HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Komponen Utama Budidaya Kangkung dengan Hemat dan Benar

Distributor & Produsen Karung Plastik Polos - Lim Corporation

Budidaya kangkung darat bisa dilaksanakan baik didataran rendah ataupun dataran tinggi. Untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, budidaya kangkung darat harus memperoleh curah hujan dan sinar matahari yang cukup. Kangkung darat dapat diperbanyak dengan biji dan stek. Tetapi khusus untuk kangkung darat, para petani biasa melaksanakannya dengan biji.

Penyiapan benih untuk budidaya kangkung

Untuk mendapatkan tanaman yang baik, pastinya harus dilaksanakan pemilihan benih yang baik pula. Terdapat beberapa benih unggul kangkung yang terkenal seperti varietas Sutera dan Bangkok. Benih sutera adalah benih yang diintroduksi dari kangkung Hawaii oleh Departemen Pertanian pada tahun 1980-an. Tetapi yang banyak beredar sekarang ini ialah kangkung keluaran Bisi dan Panah Merah serta kangkung asal Jawa Timur seperti Sidoarjo. Agak susah untuk menelusuri jenis-jenis kangkung yang beredar dipasaran.

Benih kangkung darat yang baik ialah benih yang daya tumbuhnya lebih dari 95 persen dan tumbuhnya tegak setidaknya hingga umur 8 minggu. Sebab kangung darat yang tumbuh menjalar tidak begitu diselerai pasar. Upayakan jangan memakai benih yang sudah disimpan lebih dari satu tahun. Sebab produktivitasnya akan menurun.

Pengolahan lahan dan pemupukan dasar

Pada budidaya kangkung darat  tanah harus diolah dengan dicangkul supaya gembur lalu buat bedengan dengan lebar 1 meter dan panjang menyesuaikan dengan petak lahan. Jarak antar bedengan 30-40 cm, perannya sebagai saluran drainase dan jalan untuk pemeliharaan dan pemanenan.

Baca Juga  : 

Untuk budidaya kangkung organik, siapkan pupuk dasar dari varietas pupuk organik, dapat memakai pupuk kandang yang sudah matang atau pupuk kompos. Pupuk kandang lebih simple sebab tidak perlu menyiapkannya secara sungguh-sungguh, cukup mendiamkannya hingga kering sebelum dipakai. Sementara penyiapan pupuk kompos relatif lebih lama. Apabila memakai pupuk kandang, lebih baik pilih kotoran ayam dibanding kotoran kambing atau sapi. Sebab kotoran ayam lebih cepat terurai, sehingga sesuai dengan tanaman kangkung yang bersiklus panen cepat. Tebarkan pupuk tersebut di atas bedengan, kira-kira 10 ton per hektar. Lalu diamkan selama 2-3 hari.

Penanaman

Penanaman pada budidaya kangkung darat bisa ditebar langsung  atau ditugal. Sementara itu, cara disemaikan dan kemudian dialih tidak terlalu ekonomis untuk budidaya kangkung darat.  Cara ditebar langsung dilaksanakan dengan menebarkan benih di atas bedengan. Cara ini cukup cepat dan sesuai dilaksanakan ditempat yang kurang orang atau ongkos tenaga kerja mahal. Kelemahan cara ini ialah boros pada pemakaian benih, sebab dapat menghabiskan 5-10 kilogram benih per hektar. Cara ini membutuhkan pekerja yang terampil supaya hasil tebar menyeluruh. Hanya saja susah untuk mendapatkan kepadatan penduduk tanaman yang sempurna. Dimana kepadatan sempurna bagi tanaman kangkung ialah 50.000 pohon per hektar.

Cara yang kedua yaitu, dengan ditugal. Enaknya dengan cara ini kita dapat mengatur jarak tanam sehingga dapat didapatkan kerapatan penduduk tanaman yang sempurna. Jarak antara lubang tugal ialah 10 x 5 cm, setiap lubang diisi 2-3 biji benih. Hanya saja dengan cara ini diperlukan lebih banyak tenaga kerja sebab pekerjaannya akan lebih lama.  Penugalan tidak perlu terlalu dalam, sebab budidaya kangkung darat tidak membutuhkan perakaran yang terlalu kuat.

