HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Trik Mengatasi Hama Yuyu yang Kerap Memotong Batang Padi

Produsen & Distributor Karung Beras - Lim Corporation

Hama yuyu merupakan hewan arthropoda yang termasuk dalam golongan kepiting air tawar. Penyebaran yuyu di Indonesia bisa ditemukan di wilayah Garut, Bogor, dan wilayah lain yang ada di Pulau Jawa. Yuyu bisa dengan mudah ditemukan di area irigasi seperti persawahan, danau, dan sungai.

Yuyu bisa dengan mudah ditemukan menjadi 2 (dua) jenis yaitu yuyu betina dan yuyu jantan. Perbedaan yuyu betina dan yuyu jantan adalah terlihat dari ukuran lebar karapas yuyu betina lebih besar daripada yuyu jantan. Selain itu lebar dari abdomen (perut) yuyu betina lebih besar dan lebar dari yuyu jantan.

Yuyu bisa dengan mudah berkembang jika terjadi pembuahan antara yuyu betina dengan yuyu jantan. Hasil dari pembuahan yuyu betina dengan yuyu jantan adalah sekumpulan telur yang sangat banyak. Kemudian telur yang dihasilkan yuyu betina akan menetas dan berkembang menjadi kepiting yuyu. Jenis hama yuyu sebenarnya ada lumayan banyak. Ada beberapa jenis yang biasa merusak tanaman padi diantaranya adalah, Parathelpusa convexa, Parathelpusa tridentata, dan Parathelpusa bogoriensis.

Tanaman Yang Diserang Hama Yuyu

Tanaman yang biasa diserang hama yuyu biasanya tanaman padi. Namun ada tanaman lain yang sering diserang hama yuyu juga yaitu bawang merah dan tembakau. Hama pengerat yang suka menggigit bagian tanaman padi selain tikus adalah hama yuyu. Serangan hama yuyu menimbulkan batang padi mati dan patah karena tercapit oleh hama yuyu. Dengan rusaknya bagian batang padi maka tanaman padi tidak dapat diselamatkan. Dengan demikian hasil panen padi petani nantinya jadi menurun.

BACA JUGA :
Cara Membasmi Hama Yuyu

Sesudah anda mengetahui informasi mengenai hama yuyu dan berbagai jenis tanaman yang bisa diserang hama yuyu, anda perlu mengetahui cara membasmi hama yuyu. Berikut ini merupakan cara membasmi hama yuyu yang bisa anda lakukan.

1. Bongkar Sarang Hama Yuyu

Pertama kali yang harus anda lakukan adalah mencari sarang hama yuyu. Ciri hama yuyu ada dalam lokasi penanaman anda adalah ada bentuk lubangan pada bagian tanah. Apabila anda menemukan hama yuyu atau telur hama yuyu berarti anda dapat membongkar sarang hama yuyu.

Selain dicirikan dengan adanya lubang, pada area sawah padi yang dekat dengan sarang hama yuyu biasanya banyak yang patah atau rusak pada bagian batangnya.

2. Buat Perangkap Hama Yuyu

Anda dapat menyimpan perangkap hama yuyu di sekitar lubang yang biasa dikunjungi oleh hama yuyu. Penyimpanan perangkap dapat dilakukan di perbatasan irigasi sawah supaya hama yuyu yang masuk tidak dapat keluar dan hama yuyu yang ada diluar area penanaman anda tidak masuk ke area penanaman, usaha pembuatan perangkap hama yuyu akan lebih mudah bila diberi umpan. Dengan cara menggiring hama yuyu memakai makanan dari daun pepaya atau keladi hutan yang dicampurkan dengan cincangan kelapa busuk atau nasi akik.

Kemudian disimpan pada lubang hama yuyu. Pada saat bersamaan pastikan saluran irigasi dikecilkan agar hama yuyu bisa dengan mudah terperangkap. Pada saat anda menaruh umpan, pastikan tidak hanya pada lubang saja tetapi seperti diberikan serpihan-serpihan makanan sepanjang jalan yang telah diberi perangkap.

3. Gunakan Predator dari Hama Yuyu

Dalam rantai makanan hama yuyu mempunyai predator alami. Beberapa predator yang menjadi pemangsa hama yuyu diantaranya, berang berang, tikus, burung air, katak, ular bakau, dan biawak. Hal yang perlu anda perhatikan dalam menggunakan predato alami adalah jangan sampai predator hama yuyu adalah salah satu pemangsa yang sama–sama menjadi hama dari tanaman yang anda tanam.

https://www.facebook.com/InfoPertanianPerkebunanku/
4. Beri pestisida alami

Penggunaan pestisida pada hama yuyu biasanya dilakukan menggunakan pestisida terbuat dari kimia. Namun pemberian pestisida menggunakan bahan kimia dapat menganggu kondisi lingkungan. Misalnya pencemaran tanah karena penggunaan yang terus menerus. Adapun pemberian pestisida kimia yang berbahaya dapat menyerap pada bagian tanaman yang anda tanam.

Untuk mencegah hal tersebut, ada beberapa petani yang berinisiatif untuk memberi pestisida alami untuk membasmi hama yuyu.

Bahan-bahan untuk membuat pestisida alami mudah di dapat pada lingkungan anda. Bagi anda yang tidak mempunyai waktu cukup banyak untuk membuat pestisida alami, anda dapat menggunakan  beberapa jenis pestisida alami golongan botani dan sintesis seperti  Karbofuran, Rotenon atau Sevin.

5. Pengaturan Aliran Saluran Irigasi

Aliran saluran irigasi dalam menanam tanaman perlu diperhatikan karena lahan penanaman yang saluran irigasinya buruk akan menmbulkan tanaman anda mudah busuk, kering, mati, terserang hama, dan terjangkit penyakit.

Sekian informasi dari kami semoga dapat memberikan pengetahuan kepada anda sekalian. Sampai jumpa pada pertemuan selanjutnya.

Jual Karung Beras - Lim Corporation

*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Trik Mengatasi Hama Yuyu yang Kerap Memotong Batang Padi"

Posting Komentar