HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Dengan Melakukan Sistem Tanam Culik, Hasil Produktivitas Petani Meningkat

Produsen Karung Beras Best Quality - Lim Corporation

Musim kemarau yang melanda Indonesia tidak menyurutkan semangat petani guna meningkatkan produksi. Khususnya, petani di Gunung Kidul telah berhasil meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) dengan penerapan sistem persemaian “Culik” waktu musim kemarau tahun ini.

Sistem tersebut yakni teknologi yang diperkenalkan Badan Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian untuk upaya optimalisasi pemanfaatan hujan melewati manajemen waktu tanam dengan mempercepat waktu tanam. Parjono, seorang Mantri Tani Kecamatan Girisubodo Kabupaten Gunung Kidul, menjelaskan bahwa sistem ini mampu membuatnya lebih produktif memanfaatkan waktu musim kemarau.

Jangan Lewatkan:
“Dengan sistem ini, maka petani yang biasanya menanam dua kali dalam setahun, kini bisa menanam secara tiga kali, yakni padi-padi-jagung/tembakau,” ujarnya, pada pertemuan dengan Tim Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP), di ladangnya pada Sabtu (8/9/2018).

Menurut Parjono, bahwa karateristik lahan di wilayahnya tidak jauh berbeda terhadap lahan di Desa Wareng, Kecamatan Wonosari yang bahkan sudah lebih dulu berhasil untuk menerapkan sistem “Culik”. Dengan potensi air tanah yang cukup besar, ditambah juga banyaknya sumber air yang ada di dalam gua serta pembangunan kantung air di sekitar sawah, ia pun yakin dengan mengadopsi pola “Culik”, jadi para petani pun bisa berproduksi walaupun disekitar musim kemarau di tempatnya.


Mulyadi, Peneliti Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Yogyakarta, menjelaskan bahwa Kementerian Pertanian sitem ini diberi nama “Culik” sebab penyemaian padi dilaksanakan dengan mempercepat waktu tanam.

“Penyemaian padi dilaksanakan sebelum panen istilahnya menculik waktu, sehingga 7-20 hari sesudah panen padi langsung ditanam, jadi dikala berbunga masih ada hujan,” ucapnya.

Dengan mengadopsi sistem tersebut, maka didukung dengan potensi luas tanam sampai 65.5 hektare, Mulyadi yakin petani di Gunung Kidul dapat mempercepat masa tanam serta berproduksi walau kekeringan melanda. Apalagi, sistem ini dipercaya dapat meningkatkan IP dengan provitas rata-rata mencapai 4,6 - 4,9 ton per hektare.

“Didukung dengan pola tanam jajar legowo, maka pertanaman padi MT (Musim Tanam) II kali ini dapat menghasilkan 6,16 ton per hektare, lebih tinggi daripada MT I yang provitasnya cuma 4,5 ton per hektare. Jelas lebih menguntungkan yang tadinya tidak menghasilkan sebab tidak ditanami sekarang ditanami lalu menghasilkan dengan produktivitas tinggi,” kata dia.

Mulyadi juga menjelaskan dengan pola “Culik” keuntungan petani bukan cuma dari segi peningkatan hasil padi guna pangan, namun jerami padi juga bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Sebagian besar petani di wilayah tersebut mempunyai minimal dua ekor sapi untuk sumber pupuk kandang serta status sosial.


“Biasanya Bulan Juni hingga September petani kekurangan pakan ternak, perlu didatangkan dari Klaten dan Sukoharjo dengan biaya satu truk 1 jt, dengan peningkatan IP, petani mendapatkan hasil ganda,” ujarnya.

Dengan penerapan tanam “Culik” maka diharapkan petani tidak kehilangan momen guna terus berproduksi, seperti Petani di Gunung Kidul yang langsung mengisi penanaman MT III dengan tanaman hortikultura yakni bawang merah, cabai, terong, dan kacang panjang.

Sistem tersebut diharapkan mampu untuk menggerakan semua sumber daya pertanian yang selama ini belum dimanfaatkan dengan optimal. Ditambah juga dengan alat mesin pertanian (alsintan) yang disediakan dengan pemerintah, seharusnya segala sumber daya produksi pertanian dapat bekerja lebih maksimal sepanjang tahun.

Jual Karung Beras Plastik
Ingin info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik link berikut ini http://bit.ly/hargakarungberas

Apabila Anda Membutuhkan dan Ingin Memesan Karung Plastik Beras atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN:
– Minimal order 5.000 lembar
– harga netto (tidak termasuk PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dengan Melakukan Sistem Tanam Culik, Hasil Produktivitas Petani Meningkat"

Posting Komentar