HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tips dan Trik Jitu Ternak Sapi Perah Paling Mudah dan Simpel

Distributor Karung Laminasi High Quality - Lim Corporation

Perkandangan sapi perah

Untuk memelihara sapi perah kandang harus betul-betul disiapkan dengan baik. Selain kebersihannya terjaga, peru juga mempertimbangkan kenyamanan sapi. Sebab untuk memperoleh hasil susu yang banyak sapi perah tidak boleh stress, harus dalam kondisi nyaman. Semakin nyaman kondisi sapi, semakin tinggi produktivitas susunya.

Tinggi kandang yang disarankan untuk memelihara sapi perah sekitar 4-4,5 meter. Struktur kandang harus dibuat dari bahan yang kuat, dapat besi, kayu maupun bambu. Lantai kandang sebaiknya terbuat dari bahan yang kuat, bersih dan tidak membahayakan sapi. Lantai harus nyaman dipakai untuk rebahan. Lantai tanah sangat tidak disarankan untuk memelihara spai perah.

Baca Juga  : 
Tempat makan dan minum harus didesain supaya sapi gampang mengaksesnya tetapi tidak dapat menginjak-nginjaknya. Lalu saluran drainase atau pembuangan air dan kotoran. Sapi perah menuntut pembersihan kandang setiap waktu. Oleh sebab itu saluran pembuangan air dan kotororan harus betul-betul lancar.

Memilih bakalan ternak sapi perah

Di Indonesia, varietas sapi perah yang mempunyai produktiviitas tinggi ialah Frisien Holstein (FH). Bila tidak menemukan bakalan murninya, di pasaran banyak tersedia Peranakan Frisien Holstein (PFH) yaitu hasil persilangan antara FH dengan sapi perempuan lokal seperti sapi madura dan sapi jawa. Untuk mengetahui lebih detail, silahkan baca makalah Mengenal varietas-varietas sapi perah.

Secara umum ada beberapa patokan yang harus diperhatikan dalam memilih bakalan untuk ternak sapi perah, diantaranya:

  •  Sapi harus sehat, tubuh tidak cedera, kulit mulus, bebas parasit.
  •  Usahakan untuk mengetahui kejadian bakalan tersebut, lengkap dengan silsilahnya.
  •  Mata bening cerah tidak kusam, tidak berair atau tidak terdapat kotoran mata.
  •  Tidak banyak keluar lendir dari hidungnya, napasnya bagus tidak ada tanda-tanda batuk.
  •  Kuku-kuku bagus, teksturnya ideal, tidak ada gejala-gejala bengkak, bila diraba suhunya tidak terasa panas.
  •  Tidak ada tanda-tanda mencret pada sekeliling duburnya.

Penempatan sapi di kandang harus ditata supaya gampang dibersihkan. Untuk ternak skala kecil, sekitar 1-10 ekor sebaiknya sapi diletakan dalam tumpukan satu baris, menghadap pada arah yang sama. Untuk skala besar penempatan akan lebih kompleks lagi.

Pemberian minum & pakan

Untuk menghasilkan 1 kg susu dibutuhkan sekitar 4-5 kg air. Oleh sebab itu, air minum harus disediakan secara tidak terbatas. Biarkan sapi minum sebanyak-banyaknya. Upayakan supaya air minum dan tempatnya selalu bersih.


Pemberian pakan sangat berfungsi besar memicu produktivitas susu. Sapi harus memperoleh pakan yang sepadan dalam arti semua unsur nutrisinya terpenuhi. Pakan yang baik harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Tipe pakan untuk sapi perah dapat dibedakan kedalam:

  •  Pakan hijauan. Pakan hijuan terdiri dari bahan berserat seperti rumput-rumputan, leguminosa, jerami padi, daun kacang tanah, jerami jagung, dan pucuk tebu. Sapi perah memerlukan hijauan sebanyak 30-50 kg per ekor per hari, atau 10% dari bobot tubuhnya. Pakan hijauan sebaiknya dikasihkan siang hari, umumnya sesudah pemerahan.
  •  Pakan konsentrat. Pakan konsentrat atau kerap juga disebut penguat dapat berupa biji-bijian, umbi-umbian, atau limbah olahan pertanian seperti ampas tahu atau bungkil kedelai.  Pakan konsentrat bisa dikasihkan sebanyak 1-2% dari bobot sapi. Pemberiannya sebaiknya pagi hari sebelum pemerahan atau sore hari.
  •  Pakan tambahan. Pakan tamabahan umumnya berupa vitamin, mineral, hormon, enzim atau antibiotik. Pakan ini umumnya buatan pabrik, dikasihkan sesuai dengan aturan pemberian dari masing-masing pakan tersebut.

