkan bisa menekan intensitas serangan dan populasi larva yang mau menjadi ngengat.

Pemanfaatan musuh alami

Beberapa parasitoid telur diketahui ditemukan dilapangan di antaranya adalah :

- Tertrastichus schoenobii
- Telenomus rowani
- Trichogramma japonicum

Pemakaian Pestisida (Insektisida)

Cara pertama sebelum aplikasi pestisida adalah pengamatan petakan atau lapangan, bila di temukan intensitas serangan atau populasi penggerek batang padi sudah mencapai ambang pengendalian, biasanya memakai pestisida yang mempunyai cara kerja sistemik.

Pemakaian insektisida dapat memakai bahan aktif karbofuran, bensultap, bisultap, karbosulfan, dimehipo, amitraz, atau fipronil.

Produsen & Distributor Karung Beras - Lim Corporation

* Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service :
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com

Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut :

Catatan :
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-jenis Hama Penggerek Batang Padi Serta Cara Membasminya"

Posting Komentar