HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Jangan Asal, Begini Cara Tepat Budidaya Lebah Madu Kualitas Super

Produsen Karung Beras High Quality - Lim Corporation

Bagi yang ingin memulai usaha ternak lebah madu, ada bermacam varietas lebah madu yang memadai dibudidayakan. Di antaranya, lebah dari varietas lebah hutan (Apis dorsata), lebah lokal (Apis cerana), dan lebah unggul (Apis mellifera).

Lebah unggul, sesuai namanya, yang paling disenangi pasar. Varietas ini lebih produktif dibandingkan lebah lokal, juga lebih piaraan. Racun pada sengatnya sangat pas untuk pengobatan berbagai penyakit. Lebah yang dibudidayakan oleh rata-rata peternak di dunia ini, awalnya, yang berasal dari daratan Eropa.

Modal yang dibutuhkan dalam beternak lebah madu ialah pengetahuan dasar dalam beternak lebah madu. Adapun investasi modal masih yang dibutuhkan dalam aktivitas budidaya lebah madu selama beberapa tahap pemanenan ialah alat-alat produksi dan pemukiman lebah madu minimal 40 kotak sempurnanya ialah 100 kotak pemukiman lebah madu.

Baca Juga : 

Pemilihan bibit lebah madu varietas unggul

Ciri-ciri bibit lebah madu kualitas super:

1. Memilki ratu lebah yang, secara fisik, bagus dan berumur antara 3 bulan sampai 1 tahun.
2. Jumlah dan kualitas telur, yang diproduk ratu lebah, melimpah.
3. Hasil panen lebih melimpah, baik hasil madu, bee pollen, royal jelly, dan propolis.
4. Larva lebah yang dihasilkan lebih segar.
5. Lebah umumnya lebih bernafsu.

Memperbanyak pemukiman lebah madu

Dalam beternak lebah madu supaya menghasilkan keuntungan yang optimal, seorang peternak lebah madu harus memiliki minimal 100 kotak pemukiman lebah madu.

Langkah-langkah untuk meningkatkan jumlah pemukiman lebah madu ialah sebagai berikut.

1. Gembalakan lebah madu pada tempat yang di sana tersedia pakan cukup banyak. Dengan tersedianya pakan yang cukup maka ratu lebah akan lebih banyak menghasilkan telur dan lebah pekerja juga lebih giat membuat sarang baru.
2. Menyiapkan calon ratu lebah madu untuk ditempatkan dalam pemukiman lebah madu yang baru.
3. Memisahkan pemukiman lebah madu yang telah padat ke dalam kotak pemukiman lebah madu yang baru, dan menempatkan calon ratu lebah baru atau ratu lain yang setelah jadi.


Membuat calon ratu lebah

1. Ambil larva lebah madu yang baru membuka; pada umur 1 hari.
2. Masukan hingga ke dalam satu potong frame royal jelly.
3. Frame royal jelly yang setelah terisi larva lebah madu ditempatkan pada kotak super (kotak lebah madu yang berisi pemukiman lebah madu, minimal 2 tingkat).
4. Sekat/pisahkan kotak super lebah madu tersebut, ratu lebah berada di kotak bawah, dan frame royal jelly calon ratu lebah madu ditempatkan pada kotak atasnya. Dengan demikian, ratu lebah madu tidak dapat mendekati calon ratu lebah madu.
5. Diamkan hingga selama 11 hari hingga sampai calon ratu lebah menjadi kepompong.
6. Sesudah sebelas hari, calon ratu lebah dialihkan ke kotak lebah yang berisi pemukiman lebah tanpa ada ratunya.
7. Sesudah 13 hari, calon ratu lebah keluar kepompong dan langsung diangkat menjadi ratu lebah oleh pemukiman lebah tersebut
8. Umumnya, sesudah seminggu, ratu lebah siap untuk jodoh dan mengembangkan pemukiman lebah yang baru di tempat tersebut.

