HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Mudahnya Budidaya Pisang Ambon Hingga Panen Melimpah

Distributor Karung Karung Beras di Jawa Timur - Lim Corporation

Siapa yang tidak mengenal buah pisang? Pastinya nyaris semua dari kita telah tahu dengan buah yang satu ini. Di Indonesia pisang sangatlah terkenal sebagai buah sejuta umat. Hal ini dapat dilihat dari selera penduduk yang tinggi akan buah pisang. Kita kerap mendapati pisang pada berbagai acara seperti pernikahan, upacara adat, jajanan wilayah, makanan olahan, dan sebagai buah pencuci mulut.

Rasa pisang yang manis dengan bentuk lembut menjadikan buah pisang sesuai untuk dikonsumsi oleh nyaris semua kalangan mulai dari anak kecil hingga tua. Selain itu pisang juga mempunyai keunggulan dalam hal kandungannya. Buah pisang terkelompok tinggi akan karbohidrat sehingga jika kita makan buah pisang pasti akan merasa puas. Selain karbohidrat, pisang juga banyak mengandung potasium yang baik untuk tubuh manusia.

Baca Juga  : 

Pisang terdiri dari dua macam, yaitu yang dapat langsung dimakan atau yang harus diolah terlebih dahulu. Contoh buah pisang yang dapat langsung dimakan ialah buah pisang ambon. Terlihatnya pisang ambon memang telah sangat terkenal dipenduduk Indonesia. Taukah anda terkira untuk menanam sendiri pohon pisang ambon? Atau mungkin anda telah menanam pisang lain semisal
menanam pisang kepok mungkin.

Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai cara menanam pisang ambon yang betul sehingga anda dapat mencobanya sendiri.

1. Persiapan Lahan Tanam Pisang Ambon

Sebelum mulai menanam pisang ambon ada baiknya anda mulai memahami dahulu ketentuan tumbuh tanaman pisang ambon. Tanaman pisang adalah tanaman sepanjang tahun yang artinya dapat berbuah kapan saja tanpa terpengaruh musim.

Ia mampu beradaptasi dengan baik pada dataran rendah hingga tinggi. Sempurnanya ialah 0-800 meter diatas permukaan laut. Namun pisang juga sangat rentan pada kandungan garam (salinitas) sehingga perkembangannya akan mulai terganggu pada kadar garam 0.07%.

Tanaman pisang ambon akan lebih optimal jika terkena sinar matahai penuh dan ditanam pada tanah yang mengandung cukup humus. Bagi petai pesisir yang tanahnya berpasir maka anda dapat memperbanyak tambahan pupuk organik dari kompos maupun dari kotoran hewan. Anda dapat memanfaatkan arang sekam, jerami, sisa dedaunan, kotoran ayam, kotoran kambing, kotoran sapi dll. Sesudah mendapat lokasi yang sempurna, maka siapkan lubang tanamnya. Semuanya nyaris sama dengan cara menanam pisang cavendish.

2. Persiapan Lubang Tanam dan Pemupukan Dasar

Lubang tanam dibuat dengan ukuran 50×50 cm dengan kedalaman minimal 40-50 cm. Jarak antar lubang tanam ialah 3 meter dan jangan sampai teerlalu rapat. Pemupukan dasar tanaman pisang sebaiknya mengandung bahan organik yang banyak.

Tetapi demikian anda juga dapat menambahkan unsur pupuk kimia NPK. Jika anda mmapu maka pupuk dasar sebaiknya difementasikan dahulu supaya menjadi bokashi padat dan kasihkan pupuk dasar sebanyak 3-8 kg per lubang tanam (cocokkan dengan kesuburan tanah). Pupuk yang telah dimasukkan lubag lalu dilapisi tanah terlebih dahulu sebelum ditanami bibit pisang ambon. Untuk mengetahui lebih jauh silahkan baca cara membuat pupuk bokashi padat yang betul.

3. Persiapan Bibit Pisang Ambon

Tanaman pisang ambon kebanyakan dibibit dengan cara vegetatif yaitu diambil anakan tunasnya. Pilihlah hanya tanaman pisang yang sehat dan produktif sebagai induk bibitnya. Anakan pisang ambon yang anyar dibibit dapat dikasih perlakuan fungisida dan bakterisida sistemik supaya melindungi perakarannya dari infeksi jamur dan bakteri patogen.

