HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Teknik Praktis Menanam Daun Sirih Secara Efisien dan Hemat

Distributor Karung Beras - Lim Corporation

Kenal dengan daun sirih? Mungkin di tempat anda tanaman ini disebut dengan nama berbeda, bisa sireh, suruh, atau sedah. Sedangkan sirih memiliki nama ilmiah Piper betle. Tanaman ini dipercaya kaya kegunaan untuk kesehatan terutama sebagai tanaman obat. Bahkan diinfokan nenek moyang kita pun telah mengambil dan memanfaatkan keampuhan dan kegunaan daun sirih. Untuk mendapat kegunaan daun ini, umumnya penduduk menanamnya di pekarangan rumah sebagai TOGA. Cara menanam dan budidaya daun sirih sangat praktis dilaksanakan oleh siapa pun. Simak saja ulasannya di bawah ini.

Kandungan Daun Sirih

Daun sirih banyak mengandung zat aktif seperti minyak atsiri, kavicol, hidroksikavisol, cyneole, kavibetol, estragol, allylpyrokatekol, fenil propana, tanin, diastase, cadinene, terpennena, hingga seskuiterpena yang sangat ampuh bagi kesehatan. Dengan banyaknya kandungan tersebut, daun sirih diketahui mampu mengobati berbagai penyakit seperti eksim, asma, penyakit kulit, mengobati jerawat, memperlancar haid dan mengobati keputihan. Ekstrak daun sirih juga dipercaya mampu membasmi bau mulut dan menghilangkan bau badan.

BACA JUGA: 
Jenis-jenis Sirih

Pohon sirih adalah tanaman rambat yang mampu memanjat hingga tingginya sekitar 5-15 meter. Daun berbentuk bulat seperti telur dengan warna hijau tua. Bagian batang terlilit sulur, bunga bertekstur bulir dengan panjang 3-6 cm yang berada diujung cabang. Tanaman obat ini juga memiliki banyak jenis mulai dari sirih Jawa dengan daun lembut, bau tidak terlalu menyengat dan warnanya hijau rumput. Ada sirih Belanda yang berdaun besar, warna hijau tua, mempunyai rasa pedas dan bau yang tajam. Untuk daun berukuran kecil dipunyai sirih cengkeh. Dinamakan sirih cengkeh sebab daun kuningnya berasa mirip cengkeh.

Sirih merah atau Piper crocatum mempunyai bentuk wujud yang sama dengan sirih hijau. Daunnya seperti jantung dengan ujung daun runcing. Dan telah jelas letak perbedaan pada warnanya. Daun sirih merah mempunyai permukaan daun bercorak putih dan hijau tua, ruas daun berwarna merah. Bagian bawah permukaannyalah yang berwarna merah penuh. Kegunaan sirih merah guna kesehatan telah tidak diragukan lagi. Jenis selanjutnya ada sirih hitam atau sirih ireng. Tumbuhan bernama ilmiah Piper sp ini dipakai sebagai obat juga tanaman hias. Sesuai namanya sirih ini terlihat berwarna hitam, meskipun sebetulnya tidak betul-betul hitam. Sirih ini berwarna hijau sangat pekat atau hijau gelap sehingga nampak hitam.

Syarat Hidup Tanaman Sirih

Tanaman sirih memang gampang ditemui di daerah Indonesia, terutama di ketinggian 300 mdpl. Dan tumbuh liar di hutan hujan serta hutan jati. Meskipun tumbuh di hutan, sekarang ini telah sering dijumpai budidayanya. Jika anda ingin mencoba budidaya sirih, ambil bagian pucuk atas sulur sekitar 40-50 cm. Supaya tumbuh dengan baik, tanaman sirih membutuhkan tumpuan untuk tetap hidup. Tempat bersandar bisa berupa pohon kapuk randu, dadap, kelor atau gamal.

Tanaman Sandaran

Pohon tumpuan ini ditanam saat musim hujan sebelum menanam sirih. Jarak tanam antar pohon sekitar 1,5 m. Sisipkan pula selokan untuk mengalirkan air. Tujuannya supaya tanah tidak basah sebab sirih bukan jenis penyuka air. Selain itu selokan juga berguna untuk mengairi pohon sirih saat kemarau. Sesudah tanaman berakar baik, barulah buat lubang tanam untuk sirih.


Penanaman Sirih

Mempunyai tanaman daun sirih di rumah anda bisa berguna sebagai obat herbal alami jika keluarga terserang penyakit. Dengan memiliki tanaman daun sirih, setidaknya konsumsi obat kimia dapat diturunkan. Berikut ada 3 teknik menanam daun sirih yang gampang untuk anda coba.

Cara Menanam Daun Sirih Dengan Tehnik Stek

Tehnik stek ialah tehnik tergampang untuk budidaya daun sirih. Langkah pertama ialah mempersiapkan media tanam berupa campuran tanah, pupuk kompos, dan pasir dengan komposisi 3:3:1. Kemudian masukan media ke dalam polybag hingga penuh. Jangan lupa lubangi sisi bawah polybag untuk saluran drainase. Untuk bibit stek bisa didapat dari batang pohon daun sirih yang telah tua. Potong batang sekitar 2 ruas lalu rendam dalam air selama kurang lebih 15 menit. Sesudahnya tancapkan bibit stek dalam media. Siram setiap pagi dan sore hari, jika telah berakar lebat alihkan ke tanah lebih luas.

Cara Menanam Daun Sirih Dengan Tehnik Merunduk

Tehnik merunduk bisa diterapkan dalam budidaya daun sirih. Kebenaranya meskipun daun sirih tumbuh meninggi, percabangan daun sirih malah tumbuh merambat pada pohon lain. Tehnik ini sering dilaksanakan pada sirih merah maupun sirih hitam. Caranya pilih batang sulur yang panjang kemudian atur supaya merunduk hingga menempel pada media tanam. Laksanakan penyiraman secara rutin sehingga sulur akan mengeluarkan akar tanaman. Potonglah sulur berakar tadi dan alihkan pada lahan lain.


Cara Menanam Daun Sirih Dengan Teknik Stek Air

Teknik stek air pastinya melibatkan media pembibitan berupa air. Potonglah batang sulur yang telah tua lalu rendam dalam air. Tetapi tentukan daun tidak ikut terendam air. Tunggu sekitar seminggu hingga muncul akar serabut. Baru lalu alihkan ke media tanam.

Perawatan

Perawatan menjadi penting jika anda menginginkan daun sirih yang sehat. Sirih sangat peka dengan sinar matahari. Jika terlalu panas maka daun akan berubah menjadi kuning dan rasanya lebih pedas. Tanaman sirih yang tumbuh di tempat teduh memiliki daun hijau segar dan rasa tidak terlalu pedas. Selain cahaya, pengasihian pupuk juga berdampak pada rasa daun sirih. Dianjurnkan memakai pupuk kotoran ayam yang bersifat dingin.

Pemanenan Daun Sirih

Panen dapat dilaksanakan sesudah tanaman berumur setahun. Pemanenan sebaiknya dilakukan pagi hari saat tanaman masih segar. Anda bisa memanen daun yang berasal dari sulur yang menggantung sebanyak 3-4 ruas. Jika anda budidaya skala produksi maka kemas daun dengan memakai daun pisang suapaya awet segar.

Jual karung Beras
*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Praktis Menanam Daun Sirih Secara Efisien dan Hemat"

Posting Komentar