HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Bunga dan Daun Cabe Rontok? Beginilah Cara Mengatasinya

Produsen Karung Plastik - Lim Corporation

Menanam cabe itu Mudah-mudah sulit, gampang bagi yang telah paham dan menguasai ilmunya. Sulitnya bagi yang baru coba-coba dan belum mengerti kerumitan tanaman cabe. Masalah hama dan penyakit pada tanaman cabe sangat kompleks, sehingga bagi kita yang belum paham banyak menjumpai hambatan.

Gangguan dapat beragam, baik dari segi metode budidaya dan kondisi ataupun dari segi harga. Salah satu gangguan terbesar ialah masalah kerontokan bunga dan buah. Gugurnya bunga dan buah cabai bisa mengakibatkan menurunnya produksi buah cabai, sehingga kerugianlah yang akan kita alami. Kasus rontoknya bunga dan buah cabai kerapkali dialami oleh setiap pelaku usaha budidaya cabai, baik itu budidaya yang dilaksanakan dilahan luas ataupun di pot atau polybag.

Kerontokan bunga dan buah adalah masalah sungguh-sungguh bagi petani cabe. Karena masalah ini dapat mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit. Kerugian dapat terjadi sebab tanaman tidak berbuah dengan optimal. Maupun dikarenakan sebab metode budidaya yang tidak akurat. Misalnya pemakaian pupuk dan pestisida tidak akurat target. Sebab itu sangat dibutuhkan pengetahuan tentang metode budidaya dengan baik.

Baca Juga  : 

Penyebab Utama Kerontokan Bunga dan Buah Cabai

Sebelum kita sibuk dengan urusan kerontokan dan jalan keluarnya, langkah awal yang terbaik ialah mencari tahu penyebab kerontokan itu. Sesudah tahu penyebabnya kita akan lebih gampang untuk mencari jalan keluarnya.

Berikut ialah beberapa hal yang mengakibatkan kerontokan bunga dan buah tanaman cabe ;

1. Tanaman kekeringan,
2. Tidak memperoleh cahaya atau ternaungi,
3. Tanah terlalu lembab/basah,
4. Serangan virus CMV (cucumber mozaik virus) dan Virus Gemini,
5. Serangan hama Thrips, Tungau atau aphids,
6  Kelebihan atau kekurangan pupuk nitrogen,
7. Kekurangan unsur kalsium,
8. Kekurangan salah satu unsur mikro.
9. Serangan penyakit antraknosa

Cara Mengatasi dan Mencegah Kerontokan Bunga dan Buah Cabai

Berikut ialah tindakan yang perlu dilaksanakan untuk mencegah kerontokan bunga dan buah pada tanaman cabe ;

1. Menjaga keadaan tanah supaya tetap lembab dimusim kemarau. Dengan melaksanakan penyiraman teratur agar keperluhan air tercukupi. Sebab itu usahakan menanam cabe dilahan yang dekat dengan sumber air. Kekeringan ialah penyebab utama gugurnya bunga cabai di musim kemarau.

2. Menanam cabe pada lahan yang memperoleh sinar matahari penuh. Hindari menanam pada lahan yang dekat dengan pohon-pohon besar atau gedung. Tanaman cabai membutuhkan sinar matahari secara penuh untuk menunjang pertumbuhannya.


3. Pakailah mulsa plastik hitam perak jika menanam pada musim hujan. Mulsa plastik berperan untuk menjaga keadan tanah agar tidak terlalu basah.

4. Langkah awal yang akurat ialah mencegah penyebaran virus . Pencegahan bisa dilaksanakan dengan cara mengendalikan vektornya, yaitu kutu kebul dan aphids. Hindari menanam pada bekas atau dekat dengan  tanaman cabe dan kacang panjang.

5. Cegah sejak dini serangan hama kutu-kutuan seperti thrips, aphids atau tungau. Pakailah pestisida akurat target dan dosis sesuai rekomendasi. Untuk mengatasi hama dari spesies kutu-kutuan pakailah insektisida berbahan aktif abamectin dan profenofos.

6. Jangan memberikan pupuk nitrogen terlalu banyak. Hal ini selain mengakibatkan kerontokan bunga juga mengakibatkan tanaman sensitif terhadap penyakit yang lain. Juga jangan sampai tanaman kekurangan unsur nitrogen. Kasihkan pupuk nitrogen sesuai dengan keperluhan tanaman.

7. Pakailah pupuk kalsium sebagai pupuk dasar untuk memenuhi keperluhan kalsium pada tanaman. Atau memberikan kalsium dengan penyemprotan. Semprotkan kalsium pada saat tanaman cabai akan memasuki tahap pembungaan (generatif), laksanakan penyemprotan setiap 10 – 15 hari sekali.

8. Unsur mikro perlu dikasihkan dengan penyemprotan pupuk daun. Walaupun dibutuhkan dalam jumlah yang sangat sedikit, kekurangan unsur hara mikro juga dapat mengakibatkan kerontokan bunga. Semprotkan pupuk daun sesuai dengan dosis yang direkomendasikan.

9. Antraknosa adalah penyakit tanaman cabai yang dikarenakan oleh jamur. Penyakit ini bisa mengakibatkan gugurnya bunga dan buah cabai. Semprotkan fungisida untuk mencegah penyakit antraknosa sejak dini, yakni sejak munculnya bunga pertama. Karena jika telah parah penyakit antraknosa sangat susah dikendalikan. Untuk mengendalikan penyakit antraknosa pakailah fungisida berbahan aktif mancozeb bergabtian dengan propinep.

Jual Karung Beras
*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bunga dan Daun Cabe Rontok? Beginilah Cara Mengatasinya "

Posting Komentar