HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

BeginiLah Cara Menanam Labu Kuning dengan Tepat, Penasaran?

Produsen Karung Plastik High Quality - Lim Corporation 

Labu Kuning adalah buah dari tumbuhan merambat dari suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Banyak orang yang menyelerai waluh ini dan banyak memanfaatkannya sebagai bahan makanan seperti sup, kue, bubur dan masih banyak yang lainnya. Sebab khasiat yang berjenis dari waluh ini, banyak orang yang berupaya untuk melaksanakan budidaya labu kuning ini. Berikut ialah cara budidaya labu kuning :

a. Ketentuan Tumbuh

Labu Kuning atau Waluh bisa tumbuh dengan baik pada wilayah dengan ketinggian sekitar 800-1.200 mdpl dengan mempunyai curah hujan sekitar 700-1000 mm/tahun, dan mempunyai kelembaban udara sekitar 75%. Spesies tanah yang baik untuk menanam budidaya waluh atau labu kuning ini ialah tanah aluvial berhumus, tanah gembur kering bekas rawa, andosol, tanah merah dan grumosol denan derajat keasaman atau pH tanah sekitar 5,0 hingga 6,5. Dan hal penting lainnya ialah lahan yang akan dipakai untuk budidaya mempunyai ketercukupan cahaya matahari.

Baca Juga  : 

b. Pemilihan dan Persiapan Bibit Waluh

Perbanyakan bibit tanaman waluh paling umumnya dilaksanakan dengan cara generatif atau melalui biji. Pilihlah buah calon bibit waluh yang baik yaitu buah yang berukuran besar, mempunyai warna kulit cerah dan mempunyai pangkal buah yang kecil. Buah yang sudah dipilih untuk bibit, biarkan masak di pohon kemudian sesudah masak petik buah tersebut dan diamkan selama 7 hari. Sesudah itu, buah dibelah dan diambil bijinya lali ditempatkan pada wadah, biarkan semalaman.

Biji yang sudah didiamkan selama semalaman, selanjutnya rendam biji benih dengan air dan bersihkan selaput lendir pada biji atau untuk mempermudah penghilangan selaput lendir biji, biji dapat dicampur dengan arang sekam halus saat perendaman. Bersamaan dengan perendaman laksanakan pula sortasi atau pemilihan biji benih, biji yang tenggelam dipilih untuk bibit sedangkan yang mengapung di buang.

Sesudah perendaman, selanjutnya jemur biji benih selama 2 hari hingga kering. Jika bijji telah kering segera simpan biji selama sekitar 1 hingga 3 bulan sebelum ditanam supaya menghilangkan masa dormansi biji.

Biji yang akan ditanam, sehari sebelumnya biji benih direndam dalam air hangat selama 2 hingga 4 jam, sesudah itu letakkan pada kain yang sudah dibasahi den simpan sekitar 3 hari hingga biji berkecambah. Biji yang sudah berkecambah selanjutnya bisa ditanam ke lahan tanam secara langsung.

c. Pengolahan Lahan Tanam

Laksanakan pengolahan tanah pada lahan tanam sebelum siap ditanami. Gemburkan tanah lahan dengan cara dibajak atau di cangkul sedalam 20 cm – 30cm. Laksanakan pengapuran memakai kapur pertanian atau dolomit apabila ph tanah dibawah 6, keperluhan kapur atau dolomit tersebut untuk 1 hektar lahan ialah sekitar 1 hingga 2 ton. Jika telah, laksanakan pemupukan dasar dengan memakai pupuk dasar dan diamkan selama 1 hingga 2 minggu.

Buatlah bedengan dengan ukuran lebar sekitar 1 meter, tinggi sekitar 20 cm – 30 cm, dan panjang menyocokkan lahan tanam. Jarak antar bedengan dibuat dengan jarak sekitar 35 cm – 40 cm. Jika bednan sudah siap selanjutnya laksanakan pemulsaan dengan mulsa plastik supaya kelembaban tanah tetap terjaga.


Selanjutnya, buat lubang tanam pada permukaan mulsa plastik dengan ukuran diameter sekitar 10 cm. Dalam 1 bedengan dibuat 2 baris lubang tanam dengan jarak antar lubang dalam 1 baris sekitar 40 cm dan jarak antar lubang antar baris sekitar 40 cm. Sesudah lubang tanam jadi, selanjutnya lubang tanam dikasih pupuk berupa pupuk kandang atau pupuk kompos dengan dosis sekitar 1-1,5 kg/lubang tanam. Keperluhan pupuk kandang atau pupuk kompos untuk 1 hektar lahan ialah sekitar 20 hingga 35 ton.

d. Penanaman Waluh Atau Labu Kuning

Sesudah benih dan lahan tanam siap, maka segera laksanakan penanaman. Benamkan 1 benih dalam setiap lubang kemudian tumpuk kembali dengan tanah, pembenaman tersebut jangan terlalu dalam yaitu sekitar 0,5 atau 2 cm supaya cepat tumbuh. Sesudah berumur sekitar 7 hari, benih yang tadinya berkecambah selanjutnya akan tumbuh lebih tinggi.

e. Perawatan Tanaman

Penyulaman

Sesudah tanaman berumur sekitar 7 hari maka laksanakan penyulaman pada tanaman yang mati atau tidak tumbuh dengan baik dan ganti dengan bibit yang baru.

Penyiangan

Sesudah tanaman berumur 3 hingga 4 minggu maka segera laksanakan penyiangan terhadap gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Penyiangan berikutnya dilaksanakan dengan melihat frekuensi gulma yang ada.

Pemupukan Lanjutan

Sesudah tanaman berumur 3 minggu maka laksanakan pemupukan lanjutan dengan memakai pupuk organik cair yang terbuat dari pupuk kandang yang dicampur dengan air dengan komposisi 1 Kg pupuk kandang dan 1 liter air. Tetapi pupuk tersebut dibuat dan difermentasikan selama seminggu dulu baru dipakai untuk pemupukan. Cara pemupukan dilaksanakan dengan cara menyemprotkan pupuk organik yang sudah dibuat ke lubang tanam dan juga bagian tanaman untuk setiap 1 meter persegi lahan diperlukan sekitar 1 L pupuk cair. Pemupukan iini dilaksanakan secara teratur yaitu setiap 3 bulan sekali.

Pemberian Lanjaran

Supaya melakukan perawatan lebih mudah maka kasih tanaman lanjaran. Lilitkan tanaman waluh pada lanjaran. Lanjaran tersebut terbuat dari bambu dengan ukuran 2 meter dan ketinggian 1,5 meter.

f. Pemanenan Waluh

Waluh atau Labu Kuning mulai berbuah saat berumur sekitar 60 hari sesudah tanam dan waluh bisa mulai dipanen sesudah berumur sekitar 80 hari sesudah tanam. Pemanenan bisa dilaksanakan secara berfase 1 hingga 2 bulan.

Jual Karung Laminasi
*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BeginiLah Cara Menanam Labu Kuning dengan Tepat, Penasaran?"

Posting Komentar