Bibit pisang ambon juga banyak yang melalui pemuliaan kultur dan saat ini banyak dijual dalam polybag. Bibit tersebut umumnya adalah bibit pisang ambon pilihan yang produktif.


Bibit pisang yang diambil sendiri dari indukannya dapat didiamkan dahulu sekitar 2-3 hari sebelum ditanam dalam lubang tanam yang telah disiapkan. Penanaman bibit pisang dilaksanakan pada sore hari. Tanam pisang dengan menentukan bagian akarnya tertutup tanah seluruhnya. Bibit pisang yang baru selesai ditanam segera disiram air supaya tetap segar.

4. Penyiraman Tanaman Pisang Ambon

Tanaman pisang ambon terkelompok tanaman yang memerlukan persedian air cukup untuk menunjang percepatan tumbuh kembangnya. Oleh sebab itu pengairan sangatlah diperlukan pada tanaman pisang.

Tetapi bagi anda yang menanam di lahan basah seperti tepian sawah yang tanahnya selamanya basah, maka pengairan ini nyaris tidak diperlukan lagi. Hal ini juga berlaku dimusim penghujan.

Tetapi jika anda menanamnya pada musim kemarau di lahan kering maka laksanakan penyiraman dengan selamanya memperhatikan kebasahan tanah. Jangan biarkan tanah kering terlalu lama supaya tanaman pisang jangan sampai layu yang nantinya malah gampang diserang penyakit. Namun anda juga perlu tahu bahwa tanah yang terlalu becek juga tidak baik untuk pisang sebab dapat mengundang penyakit busuk akar.

5. Pemupukan lanjutan

Pemupukan lanjutan dilaksanakan sesudah anda melaksanakan penjarangan anakan dan penyiangan gulma. Intervalnya ialah dua minggu sekali ditahap awal yakni hingga tanaman berumur 3 bulan memakai NPK (16-16-16) yang dilarutkan dalam air dengan konsentrasi 3 gram/liter. Sesudah memasuki umur 3,5 bulan, galilah tanah disekeliling perakaran pohon pisang ambon sedalam 10-20 cm kemudian kasih pupuk kandang yang telah difermentasikan menjadi bokashi padat.

6. Penanggulangan Hama dan Penyakit Tanaman

Ada beberapa hama dan penyakit tanaman Pisang Ambon yang perlu anda mengerti cara menagatasinya. Berikut ialah analisanya:

Layu Fusarium : Dikarenakan oleh infeksi jamur fusarium. Cara mengatasinya ialah dengan perlakuan PGPR di lubang tanam sebelum ditanam. Tanaman yang telah terserang sebaiknya dicabut dan bekasnya disiram PGPR
Layu Bakteri : Dikarenakan oleh infeksi bakteri patogen. Pencegahannya dengan menyemprotkan bakterisida sistemik
Penyakit Burik Buah : Dikarenakan oleh infeksi jamur dan serangan serangga saat pisag ambon mulai berbuah muda. Cara mengatasinya dengan melaksanakan pemberongsongan (pembungkusan) tandan buah begitu selesai dilaksanakan pemotongan jantung pisang
Jangan lupa untuk memasang batang penyangga supaya pohon pisang tidak patah sebab menahan beban tandan buahnya.

7. Panen Buah Pisang Ambon

Panen buah pisang ambon bisa dilaksanakan saat warna buah pisang mulai menua dengan bentuk empuk. Perlu anda ketahui bahwa pisang ambon ada yang tidak sampai berwarna kuning saat tua. Tetapi ada juga yang kulitnya berwarna kuning saat tua.

Demikianlah panduan singkat dari kami tentang cara menanam pisang ambon dengan betul. Kami berminta budidaya pisang ambon dapat menjadi salah satu pengganti berkebun yang dilaksanakan banyak orang untuk menunjang kepreluhan pasar akan buah yang berkualitas terutama pisang ambon.

Jual Karung Beras
*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mudahnya Budidaya Pisang Ambon Hingga Panen Melimpah"

Posting Komentar