HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Efektif Budidaya Kelapa Kopyor Untuk Pemula

Produsen Karung Polos di Sidoarjo - Lim Corporation

Kelapa kopyor ialah varietas kelapa yang mengalami mutasi genetik secara alamiah. Kelapa berbuah kopyor adalah mutan kelapa yang ditemukan di antara penduduk kelapa normal. Kelapa kopyor menjadi komoditas andalan yang bernilai ekonomi tinggi, ciri kelapa kopyor yaitu mempunyai daging buah yang berbentuk gembur dan sebagian besar tidak menempel di tempurungnya.

Terdapat 2 varietas tanaman kelapa kopyor yaitu tipe Dalam dan tipe Genjah. Perbedaannya keduanya yaitu tipe dalam mempunyai khas batang besar, mempunyai bol pada pangkal batang, mulai berbunga pada umur 5-7 tahun, buahnya berukuran cukup besar tetapi jumlahnya sedikit dan mempunyai keragaman genetik yang tinggi sebab bunganya menyerbuk silang sehingga peluang bertemunya gen resisif pada bunga perempuan dan serbuk sari relatif kecil. Secara alami, jenis tanaman kelapa kopyor dalam hanya menghasilkan buah kopyor 1-2 butir/tandan. Kelapa kopyor tipe dalam ini banyak ditemukan di Kalianda (Lampung Selatan), Ciomas (Bogor), Sumenep dan Jombang (Jawa Timur) dan Pati (Jawa Tengah).

Baca Juga  : 

Sedangkan kelapa kopyor tipe genjah mempunyai batang lebih kecil, tidak mempunyai bol, mulai berbuah pada umur 3-4 tahun, buah berukuran lebih kecil namun banyak. Kelapa kopyor tipe genjah menghasilkan lebih banyak buah kopyor per tandanya, terkadang dapat mencapai 50% hal ini sebab kelapa tipe genjah termasuk tanaman menyerbuk sendiri sehingga peluang bertemunya gen resisif pada bunga perempuan dan serbuk sari lebih besar. Kelapa kopyor jenis genjah ini banyak ditemukan di Pati (Jawa Tengah) yang tersebar di beberapa kecamatan seperti Dukuhseti, Margoyoso, Tayu, Wedarijaksa, Gembong dan Terangkil.

Buah kelapa kopyor tipe dalam terdiri atas 3 jenis warna kulit buah yaitu hijau, hijau kekuningan dan coklat, sedangkan buah kelapa kopyor tipe Genjah terdiri atas 5 warna, yaitu hijau, hijau kekuningan, coklat tua, coklat muda, kuning, (gading wulan) dan orange (gading). Berdasarkan tipe buah, kelapa kopyor dengan daging buah yang tebal dan buahnya berwarna hijau dan coklat mempunyai rasa yang lebih enak dan gurih.

Cara Budidaya Kelapa Kopyor
Persiapan Bibit Kelapa Kopyor

Perbanyakan bibit kelapa kopyor bisa dilaksanakan secara generatif yaitu kelapa kopyor dapat didapat melalui penanaman kembali buah kelapa normal yang dijadikan sebagai bibit pohon kelapa yang berbuah kopyor. Akan tetapi, cara ini kurang ampuh sebab jenis buah kelapa kopyor dalam satu pohon yang dihasilkan sangat sedikit.

Ada cara modern yang sudah dilaksanakan untuk perbanyakan bibit kelapa kopyor ini yaitu perbanyakan secara in vitro yaitu dengan menumbuhkan embrio dari buah kopyor pada media tumbuh buatan dalam kondisi aseptik di laboratorium. Tanaman yang dihasilkan dengan cara ini akan menghasilkan 90-100% buah kopyor. Sebetulnya, cara ini telah dilaksanakan oleh Balai Penelitian Bioteknologi Perkebunan Indonesia (BPBPI) dan hasil bibitnya juga telah dipasarkan sehingga dapat dimanfaatkan oleh para pembudidaya. Tanaman kelapa kopyor melalui perbanyak dengan cara in vitro telah banyak di tanam di Ciomas (Bogor), Riau, dan Kalimantan Timur.