Khusus untuk sapi yang tengah menyusui atau dalam masa laktasi (masa pemerahan) keperluhan makanannya ditambah sekitar 25% lebih bayak. Begitu juga dengan keperluhan minumnya.

Mengawinkan sapi perah

Sapi perempuan mengalami masa birahi relatif pendek, sekitar 15-18 jam. Waktu birahi lenjutnya akan datang sesudah 21 hari. Jadi, bila peternak terlambat mengetahui masa birahi, harus menunggu kedatangan masa birahi berikutnya. Ada pun ciri-ciri sapi perempuan yang mengalami birahi ialah sebagai berikut:

  •  Gairah makan menurun.
  •  Terlihat gelisah.
  •  Kerap melengguh dan mendekati sapi laki.
  •  Kerap menaiki spai lain, kalau dinaiki akan diam.
  •  Vulva terlihat merah dan mengeluarkan cairan.
Sementara itu, masa birahi yang dialami sapi jantan cukup kerap. Dalam jangka waktu 2-3 hari sapi laki dapat mengalami siklus birahi.

Terdapat dua cara mengawinkan sapi perah, yakni secara alami dan kawin suntik atau pembenihan buatan.

  •  Kawin alami, mengawinkan sapi laki dan perempuan secara langsung. Seekor sapi laki dapat mengawini 25-30 ekor sapi perempuan. Untuk peternakan susu kecil, perkawinan umumnya dilaksanakan dalam satu kandang. Dimana ada satu perempuan dan satu laki yang keduanya sedang mengalami birahi.
  •  Kawin suntik, dilaksanakan dengan memasukkan sperma sapi laki memakai peralatan tertentu ke dalam vagina spai perempuan. Kawin suntik ini mempunyai banyak keunggulan. Lebih efisien, tidak perlu membawa sapi laki ke sapi perempuan. Sperma bahkan dapat diperoleh dari penyedia sperma unggul, tanpa peternak mempunyai spai pelakinya.

Masa laktasi dan pemerahan
a. Masa laktasi

Sapi perah perempuan telah dapat beranak sesudah 2,5 tahun. Sesudah melahirkan anaknya, sapi dapat diperah selama 10 bulan. Di masa-masa awal, sekitar satu minggu sesudah melahirkan susu yang dihasilkan berwarna kekuningan dan agak kental. Susu ini disebut kolostrum yang banyak mengandung gizi. Kolostrum umumnya dikasihkan kepada bayi sapi.

Sesudah itu sapi akan mengeluarkan susu dengan jumlah yang fluktuatif. Pertama-tama volumenya agak sedikit semakin hari semakin banyak hingga akhirnya menurun kembali hingga pada bulan ke-10. Selama masa laktasi bobot badan sapi akan mengalami turun naik.

Sapi perah perempuan dapat beranak setahun sekali. Umumnya sapi dikeringkan terlebih dahulu 2 bulan menjelang melahirkan. Sapi perah perempuan akan terus produktif hingga umur 10 tahun. Puncak produktivitasnya ada pada umur 7-8 tahun. Sesudah melewati umur 10 tahun produksi susu akan berkurang tajam.

b. Pemerahan

Pemerahan susu biasa dilaksanakan sebanyak 2 kali dalam sehari. Masing-masing proses pemerahan berlangsung selama 5-7 menit saja. Ada bebrapa hal yang harus diperhatikan dalam memerah susu, antara lain:

  • Kandang dan peralatan perah harus betul-betul bersih.
  •  Badan sapi harus dibersihkan terlebih dahulu, tidak ada kotoran yang menempel pada sektor belakang sapi.
  •  Pemerah susunya pun harus dalam kondisi bersih, sebab susu gampang meyerap bau-bauan.
  •  Ambing susu dicuci terleih dahulu dengan air hangat, untuk meminimalkan pencemaran oleh bakteri.
Jual Karung Beras
*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips dan Trik Jitu Ternak Sapi Perah Paling Mudah dan Simpel"

Posting Komentar