HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tips Tersembunyi Budidaya Semangka Non Biji, Agar Cepat Panen

Distributor & Produsen Karung Laminasi - Lim Corporation

Semangka tanpa biji atau semangka non biji sebetulnya mempunyai sifat yang sama dengan semangka berbiji, hanya saja jenis semangka tanpa biji sudah diolah sedemikian persis supaya semangka yang dihasilkan tidak mempunyai biji. Tujuan penciptaan semangka non biji ini yaitu guna memudahkan saat mengkonsumsinya. Guna membedakan semangka non biji dan semangka berbiji sangat gampang, jika dilihat secara fisik semangka tanpa biji mempunyai kulit dan corak yang lebih gelap dibandingkan dengan semangka berbiji.

Baca Juga :
Proses budidaya semangka non biji sedikit lebih susah dibanding dengan semangka berbiji. Dalam budidaya semangka tanpa biji dibutuhkan perlakuan yang khusus dalam penyemaian, penyerbukan dan juga pemupukan. Kemungkinan kegagalan akan terjadi jika proses tersebut tidak akurat dilaksanakan. Selain itu masa panen semangka non biji lebih lam dibandingkan dengan semangka berbiji, semangka berbiji bisa dipanen sesudah berumur sekitar 55-60 hari sesudah tanam, sedangkan semangka non biji bisa dipanen sesudah berumur sekitar 65-70 hari sesudah tanam.

Cara Budidaya Semangka Non Biji atau Tanpa Biji

Ketentuan Tumbuh Semangka Non Biji

Semangka non biji bisa dibudidayakan di dataran rendah hingga dataran tinggi. Semangkan non biji bisa tumbuh pada tanah yang empuk berpasir dengan pH sekitar 6-7 dan bercuaca hangat dengan suhu sekitar 20°C-30°C. Tanah tanam memperoleh sinar matahari penuh atau minimal sekitar 7 jam dalam sehari.

Persiapan tanah Tanam Semangka Non Biji

Tanah yang akan dipakai guna budidaya semangka non biji diempukan dahulu dengan cara dibajak atau dicangkul. Lalu buatlah bedengan rangkap dengan ukuran lebar sekitar 70 cm – 80 cm dengan tinggi minimal sekitar 30 cm dengan parit kecil ditengahnya. Jarak antar bedeng yaitu sekitar 3 meter – 4 meter. Sebetulnya bedengan tidah harus bedengan ganda bisa juga bedengan tunggal, tetapi bedengan ganda lebih memudahkan guna melaksanakan pemeliharaan dan pengairan dengan sistem leb. Apabila bedengan satu, maka penyiraman dilaksanakan dengan sistem drip.

Apabila pH tanah dibawah 6 maka laksanakan pengapuran atau pemberian dolomit, kemudian biarkan selama 7 hingga 10 hari. Sesudah itu laksanakan pemupukan dasar dengan memakai pupuk kandang, aduk pupuk hingga tercampur rata dengan tanah bedengan dan siram hingga basah. Pemberian pupuk dasar ini dilaksanakan pada 10 hari hingga 15 hari sebelum tanam.

Selanjutnya laksanakan pemasangan mulsa guna mengendalikan pertumbuhan gulma disekeliling tanaman. Jika mulsa telah dipasang selanjutnya buatlah lubang tanamn dengan jarak sekitar 80 cm – 90 cm di bagian tengah bedengan.


Penyemaian Benih Semangka Non Biji

Benih yang telah didapat selanjutnya dipecah sedikit bagian tempat tumbuh akarnya supaya gampang berkecambah, selanjutnya benih direndam dalam air hangat kuku yang dicampur dengan zat pertumbuhan tanaman atau dapat juga air bawang merah selama sekitar 8-10 jam. Selanjutnya, tiriskan dan bungkus dengan kain basah atau koran. Benih akan mulai berkecambah selah 3-4 hari. Sesudah itu, semai benih pada polybag dan bibit siap ditanam sesudah berumur 7-10 hari sesudah semai.

Sebab serbuk sari pada tanaman semangka tanpa biji tidak bisa dibuahi, maka perlu dilaksanakan pula penanaman semangka berbiji sebanyak 10% dari jumlah total tanaman semangka tanpa biji guna diambil serbuk sarinya guna membuahi bakal buah semangka tanpa biji. Penyerbukan itu sendiri dilaksanakan secara manual.

Penanaman Semangka Non Biji

Sesudah bibit berumur sekitar 7-10 hari atau sudah mempunyai 2-3 helai daun, laksanakan penanaman. Tanamlah bibit semangka pada lubang tanam yang sudah dibuat sebelumnya, tutup kembali lubang tanam dengan tanah disekeliling bibit. Penanaman ini sebaiknya dilaksanakan pada sore hari.

Pemeliharaan Tanaman Semangka Non Biji

Penyiraman

Laksanakan penyiraman secara teratur sebanyak 3 hari sekali atau disesuaikan dengan keadaan tanah.


Penyiangan

Laksanakan penyiangan pada gulma tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh disekeliling tanaman semangka.

Pemupukan lanjutan

Pemupupukan lanjutan pertama pada tanaman semangka tanpa biji dilaksanakan pada saat tanaman berumur sekitar 10 hari sesudah tanam dengan memakai pupuk NPK dengan dosis sekitar 5 gram/300 ml air/tanaman, pemberian pupuk tersebut dilaksanakan dengan cara dikocor. Pemupukan lanjutan selanjutnya dilaksanakan setiap 4-5 hari sekali dengan penambahan dosis secara berkala.

Penyerbukan Semangka Non Biji

Pada saat tanaman berumur 25 hari sesudah tanam, laksanakan penyerbukan secara manual. Ambil serbuk sari secukupnya dari bunga semangka berbiji dan lalu oleskan ke putik semangka non biji. Sebaiknya penyerbukan ini dilaksanakan pada pagi hari. Penyerbukan ini hanya bisa dilaksanakan hingga tanaman berumur sekitar 35 hari sesudah tanam.

Penyeleksian Bua Semangka Non Biji

Laksanakan penyerleksian pada buah apabila buah telah ditentukan jadi atau berukuran sebesar buah duku. Buah yang kurang bagus dibuang . Pada setiap ranting sekunder dan batang utama, sisakan satu buah saja.

Pemanenan Semangka Non Biji

Semangka Non Biji baru bisa dipanen sesudah berumur skitar 65-70 hari sesudah tanam. Buah yang masak mempunyai ciri-ciri kulit buah memudar dan sulur pada akar tangkai buah mengering.

Jual Karung Beras
*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Tersembunyi Budidaya Semangka Non Biji, Agar Cepat Panen"

Posting Komentar