HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Panduan Lengkap Budidaya Daun Nilam Supaya Cepat Panen

Jual Karung Beras Harga Murah - Lim Corporation

Nilam (Pogostemon cablin) ialah tanaman semak tropis yang menghasilkan sejenis minyak atsiri ataupun biasa disebut minyak nilam. Dalam perdagangan internasional minyak nilam dikenal dengan minyak patchouli lantaran minyak ini berasal dari sulingan daun. Minyak nilam banyak dipakai sebagai parfum ataupun wangi-wangian serta untuk bahan dupa ataupun setanggi dalam tradisi timur.

Tanaman nilam berupa semak yang mampu tumbuh sampai ketinggian sepanjang 1 meter. Tanaman nilam sangat menyukai tempat yang bersuasana teduh, hangat maupun lembab. Lantaran harga minyak nilam lebih tinggi ketimbang minyak atsiri, sekarang ini banyak orang yang ingin mencoba peruntungan dengan mengerjakan menanam tanaman nilam ini. Berikut inilah cara budidaya tanaman nilam, yaitu dibawah ini:

Baca Juga:
1. Syarat Tumbuh

Tanaman ini mampu tumbuh dengan baik terhadap tempat yang mempunyai ketinggian sekitar 10-700 mdpl akan tetapi kalau lebih maka tanaman ini masih toleran tapi tidak tumbuh secara optimal. Tempat yang akan dipakai sebagai menanam tanaman ini wajib mempunyai suhu sekitar 22°C – 28°C dengan curah hujan sekitar 2500-3500 mm/tahun, kelembaban sekitar 75%. Tanaman nilam mampu ditanam diberbagai jenis tanah, akan tetapi direkomendasikan tanah yang gembur, subur, serta kaya akan humus dengan derajat keasaman ataupun pH sekitar 5,5-6,5.


2. Persiapan Bibit Tanaman Nilam

Bibit nilam bisa didapatkan secara vegetatif, terdiri 2 cara persemaian bibit yaitu dibawah ini:
Bibit stek perlu dipotong sepanjang 15-18 cm. Sesudah bibit stek didapatkan, maka kemudian tanamkan bibit stek tersebut dalam polybag semai yang sudah diisi oleh media tanam berupa campuran tanah, seism, pasir serta pupuk kandang. Media tanam tersebut disiapkan selama 1-2 hari sebelum mengerjakan persemaian tersebut. Bibit yang dsemai dalam polybag semai ini perlu dipelihara sampai tanaman berusia sekitar 2 bulan berikutnya bisa dipindah tanamkan.

Bibit stek dipotong sepanjang 12-15 cm setelah itu bibit stek tersebut direndam dengan pupuk cair organik guna perangsang akar selama 15 menit. Ikatlah bibit stek tersebut dalam satuan 50-100 batang setelah itu simpanlah disekitar tempat teduh maupun sejuk selama 15 hari. Jikalau bibit sudah tumbuh maka akar serabut berikutnya dipindah tanamkan terhadap polybag yang telah diberi lubang tanam sekitar 2-3 lubang supaya tidak ada gesekan terhadap akar.

3. Penanaman Tanaman Nilam

Guna menanam tanaman nilam, terdiri 2 cara yaitu dengan cara penanaman secara tidak langsung serta penanaman secara langsung.

Penanaman Langsung merupakan menanam bibit setek yang baru dipetik langsung ditanam terhadap lahan tanam, pada setiap lubang tanam diisi sekitar 2-3 batang stek.  Sedangkan Penanaman secara tidak langsung merupakan bibit stek di semai terlebih dulu sampai berumur 6-8 minggu setelah itu barulah di pindah tanamkan terhadap lahan tanam.


4. Pemeliharaan Tanaman Nilam
  • Penyulaman
Kerjakan penyulaman terhadap tanaman yang telah mati ataupun tumbuh secara tidak optimal dengan tanaman yang baru.
  • Pemupukan
Pemupukan tanaman ini mampu dilaksanakan dengan cara memakai pupuk kandang ataupun pupuk Sp-36, KCl serta NPK. Selain pupuk tersebut bisa dilaksanakan pemupukan dengan memakai pupuk organik cair. Waktu tanaman berusia sekitar 1 bulan, maka berilah pupuk KCl ataupun SP-36 serta NPK dengan takaran sekitar 1/4 bagian serta 1/3 bagian. Kerjakan pula pemupukan tersebut sesudah pemanenan pertama, serta sisanya dilaksanakan sesudah pemanenan kedua serta waktu supaya pertumbuhan tanaman menjadi lebih optimal.
  • Penyiangan
Kerjakan penyiangan terhadap gulma ataupun tanaman pengganggu lainnya supaya tanaman mampu tumbuh dengan baik tanpa berebut nutrisi yang diperlukan tanaman sebagai tumbuh. Penyiangan gulma ataupun tanaman pengganggu tersebut bisa dikerjakan secara mekanis maupun kimiawi. Penyiangan ini bisa dilaksanakan setiap 3 bulan sekali.
  • Pembumbunan
Sesudah proses pemanenan, maka laskanakan dengan pembubunan. Cabang, dahan dan ranting yang letaknya dekat pada tanah ditimbun kembali setinggi hingga 10-15 cm.
  • Pemangkasan
Sesudah tanaman berusia 3 bulan maka laksanakan pemangkasan. Pemangkasan tersebut dilaksanakan terhadap cabang tingkat 3 keatas. Pemangkasan ataupun penjarangan ini dilaksanakan supaya tanaman mampu terhindar dari hama serta penyakit.

Jual Karung Laminasi Printing
Ingin info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik link berikut ini http://bit.ly/hargakarungberas

Apabila Anda Membutuhkan dan Ingin Memesan Karung Plastik Beras atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN:
– Minimal order 5.000 lembar
– harga netto (tidak termasuk PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Lengkap Budidaya Daun Nilam Supaya Cepat Panen"

Posting Komentar