HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Macam-Macam Pupuk & Penjelasan Manfaat Terhadap Tanaman

Produsen & Distributor Karung Beras - Lim Corporation

Layaknya manusia bahwa tanaman hidup juga memerlukan makanan (nutrisi). Sebenarnya secara alami nutrisi tanaman sudah ada dialam baik dalam tanah maupun pada siraman air hujan. Hanya saja terkadang kadar nutrisi di alam bebas kurang mencukupi untuk mendukung pertumbuhan.

Bicara tentang pupuk, sudahkah anda mengetahui apa saja jenis dan macam pupuk tanaman? Lantas tahukah anda apa manfaat setiap jenis pupuk tersebut? Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai macam - macam pupuk dan manfaatnya pada tanaman. Dengan mengetahui macam dan fungsi pupuk diharapkan anda dapat lebih bijaksana dalam melakukan proses pemupukan tanaman.

BACA JUGA :
Macam - Macam Pupuk Tanaman

Secara garis besar kebutuhan tanaman akan nutrisi, pupuk bisa dikategorikan menjadi 2 jenis yaitu pupuk makro dan pupuk mikro.

Pupuk Makro

Pupuk makro merupakan pupuk yang dibutuhkan tanaman dalam kadar cukup banyak untuk menunjang pertumbuhannya. Pupuk makro bisa disebut juga sebagai pupuk utama yang wajib untuk diberikan karena kekurangan pupuk ini dampaknya fatal. Jenis unsur hara yang termasuk pupuk makro merupakan N (Nitrogen), P (Phospat), K (Kalium), Mg (Magnesium), S (Sulfur), dan Ca (Kalsium). Pada aplikasinya sendiri unsur N,P,K harus lebih banyak dari pada unsur Mg, S, dan Ca yang bisa diberikan seperlunya saja.

Pupuk Mikro

Pupuk mikro adalah plant activator (senyawa esensial) yang dibutuhkan tanaman untuk menyeimbangkan proses metabolisme serta mengaktifkan sekaligus mengatur senyawa kimia dalam jaringan tanaman. Disebut dengan pupuk mikro karena kebutuhan tanaman akan unsur mikro memang sangatlah sedikit.

Namun bukan berarti tidak penting, tidak adanya salah satu unsur hara mikro saja bisa menimbulkan berbagai kondisi perkembangan abnormal pada tanaman. Contoh pupuk Mikro merupakan B, Cl, Zn, Mn, Fe, Cu, Ni, dan Mo. Untuk level yang lebih kecil lagi (benefit esensial) adalah termasuk Al, Cobalt, Selenium, Silicon, Sodium dan Vanadium.

https://www.facebook.com/InfoPertanianPerkebunanku/
Manfaat Pupuk Makro

Berikut merupakan penjabaran manfaat dari tiap pupuk makro.

1. Nitrogen (N)

Unsur nitrogen adalah unsur hara utama yang dibutuhkan dalam jumlah cukup banyak terutama pada fase awal tumbuh (perkembangan vegetatif).

Manfaat utama dari unsur nitrogen merupakan untuk memacu pertumbuhan tunas, daun dan akar tanaman. Pemberian pupuk nitrogen akan menyehatkan klorosis daun sehingga warna daun akan terlihat cerah.

Contoh pupuk tunggal nitrogen, pupuk UREA dan ZA. Sedangkan pada pupuk majemuk maka hampir setiap pupuk majemuk mengandung unsur N (kecuali pupuk khusus).

2. Phospat (P)

Phospat adalah unsur hara yang sangat berguna bagi memacu perakaran dan pembungahan tanaman. Pemberian phospat akan memperkuat batang tanaman dengan akar yang sehat serta mencegah kerontokan bunga saat fase pembungahan. Contoh pupuk tuggal phospat, SP-36.

Hanya saja saat ini phospat lebih sering dicampur dengan unsur hara lain mengingat rendahnya pegetahuan petani akan dosis phospat yang tepat sehingga seringnya malah meninggalkan residu yang membuat tanah menjadi keras dan menjadi tidak subur.

3. Kalium (K)

Bila tadi nitrogen lebih utama fase awal pertumbuhan dan phospat lebih utama untuk fase pembungaan maka unsur kalium ini sangat bermanfaat pada masa pembuahan.

Meski demikian kalium juga dibutuhkan pada setiap fase pertumbuhan karena kalium ini berfmanfaat untuk mengatur proses buka tutup stomata dan juga memperkuat sistem imun tanaman.

Contoh pupuk tunggal Kalium, KCL. Saat ini kalium juga banyak dicampurkan dengan pupuk majemuk lainnya.

