HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Begini Cara Pembuatan Arang Sekam yang Baik dan Benar

Jual Karung Plastik Harga Pabrik - Lim Corporation

Arang sekam adalah hasil dari olahan lanjutan sekam padi. Pada beberapa daerah ada juga yang menyebutnya dengan nama berambut ataupun dedek persak ini ternyata amat berguna dalam budidaya di lahan pertanian. Terdapatnya sifat porous serta bisa mengikat air dari arang sekam sendiri, banyak orang yang memanfaatkan guna campuran media tanam antara lain seperti media tanam guna budidaya tumbuhan hias.

Guna pembibitan tumbuhan, budidaya tumbuhan hidroponik sistem irigasi tetes, serta pula bisa dipakai untuk bahan pelapis ataupun coating pupuk guna mengurangi peningkatan keracunan tanah sebab pupuk ataupun juga pestisida. Kandungan senyawa karbon yang cukup tinggi pada arang sekam ini yang mengakibatkan arang sekam bisa dipakai guna sterilisasi racun pada dalam tanah.

Ketika dahulu, limbah pertanian seperti sekam padi tersebut belum banyak yang ingin menggunakannya. Umumnya, rata-rata hanya digunakan oleh ibu-ibu di dapur guna membantu memasak supaya irit kayu bakar. Jika di penggilingan padi, sekam padi ini menggunung hingga bingung guna membuangnya kemana.

Tetapi kini, sekam sudah mulai banyak dimanfaatkan untuk dijadikan bahan bakar guna pembuatan tahu serta tempe, bahan bakar serta juga campuran proses pembuatan batu bata, bahan campuran pada pembuatan pupuk organik ataupun kompos, pemanfaatan terbarunya ialah dijadikan briket arang sekam serta pula bisa dipakai untuk media tanam guna budidaya tanaman hidroponik.

Baca Juga : 

Ada berbagai banyak cara membuat arang sekam, supaya hasil maksimal dan berkualitas. Berikut akan dijelaskan tips dan trik sederhana serta efektif guna membuat arang sekam sendiri dan tentunya bisa Anda praktekkan tanpa perlu susah-susah.

Terdapat 2 tahapan serta juga 1 tahapan yang digunakan guna mempersiapkan bahan-bahan membuat arang sekam, tahapan berikutnya yakni tahap penyiapan alat pembakaran serta tahap proses pembakaran sekam padi. Yang pertama seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahan-bahan guna membuat arang sekam, sebagai berikut :

1. Bahan - Bahan Yang Diperlukan

Untuk bahan-bahan yang dibutuhkan ketika ingin membuat arang sekam, sudah pasti ialah arang sekam padi yang mentah, bahan ini gampang untuk diperoleh kalau Anda bertempat tinggal pada daerah yang banyak terdapat para petani menanam padi. Limbah dari hasil buangan penggilingan padi termasuk suatu bahan utama guna membuat ataupun memproduksi arang sekam padi.

Tak hanya sekam mentah, pasti Anda juga memerlukan bahan tambahan seperti contoh : air, koran bekas atau kardus, oli bekas ataupun sejenisnya. Beberapa bahan tersebut termasuk ke dalam bagian dari proses guna membuat arang sekam padi atau sekam bakar.

2. Pembuatan Alat Pembakaran

Guna membuat alat pembakaran sendiri, Anda bisa membuatnya dari bahan seperti plat seng yang dilengkungkan atau dibulatkan sampai membetnuk seperti silinder yang menyerupai cerobong asap dengan panjang kira-kira 1 meter dengan diamater sekitar 17 cm, Ukuran seperti itu didapatkan oleh hasil survei dari beberapa yang membeli bahan plat seng yang berasal dari toko material dengan ukuran yang panjangnya sekitar 100 cm x lebar yakni 55 cm x tebal yakni 0,2 mm. Jika ada yang sedikit lebih tebal, itu malah lebih baik dan bagus sebab pipa pembakaran ini tentunya harus bisa tahan dari panas.

Selanjutnya, beralih ke pipa, beri lubang ke seluruh bagian sisi dari pipa tadi yang berguna untuk ventilasi udara agar kelak api di dalamnya tadi tak padam serta berguna juga sebagai lubang guna lidah api agar api dari dalam dapat membakar tumpukan-tumpukan sekam dari dalam tepatnya di tengah gundukan si sekam padi. Cara pembuatan lubang-lubang tadi perlu dikerjakan sebelum akan dibentuk jadi pipa silinder. Buat jarak pada lubang-lubang tersebut sekitar 3 cm x 3 cm dengan paku “10 ataupun kira-kira diameter sekitar 5 mm.


Untuk bagian yang masih tajam dari lubang tadi, Anda perlu mengarahkannya keluar, sama halnya dengan parutan kelapa. Ini dimaksudkan agar lidah api bisa menjulur keluar, sebab jika bagian tajamnya mengarah ke bagian lidah api tak bakal sampai menjulur keluar. Pipa ini bakal berguna untuk cerobong asap dan juga ruang untuk pembakaran. Rekatkan kedua ujung dari plat seng tersebut dengan cara dikelilingi lalu di berikan pengunci seperti menyerupai steples, maka bentuk pipa ini bisa stabil serta bisa berdiri tegak dan lurus membentuk sebuah silinder.

3. Proses Pembakaran

Mula-mula, pilih lokasi pembakaran yang agak jauh dari pemukiman, rumah atau jalan, sebab proses pembakaran sekam padi ini bakal menimbulkan suatu kepulan asap yang tebal. Selanjutnya pilih alas pembakran, lebih baik alas untuk tempat pembakaran yang terbuat dari lantai yang keras yang tahan akan panas, ataupun alasi di bagian bawahnya dengan plat seng sebelum akan mengerjakan proses pembakaran. Hal tersebut guna memudahkan ketika mengambil hasil dari pembakaran.

Buat suatu gundukan ataupun tumpukan sekam yang mengitari pipa pembakaran tersebut, yang mana pipa tadi harus benar-benar berdiri tegak serta berada di bagian tengah gundukan sekam padi.

Lalu, masukkan beberapa koran bekas maupun kardus bekas ke dalam pipa pembakaran tersebut, kemudian berikan sedikit oli bekas atau semacamnya guna memudahkan tahapan proses pembakaran, lalu nyalakan api. Perlu diingat, pemberian oli jangan terlalu banyak, jika kebanyakan nanti bakal sulit untuk menyalakan apinya serta juga akan banyak mengeluarkan asap tebal.

Sesudah waktu berjalan sekitar 20-30 menit ataupun ketika puncak timbunan pada sekam padi nampak sudah menghitam, segera naikkan sekam yang masih coklat di bawah ke bagian atas puncak.

Kerjakan terus menerus hingga seluruh sekam padi sudah terlihat menghitam sempurna. Sesudah seluruh sekam berubah menjadi warna hitam, siramlah dengan air sampai merata. Penyiraman dimaksudkan agar menghentikan proses pembakaran yang sedang berlangsung. Jika proses pembakaran tak dihentikan, maka sekam bakal berubah menjadi butiran abu.

Sesudah disiram serta suhunya mulai menurun, bongkar bagian gunungan arang sekam lalu keringkan. Selanjutnya masukkan ke dalam karung yang sudah disiapkan sebelumnya dan lalu simpan di area atau tempat yang kering.

Produsen Karung Laminasi
*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Begini Cara Pembuatan Arang Sekam yang Baik dan Benar"

Posting Komentar