HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Panduan Cara Budidaya Ulat Sutra Untuk Pemula Tanpa Repot

Distributor & Produsen Karung Laminasi - Lim Corporation

Pada budidaya ulat sutra area pemeliharaan ulat kecil dilakukan pada tempat tersendiri yang disebut Unit Pemeliharaan Ulat Kecil (UPUK). Ruang pemeliharaan pada budidaya ulat sutra harus dilengkapi dengan jendela sebagai sarana pergantian udara guna menjaga suhu di dalam ruang. Ruang pemeliharaan budidaya ulat sutra setidaknya dilengkapi dengan kotak atau rak pemeliharaan, area daun, gunting stek, pisau, ember/baskom, jaring ulat, ayakan, kain penutup daun, hulu ayam, kerta alas, kerta minyak/parafin, lap tangan dan lain-lain.

pengembangan ulat sutera jenis samia cynthia ricini, mempunyai nilai yang sangat strategis guna meningkatkan ekonomi wilayah dan kesejahteraan penduduk. Karena, ulat itu tidak memakan daun murbei seperti ulat sutera biasa. Melainkan mampu memakan daun singkong yang banyak terdapat di Wonogiri.  penelitian budidaya ulat sutera pemakan daun singkong yang di kembangkan di Kabupaten Wonogiri, sebagai salah satu cara meningkatkan produktifitas petani, kualitas, kapasitas produksi pertanian yang belum sepenuhnya di adopsi oleh petani sebagai masyarakat petani agro industri.

Baca Juga : 
"Jika di bandingkan dengan kain sutera asal China, kain tenun sutera kokon ulat sutera pemakan daun singkong kualitasnya jauh lebih bagus. Selain pewarna benang sutera yang di proses secara alami dari makanan yang di makan oleh ulat sutera pemakan daun singkong, siklus iklim di Indonesia juga sangat mendukung budidaya ulat sutera pemakan daun singkong"

Persiapan Kandang

Fase cara beternak yang pertama ialah persiapan. Dalam mempersiapkan peternakan ulat sutera, terdapat tiga hal yang paling utama yakni tempat pemeliharaan, bibit, dan pakan. Kandang ulat sutera berupa ruangan dengan rak didalamnya. Sebaiknya sediakan dua ruang berbeda sebagai teknik beternak yang ditujukan guna ulat sutera kecil dan ulat sutera besar. Tentukan ruangan mempunyai jendela dan didesinfektan 2 atau 3 hari sebelum pemeliharaan ulat dimulai dengan memakai larutan kaporit 0,5% atau formalin (2-3%) yang disemprotkan secara menyeluruh.

Bibit

Persiapan kedua dalam teknik budidaya ulat sutera ialah penyediaan bibit. Pesanlah bibit selambat lambatnya 10 hari sebelum pemeliharaan ulat dimulai serta laksanakanlah inkubasi supaya penetasannya seragam. Sebarkan telur didalam sebuah kotak penetasan lalu tutup dengan kertas putih yang tipis. Sesudah itu, simpan kotak didalam tempat sejuk yang terhindari dari penyinaran matahari secara langsung, pada suhu berkisar 25 derajat celcius - 28 derajar celcius dan kelembaban sekitar 75-85%. Sesudah tampak bintik biru pada telur, bungkus dengan kain hitam selama 2 hari, dan telur pun siap guna dikembangbiakkan.


Pakan

Hal yang tidak kalah penting dalam cara ternak ulat sutera ialah pakan. Selain tanaman murbei, ulat sutera juga mempunyai kemamupuan lain guna memakan tanaman selain murbei. Pakan tersebut ialah dari daun singkong. Sebelum melaksanakan budidaya ulat sutera pemakan daun singkong ini sebaiknya dilaksanakan penanaman singkong terlebih dahulu supaya ketersediaan pakan ulat sutera ketika telah menetas dan berkembang dapat terpenuhi dengan baik. Dalam hal melaksanakan penanaman singkong guna budidaya ulat sutera terdapat 2 panduan yaitu Stek mata guna hasil umbi yang bagus, lalu jarak tanam rapat 5 cm x 5cm guna hasil daun singkong yang banyak.

Peredaran Hidup Ulat Sutera

Peredaran hidup ulat sutera dimulai dari telur yang menetas menjadi ulat kecil dan berkembang menjadi ulat besar, kemudian berubah menjadi pupa atau kepompong, dan akhirnya menjadi ngengat yang akan menetaskan telur lagi. Terdapat lima tahap atau instar selama hidup ulat sutera dimana pada setiap akhir instar, ulat sutera akan mengalami masa tidur atau istirahat, serta pergantian kulit. Pada instar 1 hingga instar 3, ulat sutera disebut ulat sutera kecil, sementara pada instar 4 sampai 5 ulat sutera disebut ulat sutera besar.


Proses Pemeliharaan Ulat Sutera

Ulat yang baru menetas dari kotak inkubasi dialihkan kedalam tempat pemeliharaan guna ulat kecil dan dikasih makan secara rutin tiga kali sehari pada pagi, siang, dan sore hari. Sesudah kurang lebih 4 hari, ulat muda akan berada pada akhir instar pertama dan lalu akan mengalami masa tidur. Pada masa tidur, ulat ditaburi kapur dan tidak perlu dikasih makan, serta jangan lupa guna membuka jendela supaya udara mengalir dengan baik.Sesudah itu, instar kedua pun dimulai. Ulat kembali dikasih makan hingga kembali mengalami masa istirahat pada akhir instar.

Laksanakan hal yang sama dalam memelihara hingga ulat berada pada akhir instar ketiga. Pada saat tersebut ulat telah berukuran cukup besar dan harus dialihkan ke ruangan yang lebih luas dengan suhu 24-26 derajat celcius dan kelembapan sekitar 70-75%. Pada instar kelima, ulat akan mulai mengkokon. Ulat yang siap mengkokon dialihkan kedalam alat pengokonan yang bisa terbuat dari karton, plastik atau bambu. Pengkokonan berlangsung selama sekitar 7 hari dan selanjutnya kokon siap dipanen dan dipasarkan atau diolah sebagai benang bahan baku pembuatan kain sutera.

Jual Karung Beras
*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Cara Budidaya Ulat Sutra Untuk Pemula Tanpa Repot"

Posting Komentar