HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Penanganan Pasca Panen Kacang Hijau, dengan Karung Plastik

Produsen Karung Beras di Sidoarjo - Lim Corporation

Kacang hijau adalah salah satu komoditas pertanian yang setelah terkenal di negara kita. Selain memilki kandungan gizi yang baik kacang hijau ini juga mempunyai banyak olahan.

Sesudah dipanen, proses pasca panen kacang hijau ini tidak jauh berbeda dengan pengolahan pasca panen biji-bijian lainnya. Pasca panen ialah berbagai tindakan atau perlakuan terhadap komoditas pertanian dalam hal ini berupa bijian hingga sampai pada tangan pelanggan.

Tujuan dari penanganan pasca panen ini ialah supaya hasil pertanian ini mempunyai kualitas yang baik hingga di tangan pelanggan untuk dikonsumsi atau diolah lebih lanjut.

Penanganan pasca panen ini adalah fase yang berguna untuk menjaga kualitas hasil pertanian. Proses ini bertujuan agar untuk menjaga produk panen dari perubahan-perubahan yang tidak dikehendaki selama proses penyimpanan, seperti pertumbuhan tunas, pertumbuhan akar, batang bengkok, buah keriput, polong alot, ubi berwarna hijau, terlalu matang, dll.

Baca Juga  : 

Penanganan pasca panen yang baik akan memberikan kegunaan sebagai berikut :

  • Jumlah komoditas yang bisa dikonsumsi akan meningkat sebab sedikitnya penyusutan
  •  Memerlukan biaya yang lebih sedikit seperti halnya dengan penangan yang hati-hati semisal pengemasannya lebih baik dibanding peningkatan produksi yang memerlukan input tambahan seperti penambahan pestisida, pupuk, dll
  • Lebih singkatnya waktuyang dibutuhkan selama proses (pengaruh penanganan pasca panen bisa tampak 1 – 7 hari sesudah perlakuan)
  •  Mencegah adanya kejadian penurunan nutrisi yang berarti peningkatan gizi bagi pelanggan
  • Proses pengolahan pasca panen ini mempunyai beberapa fase dimana setiap fase harus dilaksanakan dengan baik untuk memperoleh hasil panen yang maksimum. Proses pasca panen ini ialah sebagai berikut :

1. Pembijian

Dalam keadaan kering, kacang hijau ini akan sangatlah gampang lepas dari polongnya. Maka dari itu kacang hijau ini akan melalui proses penjemuran terlebih dahulu hingga lepas dari polongnya. Sesudah mencapai kekeringan yang diinginkan maka kacang hijau ini akan dimasukkan ke dalam karung lalu akan dipukul dengan kayu atau bambu hingga polong tersebut pecah. Sesudah itu biji kacang hijau akan dipisahkan dengan cara ditampi memakai tampah.


Proses pengeringan ini bisa dilaksanakan dengan cara alami yaitu dijemur atau memakai alat pengering (dryer) bila tersedia. Biji kacang hijau yang sudah kering ini mempunyai kadar air antara 10-12% dimana nilai tersebut adalah nilai yang sempurna supaya kacang hijau bisa bertahan lama ketika disimpan.

Untuk mengukur kadar air kacang hijau ini umumnya petani atau pengepul kacang hijau akan memakai alat ukur supaya efesien. Alat ini biasa disebut Moisture Meter atau alat ukur kadar air. Moisture meter terbaik untuk mengukur kadar air kacang hijau ini ialah Moisture Meter JV006 yang dapat Anda peroleh di CV. Java Multi Mandiri. Peroleh juga promo menarik dan potongan hingga 30% sampai akhir tahun 2017.


2. Penyimpanan

Kacang hijau yang setelah dikeringkan ini haruslah disimpan pada tempat yang sejuk dan tidak berair pastinya. Ketentuan tempat penyimpanan ini haruslah kering, bersih dan mempunyai pergantian udara yang baik. Sebaiknya kacang hijau ini disimpan di dalam karung atau goni sebab bila disimpan dalam tempat yang terbuat dari plastik sebab bisa mengakibatkan biji kacang hijau menjadi lembab. Dengan cara penyimpanan yang baik kacang hijau ini bisa bertahan hingga 1 tahun.

3. Pengemasan

Kacang hijau yang setelah diproses ini harus dikemas dengan membuang kotoran atau benda apapun yang bisa menurunkan kualitasnya. Proses ini juga bertujuan untuk menghindarkan kacang hijau dari serangan jamur dan hama yang berbahaya. Lalu kacang hijau ini akan dikemas sesuai dengan tujuan penjualan kacang hijau ini.

Produsen Karung Beras
*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penanganan Pasca Panen Kacang Hijau, dengan Karung Plastik"

Posting Komentar