HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Tepat Budidaya Kroto Supaya Hasil Panen Memuaskan

Jual karung Beras High Quality - Lim Corporation

Sekarang ini ternak kroto adalah salah satu budidaya yang cukup terkenal di kalangan peternak hewan. Hal ini disebabkan ternak kroto terbilang praktis dan permohonannya cukuplah tinggi. Meskipun budidaya kroto dapat dibilang praktis, terkadang masih ada saja yang gagal ketika membudidayakannya. Lantarannya sebab tidak paham cara ternak kroto yang baik dan betul.

Pada makalah kita kali ini akan mengulas cara budidaya kroto yang betul supaya menguntungkan. Sebelumnya coba kita bahas terlebih dahulu apa itu kroto dan spesies semut yang dapat dibudidayakan untuk menghasilkan kroto.

Kroto ialah campuran telur dan larva yang dihasilkan oleh semut rangrang. Kroto dipakai sebagai pakan burung dan pakan ikan. Kandungan gizi yang terdapat pada kroto sangat lah baik untuk kicau burung dan pertumbuhan ikan. Spesies semut rangrang yang sekarang ini banyak dibudidaya untuk menghasilkan kroto ialah spesies Oecophylla smaragdina. Penghuni semut rangrang ini terhambur dari Asia hingga Australia bagian utara.

Baca Juga : 

Membuat Kandang Semut Rangrang

Jika ingin membudidaya semut rangrang pasti hal pertama yang harus kita persiapkan ialah kandang untuk tempat hidup semut rangrang. Tujuannya supaya semut rangrang tersebut bisa berkembang biak di sangkar yang sudah kita buat sehingga memudahkan kita dalam memantau proses budidaya.

Dalam kesempatan kali ini kita akan mencoba membuat kandang semut rangrang memakai paralon. Kita memakai material kandang dari paralon sebab fleksibel, lebih mudah dan gampang dalam pemeliharaannya.

Dalam membuat kandang untuk ternak kroto, Anda dapat mengikuti arahan berikut ini:

  •  Buat rak bersusun 2 atau 3 tingkat. Rak bisa dibuat dari kayu, besi atau bambu.
  • Untuk menghindari kaburnya pemukiman semut rangrang, letakkan tiap kaki rak di atas wadah plastik atau kaleng yang berisi air. Bagian-bagian rak juga tidak boleh berkena dengan dinding atau benda lain yang bisa dilewati semut rangrang.
  •  Supaya air dalam wadah tidak cepat menguap dan kering, dapat juga dicampur dengan oli bekas.
  • Pilihlah paralon berdiameter 12 cm. Lalu potong memanjang masing-masing 50 cm, atau sesuaikan dengan lebar rak yang sudah kita buat.
  • Tumpuk paralon yang sudah dipotong ke dalam rak, untuk merangsang semut rangrang membuat sarang kasihkan dedaunan ke dalam paralon.
  • Kandang untuk budidaya kroto siap dipakai.
  • Menyiapkan Bibit Koloni Semut Rangrang

Untuk mendapatkan bibit pemukiman yang unggul dan berkualitas, Anda dapat memperoleh dari alam bebas. Tetapi untuk memperoleh semut rangrang dari alam perlu metode tersendiri yang tidak semua orang dapat melaksanakannya.


Bila Anda tidak ingin repot mencari semut rangrang di alam, Anda dapat membelinya pada petani atau pembudidaya kroto di wilayah Anda. Kalau Anda membeli bibit kroto dari peternak Anda harus menyiapkan anggaran yang lumayan besar, satu botol plastik ukuran 1 liter dihargai sekitar 150 – 200 ribu rupiah.

Menebarkan Bibit pemukiman Semut Rangrang

Jika Anda membeli bibit pemukiman semut dari peternak, umumnya diletakkan di dalam toples atau botol plastik. Untuk memindahkannya cukup gampang, Anda hanya perlu membuka penutup toples atau botol plastik lalu letakkan di atas tumpukan paralon dalam rak. Langkah selanjutnya sediakan pakan berupa air gula untuk semut-semut tersebut. Tunggu beberapa saat hingga semua semut masuk ke dalam tumpukan paralon untuk bersarang.

Pemberian Pakan Semut Rangrang

Pakan yang biasa dikasihkan dalam budidaya kroto ialah jangkrik, ulat, belalang, cicak dan hewan-hewan kecil lainnya. Selain beberapa pakan tersebut Anda juga dapat memberi makan semut rangrang dengan daging ayam yang setelah direbus supaya tidak berbau atau membusuk.


Pemberian pakan ini bertujuan supaya semut rangrang memperoleh asupan protein dan lemak yang cukup. Dalam budidaya kroto juga memerlukan gula sebagai sumber karbohidrat. Anda dapat memberikan gula pasir yang dilarutkan dalam air.

Pemanenan Kroto

Secara umum telur semut rangrang mempunyai daur antara 15-20 hari. Mulai dari telur, larva hingga menjadi semut dewasa. Pemanenan dapat dilaksanakan ketika sarang semut setelah tampak penuh dengan telur atau kroto yang berwarna putih. Kalau media ternak atau sarangnya sudah normal, kroto dapat dipanen pada setiap 15-20 hari.

Untuk pertama melakukan beternak kroto, jangan tergesa-gesa untuk memanen terlebih dahulu. Sebaiknya biarkan semur rangrang berkembang biak sehingga penduduk semutnya hingga bertambah. Sesudah penduduk semut cukup banyak, baru laksanakan pemanenan secara berfase.

Jual Karung Beras
*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Tepat Budidaya Kroto Supaya Hasil Panen Memuaskan"

Posting Komentar