HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Teknik Pengolahan Lahan Sebelum Melakukan Budidaya Wajib Anda Ketahui!

Jual Karung Plastik Harga Pabrik - Lim Corporation

Lahan adalah lingkungan fisis dan biotik yang berkaitan dengan daya dukungnya pada perikehidupan dan kesejahteraan hidup manusia. Untuk lingkungan fisis melingkupi relief (topografi), hawa, tanah, dan air. Sedangkan lingkungan biotik melingkupi hewan, tumbuhan, dan manusia.

Setiap alktivitas pertanian tentu membutukan pengolahan lahan. Tujuan pengolahan lahan yaitu untuk mengubah kondisi lahan pertanian dengan alat tertentu hingga sampai mendapat lapisan bentuk tanah yang dimaui oleh tanaman.

Baca Juga  : 

Teknik Pengolahan Lahan

A. Pengolahan Lahan Secara Konvensional

Pengolahan lahan dengan teknik konvensional biasanya dikerjakan untuk lahan yang minim dan memelilki kemiringan tertentu. Untuk fase ini kerap dikerjakan pada lingkungan pedesaan yang sebagian besar penduduk banyak menggunakan lahannya sebagai ladang dan tanaman sayuran.

Kelebihan dari teknik ini yaitu tidak dibutuhkan modal yang cukup besar, sebab dikerjakan oleh tenaga manual dan biasanya dikerjakan secara gotong royong. Tetapi pengolahan lahan dengan cara ini banyak mengalami kekurangan, diantaranya membutuhkan waktu yang lama dalam pengerjaannya.

B. Pengolahan Lahan Secara Modern

Pengolahan lahan dengan cara modern biasanya banyak dikerjakan untuk tanaman perkebunan dan memeliki lahan yang luas. Pengolahan lahan dengan cara ini biasanya menggunakan mesin.

Pengolahan lahan dengan cara ini terdapat kelebihan diantaranya lebih cepat dalam proses pengerjaan, serta dapat mengirit waktu penanaman. Kekurangan dari cara ini yaitu membutuhkan modal yang besar dalam pengusahaannya.

Jenis-jenis cara Pengolahan Lahan

1. Pengolahan Lahan ideal

Fase olah lahan secara ideal yaitu proses pengolahan yang melingkupi seluruh aktivitas pengolahan lahan. Mulai dari awal pembukaan lahan sampai lahan siap untuk ditanami, yaitu dari pembajakan, pemupukan dan perputaran.

2. Olah Lahan sempit

Proses olah tanah sempit ini hanya melingkupi fase pembajakan yaitu tanah diolah, dibalik, lalu tanah diratakan. Biasanya dalam pengolahan tanah ini banyak dikerjakan untuk lahan persawahan.

3. Tanpa Olah Tanah (TOT)

Pengolahan lahan pada cara ini hanya melingkupi penyemprotan untuk membunuh atau menghilangkan gulma pada lahan, lalu ditunggu sampai gulma mati dan lahan siap untuk ditanami. Pada pengolahan lahan ini biasanya digunakan cara tajuk dalam proses penanamannya.


Pengolahan lahan juga pastinya harus memperhatikan topografi dan kontur keadaan lahan. Semakin curam keadaan maka akan semakin besar tingkat pengikisan yang terjadi. Apabila tingkat pengikisan semakin besar maka humus dan zat hara dalam tanah akan semakin banyak hilang. Berikut ini adalah tingkat kecuraman dan karakter tanah.

a. Nyaris Datar

Pada topografi ini tanah memeliki karakter diantaranya pengairan baik, mudah diolah, ancaman pengikisan kecil, tidak terancam banjir, kemampuan menahan air baik, subur, dan respon pada pupuk. Untuk lahan seperti ini sangatlah sesuai untuk dijadikan sebagai lahan pertanian.

b. Lereng Landai

Dalam topografi tanah seperti ini memeliki karakter diantaranya bentuk tanah kurang baik, ada ancaman pengikisan, pengolahan harus waspada.

c. Lereng Miring

Di topografi tanah seperti ini punya karakter antara lain baik ditanami untuk tanaman semusim mudah terikis, bergelombang, tanahnya padas, kemampuan menahan air rendah.

d. Lereng Miring dan Berbukit

Tanah seperti ini memeliki karakter yaitu lapisan tanah tipis, kemampuan menahan air rendah, sangat mudah terabrasi, dan kerap banjir. Kandungan garam natrium tinggi.

e. Datar

Karakter dari topografi ini diantaranya tidak sesuai untuk pertanian, selalu tergenang air dan tanahnya berbatu.

f. Lereng Agak Curam

Untuk tanah seperti ini memeliki karakter diantaranya tanah berbatu, pengikisan kuat, tidak sesuai untuk pertanian.

g. Lereng Curam

Topografi tanah seperti ini mempunyai karakter antara lain tanah berbatu, pengikisan sangat kuat, perakaran sangat cetek, hanya untuk padang rumput.

h. Lereng Sangat Curam

Macam topografi seperti ini yaitu berbatu dan kemampuan menahan air sangat rendah, tidak sesuai untuk pertanian, lebih cocok dibiarkan (alami).

Jual Karung Laminasi
*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Pengolahan Lahan Sebelum Melakukan Budidaya Wajib Anda Ketahui! "

Posting Komentar