HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Budidaya Jahe Merah dengan Media Tanam Karung Beras

Distributor Karung Beras High Quality - Lim Corporation

Budidaya jahe merah Ialah salah satu untuk memanfaatkan lahan yang masih kosong. Seandainya semua kalangan mau memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami “apotik hidup” mungkin penduduk tidak perlu susah-susah lagi untuk mencari tanaman obat.

Memanfaatkan ruang kosong di lingkungan tempat tinggal tidaklah sulit, Anda dapat memanfaatkan polybag maupun pot-pot yang diisi media tanam sehingga dapat dimanfaatkan untuk menanam tanaman obat. Salah satu tanaman obat yang dapat Anda tanam ialah jahe merah, selain mempunyai banyak khasiat tanaman jahe merah juga mempunyai nilai jual yang tinggi.

Budidaya jahe merah dalam karung atau menanam jahe dengan sistem bag culture biasa dilaksanakan sebab beberapa faktor. Yang pertama sebab keterbatasan lahan atau kurangnya lahan yang baik untuk budidaya jahe.

BACA JUGA: 

Selain itu budidaya jahe di dalam karung membuat benih yang di taman sehat dan bebas dari penyakit bakteri yang mengakibatkan daun layu. Sehingga dapat meningkatkan hasil dari budidaya jahe merah. Sistem budidaya jahe dalam karung ini sangat ramah lingkungan dan juga dapat dilaksanakan di lahan yang  minim.

Cara Budidaya Jahe Merah Dalam Karung

Cara menanam jahe merah tidaklah terlalu rumit, Anda cukup membudidayakan tanaman ini disela-sela tanaman utama (tanaman buah, kopi, coklat, sengon, dll.). Sedangkan untuk media tanamnya sendiri dapat memakai karung, polybag, glangsing yang sudah diisi tanah atau bokashi. Dengan melaksanakan pemeliharaan sederhana yaitu melaksanakan pemupukan secara berkala dengan bokashi dan juga SOT HCS yang disemprotkan atau disiram pada bibit yang ditanam.

Untuk penyemprotan dengan memakai SOT HCS cukup dilaksanakan 2 minggu sekali, sedangkan penambahan bokashi dilaksanakan seiring pertumbuhan tunas bibit jahe sampai polybag terisi dengan ketinggian sekitar 80%.


Sesudah plybag terisi penuh dengan bokashi dan tanah maka yang harus dilaksanakan tinggal melaksanakan pemeliharaan sampai masa panen tiba. Umumnya lama panen antara 10 sampai 12 bulan. Bila tertarik untuk mebudidayakan tanaman ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah menanam jahe merah dalam karung berikut ini.

Proses Pembibitan Jahe Merah

Sebetulnya paling gampang dalam budidaya jahe ini Anda dapat membeli bibit jahe yang telah siap tanam atau yang sudah bertunas sekitar 5-10 cm. Tapi bila susah memperoleh bibit tunas Anda dapat menyemai bibit jahe ini sendiri di rumah. Ada beberapa cara yang dapat Anda pakai untuk menyemai bibit jahe salah satunya ialah penyemaian jahe di dalam kotak kayu.

Cara pembibitan jahe bisa dilaksanakan dengan cara memilih rimpang jahe yang baru dipanen kemudian dijemur sementara dan disimpan selama satu sampai dua bulan. Patahkan rimpang jahe dengan tangan, di mana setiap potongan memilki tiga sampai lima tunas kemudian dijemur ulang selama satu hari.


Sebelum disemai bibit jahe harus teliti guna diseterilkan dari virus penyakit. Pembersihan dari virus dapat dilaksanakan dengan cara mencelupkan bakal bibit yang telah dikemas dalam karung tadi ke dalam PHEFOC HCS selama 5 menit kemudian keringkan. Sesudah bakal bibit kering rendam kembali memakai zat pengatur tumbuh SOT HCS selama empat jam. Sesudah selesai direndam tiriskan bakal bibit sampai kering, bibit sudah siap untuk disemaikan.

Cara Menanam Jahe Merah Dalam Karung

Ambil bakal bibit yang sudah disemaikan kemudian patahkan rimpang jahe tersebut memakai tangan menjadi 2-3 ruas di mana setiap ruas terdapat minimal 2 mata tunas. Sesudah itu buatlah campuran tanah dengan bokashi dengan perbandingan 3:1. Masukan campuran tanah dan bokashi tersebut ke dalam polybag atau karung dengan ketinggian hingga 15 cm.

Jika Anda memakai karung sesuaikan tinggi karung dengan cara melipat bagian atas karung supaya memperoleh ketinggian yang sesuai. Lalu masukan tunas bibit jahe kedalam polybag atau karung yang sudah diisi campuran tanah dan bokashi. Dalam satu karung cukup diisi sekitar 2-3 titik tanam agar hasil yang diperoleh maksimum.

Cara Perawatan dan Pemupukan

Untuk perawatan tanaman ini cukup praktis. Untuk perawatan Anda dapat menyiraminya minimal satu kali dalam sehari, tapi bila iklim panas sebaiknya melaksanakan penyiraman dua kali sehari. Apabila umur jahe telah mencapai 2-4 minggu laksanakan pengocoran dengan memakai fermentasi SOT HCS.

Laksanakan kembali pengurukan karung atau polybag dengan campuran tanah dan bokashi (3:1) bila jahe telah menginjak umur 2-3 bulan atau jika rimpang jahe telah tampak menyembul keluar. Laksanakan proses pengurukan ini berulang kali dengan memperhatikan pertumbuhan jahe hingga umur 8 bulan atau sampai polybag atau karung terisi penuh.
Dengan memakai metode sederhana ini Anda dapat memperoleh hasil panen yang melimpah, karung atau polybag yang Anda pakai untuk menanam jahe akan terisi penuh dengan rimpang jahe. Bahkan ada beberapa petani yang memanen jahe setiap satu karung berisi sekitar 20 kg jahe. woow dahsyat bukan? Jika langkah-langkah di atas telah Anda gunakan hingga selama 8-10 bulan, telah saatnya Anda memanen hasil dari budidaya jahe merah.

Jual karung Beras
*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Budidaya Jahe Merah dengan Media Tanam Karung Beras"

Posting Komentar