HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Agar Tidak Boros, Begini Tips Pintar Menghemat Air Pada Hidroponik

Produsen karung Laminasi Harga Pabrik - Lim Corporation 

Teknologi pertanian maupun perkebunan terus beralih hingga akhirnya ditemukan sistem hidroponik, yaitu mengganti pemakaian tanah dengan air sebagai media tanamnya. Tetapi, masih banyak orang yang belum mengetahui atau belum mengerti kelebihan sistem hidroponik dan kaitannya dengan cara penghematan air.

Sistem hidroponik bisa menghemat pemakaian air, yaitu bisa menghemat sampai 10 kali dari jumlah air yang dipakai pada sistem pertanian atau perkebunan konvensional. Pada sistem pertanian atau perkebunan tradisional, air yang dipakai guna penyiraman atau irigasi akan mengalir begitu saja sehingga perlu dilaksanakan pengairan yang rutin.

Baca Juga : 
Berbeda dengan sistem hidroponik yang memakai sistem aliran tertutup, artinya pasokan air akan disimpan dalam sebuah wadah dan tidak akan hilang. Walaupun demikian, cara penghematan air di sistem hidroponik tetap dipahami supaya pemakaian air lebih hemat sehingga biaya yang dikeluarkan lebih sedikit. Cara penghematan air berikut ini bisa dipakai pada sistem hidroponik dengan lingkungan yang terkendali.

Menampung air hujan

Daripada air hujan mengalir begitu saja dan mengakibatkan banjir, lebih baik ditampung dan dimanfaatkan guna perkebunan dan pertanian. Anda bisa membuat bak, sumur penampungan air hujan, atau memakai drum.

Memanfaatkan uap tanaman 

Uap dilepaskan oleh tanaman guna tetap mempertahankan udara dingin. Hampir 95 persen air yang diambil oleh tanaman akan dilepaskan kembali dalam bentuk uap udara sebagai bagian dari siklus air alam. Pada sistem pertanian atau perkebunan dengan sistem lingkungan terkendali, uap tanaman tersebut akan keluar melalui lubang jendela green house.


Kita bisa mengambil kembali air yang dilepaskan tanaman dalam bentuk uap tersebut dengan cara mengondensasikan uap air tadi dengan alat kondenser. Dengan cara ini, air yang terlepas bisa dipakai kembali guna tanaman.

Mengolah air limbah rumah tangga

Air yang terbuang begitu saja guna kebutuhan sehari-sehari seperti mandi, toilet dan sebagainya bisa dimanfaatkan kembali dengan cara diolah terlebih dahulu guna menghilangkan zat-zat yang berbahaya.

3 jenis media tanaman hidroponik paling terkenal

1. Rockwool

Di Indonesia, rockwool paling kerap dipakai sebagai media tanam budidaya teknik hidroponik. Rockwool berbentuk seperti busa (spons) dengan serabut halus dan mempunyai berat yang sangat ringan. Anda tentu pernah melihat atau memakai media tanam yang satu ini, bukan?

Pembuatan rockwool berasal dari batuan basalt yang ditempa pada suhu tinggi. Batuan tersebut pun meleleh dan serat halus terbentuk. Rockwool banyak dijual dalam bentuk lempengan atau blok. Anda dapat memotongnya tergantung ukuran hidroponik yang sesuai dengan keperluhan Anda.

2. Hydroton

Berbeda dari rockwool, hydroton berasal dari bahan dasar lempung. Lempung ini dipanaskan sehingga dapat dipakai sebagia media tanam hidroponik. Hydroton dapat dikenali dari teksturnya yang bulat dengan diameter 1—2,5 cm. Bentuk bulat ini menjadi keunggulan sebab tanaman tidak akan rusak karena media tanam runcing atau bersudut.


Hydroton mempunyai pori-pori yang berguna menyerap air. Air yang dipakai pada teknik budidaya hidroponik ialah air dengan nutrisi bagi tumbuhan. Selain itu, hydroton juga dikenal mempunyai pH yang normal dan netral. Jadi, tidak mengubah pH optimal bagi tumbuhan.

Supaya hasilnya lebih optimal, Anda sebaiknya melaksanakan pencucian hydroton secara teratur. Pencucian dilaksanakan guna menghilangkan kotoran dan lumut. Dengan begitu, media tanam hidroponik ini pun bisa dipakai berulang kali.

3. Spons

Mempunyai pori yang bisa mengalirkan air berisi nutrisi, spons juga dapat digunakan sebagai media tanam pada teknik budidaya hidroponik. Spons yang dimaksud ialah spons yang banyak dipakai guna kepentingan rumah tangga, seperti mencuci peralatan makan.

Jika Anda kesulitan menemukan media tanam, spons dapat jadi salah satu jalan keluar mudah. Pori-pori spons berukuran besar bisa mengalirkan air nutrisi dengan baik ke bagian akar tanaman. Selain itu, harganya juga cenderung murah dan sangat gampang diperoleh dibandingkan jenis media tanam hidroponik lainnya.

Jual karung Beras
*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Agar Tidak Boros, Begini Tips Pintar Menghemat Air Pada Hidroponik"

Posting Komentar