HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Pengertian Jerami Amoniasi dan Cara Penggolahanya Untuk Pakan Ternak

Produsen & Distributor Karung Beras - Lim Corporation

Pakan hijaun yang tersedia secara berkelanjutan, dan berkualitas dengan nutrisi tinggi ialah sesuatu yang perlu diutamakan dalam peningkatan hasil dari ternak ruminansia, khususnya sapi. Adalakalanya musim di Indonesia ialah musim kemarau yang berkepanjangan, jadi peternak sangat kesusuhan dalam menyediakan pakan hijuan, sehingga kita sebagai peternak harus mencari pakan selain pakan hijaun, disini salah satu teknologi sederhana yakni Amoniasi Jerami untuk pakan ternak.

Negara kita, Indonesia adalah khususnya di wilayah Sumatera, memeliki lahan pertanian yang masih cukup luas, pastinya ini ialah salah satu hal yang memeliki hasil berupa limbah pertanian berupa jerami padi yang melimpah. Namun kita harus menghambat memberi pakan jerami padi pada ternak sapi kita, sebab nilai gizinya yang rendah, serat kasar (SK) yang tinggi, dan proteinnya nya rendah, serta daya cernanya yang rendah. Dengan demikian untuk meningkatkan kualitas zat gizi dari jerami, kita hanya memberi sedikit gesekan teknologi yang sederhana seperti yang disebut diatas yaitu Amoniasi Jerami.

Baca Juga  : 

Jerami padi adalah salah satu limbah pertanian yang potensial untuk dimanfaatkan sebagai pakan ternak ruminansia. Amoniasi adalah suatu cara pengolahan jerami padi secara kimiawi dengan memakai gas amonia.

Cara Pengolahan Amoniasi Jerami

Pada prinsipnya, kita menambah amoniak pada jerami padi (Jerami Amoniasi), supaya memecahkan ikatan lignin Selulosa, ikatan yang sangat kuat sehingga rumit untuk dicerna oleh sapi, menjadi karbohidrat yang sederhana, sehingga jerami yang sudah diamoniasi akan gampang dicerna oleh ternak.

Khasiat amoniasi di antaranya bisa mengubah bentuk dan warna jerami yang semula keras berubah menjadi lunak dan rapuh. Warna berubah dari kuning kecokelatan menjadi cokelat tua. Lalu, meningkatkan kadar protein, serat kasar, energi bruto (GE), namun menurunkan kadar bahan ekstrak tiada nitrogen (BETN) dan dinding sel.

Proses amoniasi juga meningkatkan bahan kering, bahan organik, dinding sel, nutrien tercerna total, energi tercerna, dan konsumsi bahan kering jerami padi. Nah, berikut ini langkah-langkah yang harus dilaksanakan dalam membuat amoniasi urea jerami padi.

Bahan dan alat

- Jerami padi
- Urea
- Air
- Timbangan
- Plastik
- Ember
- Alat Pemotong Jerami
- Sendok
- Alat penyiram


Cara membuat

Jerami padi ditimbang sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan, kemudian dipotong-potong dengan ukuran sekitar 5—10 cm. Ditambahkan urea sebanyak 6 persen dari bobot jerami padi yang dipakai. Misalnya, jumlah jerami padi yang diolah sebanyak 50 kilogram, urea yang diperlukan sebanyak 6% × 50 kg = 3 kg. Siapkan air bersih sebanding dengan jumlah jerami padi yang dipakai. Misalnya, jerami padi 50 kg, dibutuhkan air 50 liter.

Siapkan silo yang bisa dibuat dengan lubang di tanah yang dicocokkan dengan jumlah jerami padi yang diolah. Selain itu, bisa pula dipakai drum atau kantong plastik. Sebelum jerami ditumpuk alas pada dasar wadah dikasih plastik. Selanjutnya, jerami padi yang sudah diiris-iris dimasukkan ke lubang silo (bisa juga memakai wadah plastik, drum, lantai semen) sehingga membentuk lapisan dengan setebal 10—20 cm.

Lalu, setiap lapisan disemprot dengan larutan urea secara menyeluruh dan sesudah itu disemprot dengan air bersih. Jerami padi dijajar sedemikian rupa sehingga membentuk tumpukan ke atas. Sesudah penumpukan jerami selesai, ditutup dengan rapat memakai plastik dan disimpan selama empat minggu (21 hari).

Sesudah penyimpanan, tutup dibuka, dikeringanginkan dan jerami padi amoniasi bisa dipakai sebagai pakan ternak ruminansia. Proses amoniasi bila sempurna ditandai bentuk jerami relatif lebih mudah putus, berwarna kuning tua atau cokelat dan bau amonia. Untuk mengurangi bau amonia, jerami harus dianginkan hingga selama 1—2 jam sebelum dikasihkan pada ternak.

Jual Karung Beras
*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Jerami Amoniasi dan Cara Penggolahanya Untuk Pakan Ternak"

Posting Komentar