Penanaman Kelapa Kopyor

Jika bibit telah siap maka bisa dilaksanakan penanaman yaitu memindahkan bibit ke lahan atau kebun. Perlu diketahui, pada pemindahan bibit kelapa kopyor yang terlalu muda atau kurang dari 8 bulan akan mempunyai efek kematian bibit, sedangkan pemindahan bibit kelapa kopyor yang terlalu tua atau lebih dari 1 tahun akan berakibat mengalami stagnasi atau berhenti tumbuh sementara sehingga menghambat pertumbuhan. Untuk itu bibit kelapa kopyor yang sempurna untuk ditanam yaitu berumur 8 bulan-1 tahun.


Sebaiknya, bibit kelapa kopyor ditanam di areal yang tidak berdekatan dengan kelapa biasa, minimal jarak 500 meter. Untuk mencapai produksi maksimum dianjurkankan pula ditanam pada lahan dengan ketinggian di bawah 200 meter dan jarak tanam yang dipakai yaitu 9 meter x 9 meter atau 10 meter x 10 meter dengan pola segitiga. Penduduk pohon antara 100-140 pohon per hektar lahan.

Penanaman bibit kelapa kopyor ini sebaiknya dilaksanakan di akhir musim penghujan dan mendekati musim kemarau.

Pemeliharaan Kelapa Kopyor

Sesudah penanaman, laksanakan pemeliharaan sebab ini penting. Pemeliharaan dilaksanakan dengan memberikan pupuk pada lubang tanam dengan memakai kompos atau pupuk kandang. Pemberian pupuk ini bertujuan untuk menunjang pertumbuhan bibit sebab akan menyediakan nutrisi dan zat-zat tumbuh. Selain itu, upayakan bibit mendapat intensitas cahaya matahari sekitar 50%.

Jaga suapaya lingkungan tidak kering dengan cara melaksanakan penyiraman secara intensif, namun jika pohon telah tumbuh dan daun telah mekar maka tidak perlu perawatan intensif lagi.

Salah satu hama yang kerap menyerang tanaman kelapa kopyor ialah hama kumbang. Hama tersebut menyerang dengan menggerogoti pohon hingga buah sehingga sangat mengganggu produktivitas. Pengendalian hama ini atau lainnya dapat memakai insektisida secukupnya.

Pemanenan Kelapa Kopyor

Memanen buah kelapa kopyor bisa dilaksanakan dengan beberapa cara berikut ini, diantaranya yaitu:

1. Buah kelapa dibiarkan jatuh. Kekurangan cara ini yaitu buah yang jatuh telah lewat masak, sehingga tidak sesuai detail permohonan yang diperlukan.

2. Dipanjat. Pemanenan ini bisa dilaksanakan saat musim kemarau saja. Tetapi keuntungan memakai cara ini yaitu bisa membersihkan mahkota daun; bisa memilih buah kelapa siap panen dengan kemampuan rata-rata 25 pohon per orang. Kelemahannya cara ini yaitu merusak pohon, sebab harus membuat tataran untuk berpijak. Di beberapa wilayah di Sumatera, kerap kali pemetikan dilaksanakan oleh kera (beruk). Kecepatan pemetikan beruk yaitu 400 butir sehari dengan masa istirahat 1 jam, tetapi beruk tidak dapat membersihkan mahkota daun dan selektivitasnya kurang.

3. Dengan galah. Pemanenan kelapa kopyor memakai bambu yang disambung dan ujungnya dipasang pisau tajam berbentuk pengait ini mempunyai kemampuan pemetikan rata-rata 100 pohon/orang/hari.

Produsen Karung Plastik 
*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Efektif Budidaya Kelapa Kopyor Untuk Pemula"

Posting Komentar