Peralatan beternak lebah madu

1. Kotak lebah, yang adalah tempat pemukiman lebah madu, terbuat dari kayu suren atau mahoni;
2. Alat pengasap untuk menjinakan lebah madu yang bernafsu;
3. Masker pelindung serangan lebah madu;
4. Pengungkit sisiran;
5. Sikat sisiran lebah madu;


6. Sisiran yang terbuat dari rangka kayu dan di tengahnya dikasih kawat sebagai penahan landasan sarang lebah madu;
7. Pollen trap untuk panen bee pollen;
8. Frame royal jelly untuk panen royal jelly dan membuat pada calon ratu lebah;
9. Ekstraktor untuk panen madu.

Penggembalaan lebah madu

Antara bulan Mei hingga September Ialah masa peternak lebah menggembalakan lebah madunya ke perkebunan-perkebunan yang menyediakan pakan lebah madu cukup banyak. Peternak lebah madu di pulau Jawa, biasanya, menggembalakan lebah madu ke perkebunan karet, kapuk, rambutan, lengkeng, mangga, kopi, dan duwet, sehingga dihasilkan madu berdasarkan spesifikasi varietas bunga.

Antara pada bulan Mei hinga September inilah saat peternak lebah madu dengan menikmati “manisnya” penghasilan dari hasil lebah madu, seperti: madu yang dari berbagai varietas bunga, bee pollen, dan royal jelly.

Sesudah bulan September, peternak lebah madu mengalami masa paceklik, sebab musim madu sudah lewat. Untuk menutupi biaya perawatan lebah madu, biasanya, peternak menggembalakan lebahnya ke perkebunan jagung. Di sini, peternak lebah madu bisa menghasilkan bee pollen jagung dan royal jelly.

Hambatan yang biasa dihadapi peternak lebah madu

1. Faktor alam (hawa).

Tahun 2007, banyak peternak lebah madu yang gulung tikar efek hawa yang tidak menentu. Sebagai contoh, keadaan yang dialami peternak lebah yang pada tahun sebelumnya umumnya dapat memanen madu kelengkeng sekitar bulan September. Dengan asumsi tersebut, peternak lebah madu akan menggembalakan lebahnya ke wilayah Ambarawa. Tetapi, efek cuaca yang tidak menentu, ternyata pohon kelengkeng gagal berbunga.

Peternak yang sudah terlanjur membawa pemukiman lebahnya ke tempat tersebut pasti akan rugi besar. Selain biaya tarnsportasi yang mahal, juga banyak lebah yang mati kelaparan.

2. Lingkungan penduduk.

Penduduk Indonesia banyak yang menganggap peternak lebah madu sebagai hama tanamannya, sehingga sebagian penduduk akan mengusir peternak lebah madu yang masuk ke area perkebunannya. Kalau pun dibolehkan, kontrak lahan sebagai tempat beternak lebah sangat lah mahal.

Hal ini pasti sangat berbeda dengan peternak lebah madu di luar negeri. Peternak lebah justru dicari untuk membantu penyerbukan perkebunan dan dikasih gaji sebab sudah membantu meningkatkan hasil produksi pertaniannya.

Ketentuan untuk berhasil dalam bisnis ini cukup dengan menimba ilmu dan menerapkan pengetahuan yang dipunyai tentang kehidupan pemukiman lebah. Misalnya:

– Suhu sempurna yang pas bagi lebah ialah sekitar 26 derajat C. Pada suhu ini, lebah bisa berkegiatan normal.
– Pada suhu di atas 10 derajat C, lebah masih berkegiatan.
– Kehidupan pemukiman di lereng pegunungan/dataran tinggi yang bersuhu normal (25 derajat C).
– Lokasi yang digemari lebah ialah tempat terbuka, jauh dari keramaian, dan banyak terdapat bunga sebagai pakannya.

Jual karung Beras
*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jangan Asal, Begini Cara Tepat Budidaya Lebah Madu Kualitas Super"

Posting Komentar