4. Magnesium (Mg)

Magnesium masuk dalam jajaran pupuk makro sekunder karena levelnya memang tidak seutama 3 unsur lainnya yaitu N-P-K. Meski demikian unsur ini sangatlah dibutuhkan tanaman untuk menunjang proses pertumbuhan terutama yang terkait dengan proses fotosintesis. Magnesium juga berdampak pada kualitas dari buah serta menetralkan racun dalam tanah. Magnesium biasa dicampurkan dengan sulfur dan Kalsium karena memiliki level yang sama.

5. Sulfur (S)

Sama dengan Magnesium, unsur sulfur juga masuk ke dalam jajaran unsur makro sekunder. Fungsi utama pupuk sulfur adalah bersama kalium untuk menunjang kualitas hasil panen meliputi warna, tekstur, rasa dan aroma.

6. Kalsium (Ca)

Pupuk kalsium banyak digunakan untuk menetralkan kadar pH tanah. Selain itu manfaat kalsium adalah untuk menekan pertumbuhan jamur patogen, merangsang pembentukan akar dan memperkuat organ tanaman. Kalsium akan membantu proses penyerbukan sekaligus untuk mencegah kerontokan bunga dan buah. Kalsium untuk pH tanah adalah dulomit sedangkan kalsium untuk semprot dan kocor biasa dijual dalam wujud bubuk dan cair.

Manfaat Pupuk Mikro

Meski pupuk mikro terdiri dari beragam jenis namun dalam aplikasinya pupuk mikro diprouksi secara majemuk (dicampur bersamaan) bahkan seringnya juga dicampurkan dengan pupuk makro karena keperluan akan unsur mikro memang sangat sedikit.

1. Boron (B)

Boron berperan sebagai esensial yang memacu kinerja nitrogen dalam menstimulasi pertumbuhan daun dan batang. Tanaman yang diberikan cukup kadar boron akan mempunyai ukuran daun lebar dengan warna yang cerah. Ketebalan daun juga akan bertambah.

Ini adalah alternatif untuk pupuk nitrogen di saat musim hujan. Karena kita tidak boleh memberi terlalu banyak unsur nitrogen saat musim hujan yang justru akan memicu perkembangan jamur patogen dengan sangat cepat.

Pemberian boron sebaiknya juga mengacu pada dosis yang telah dianjurkan oleh produsen karena boron dalam kadar yang terlalu banyak akan bersifat menjadi herbrisida yang akan menggosongkan tanaman.

2. Zinc (Zn)

Zinc bertugas untuk mengatur keseimbangan esensial unsur mikro yang lain sekaligus berperan dalam menstimulan sistem pertahanan alami tanaman. Tanaman yang kekurangan zinc akan mudah sakit dan akan mati.

3. Tembaga (Cu)

Unsur hara Cu sangat membantu dalam menekan perkembangan jamur patogen bahkan sangat bersifat fungisida bila diberikan pada kadar yang tepat. Sedangkan kegunaan dalam jaringan tanaman adalah sebagai esensial pengaktif enzim tertentu.

4. Mangan (Mn)

Unsur mangan mempunyai peran dalam produksi berbagai enzim. Mangan tidak boleh diberikan dalam jumlah yang terlalu banyak karena malah akan mengganggu kestabilan metabolisme tanaman.

5. Zat Besi(Fe), Molybdenum (Mo), Chlorine (Cl), Nikel (Ni)

Keempat unsur tersebut secara garis besar mempunyai peran yang mirip yaitu mengatur produksi enzim dan senyawa kimia dalam tanaman. Dosis yang diberikan juga tidak boleh terlalu banyak. Jarang sekali ada pupuk tunggal untuk unsur mikro tersebut sehingga unsur ini diproduksi dalam bentuk majemuk.

Saat ini banyak produsen pupuk telah memproduksi pupuk dalam bentuk majemuk yang sudah ditakar dosisnya agar tidak berlebihan. Contohnya kita mengenal dengan pupuk PHONSKA, NPK 16-16-16, NPK Grower sedang untuk pupuk mikro ada Yaramila kompleks dan primarin-B. Bahkan kebanyakan Pupuk Organik Cair (POC) telah mengandung unsur hara Makro dan Mikro sekaligus supaya anda tidak perlu repot - repot mencampur lagi yang ditakutkan akan salah dosis.

Jual Karung Beras Kualitas Terjamin - Lim Corporation

*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam-Macam Pupuk & Penjelasan Manfaat Terhadap Tanaman"

Posting Komentar