Pemeliharaan dan pemupukan lanjutan

Dalam budidaya kangkung darat tidak dibutuhkan pupuk yang serius. Kangkung darat adalah tanaman yang tahan pada keadaan kesuburan tanah sedang. Sebetulnya pemupukan awal telah cukup untuk memberikan nutrisi pada tanaman hingga siap panen. Tetapi hal ini sangat tergantung pada keadaan kesuburan tanah masing-masing. Tanah yang sebelumnya bekas ditanami tumbuhan kacang-kacangan relatif tidak membutuhkan pupuk tambahan cukup dengan pupuk organik dasar yang sudah dikasihkan diawal.

Hanya saja apabila tanaman tampak kurang subur yang ditandai dengan warna hijau yang pudar perlu dilaksanakan pemupukan tambahan. Kangkung darat sangat responsif terhadap nitrogen. Apabila dibutuhkan dapat dikasihkan pupuk organik kaya akan nitrogen seperti kotoran ayam yang sudah matang bercampur sekam atau kompos yang kaya nitrogen.


Pemeliharaan selanjutnya yang harus diperhatikan ialah penyiraman. Kangkung darat membutuhkan banyak air untuk tumbuh. Tetapi apabila curah hujan terlalu tinggi, daun yang dihasilkan akan jelek. Pada musim kering perlu penyiraman yang teratur, setiap pagi dan sore hari. Jika tanaman tampak layu dan menguning disiang hari, laksanakan juga penyiraman dengan intensitas yang cukup. Kurangnya intensitas penyiraman di siang hari terik dapat membuat tanaman mati.

Hal selanjutnya ialah penyiangan, walaupun kangkung adalah tanaman siklus cepat adakalanya tanaman muda kalah bersaing dengan rumput. Terutama saat penebaran benih awal, pertumbuhan dari benih menjadi tanaman relatif agak lama sehingga potensi tersalip gulma cukup tinggi. Apabila terjadi hal seperti ini, gulma tersebut harus cepat disingkirkan dengan dicabut.

Hama yang biasa menyerang kangkung antara lain belalang, ulat grayak (Spodotera Litura) dan kutu daun  dari (jenis Myzus Persicae dan Aphyds Gossypii). Gejala serangan ulat grayak ialah daun bolong-bolong dan pinggiran dau bergerigi bekas gigitan. Sedangkan kutu daun membuat tanaman kerdil dan dau melengkung. Sebab kutu daun menyerap cairan dari tanaman.

Sementara itu penyakit yang umumnya menyerang ialah penyakit karat putih (Albigo Ipomoeae Panduratae). Bila terserang penyakit ini akan muncul bercak putih pada daun lalu akan semakin meluas.  Dalam budidaya kangkung darat organik, penanganan hama harus dilaksanakan secara terpadu. Untuk mengurangi akibat serangan hama dan penyakit, perlu dilaksanakan pergantian tanam, mengatur jarak tanam dan melaksanakan penyiraman yang akurat. Atau bila terpaksa dapat memakai pestisida hayati seperti daun nimba, gadung, dan sereh wangi.

Panen dan pemasaran

Budidaya kangkung darat dari awal sebar hingga panen memakan waktu 30-45 hari. Pemanenan dapat dilaksanakan dengan dua cara dipotong dan dicabut. Khusus untuk kangkung organik, sebaiknya pemanenan dilaksanakan dengan dicabut. Sebab minat pasar kangkung organik, yakni pasar-pasar moderen, lebih memilih tanaman kangkung yang lengkap dengan akarnya. Pemanenan dengan cara dicabut akan menghasilkan tanaman kangkung sebanyak 23 ton per hektar.

Sebelum di kemas dan dikirim ke pasar, seharusnya kangkung yang sudah dicabut dibersihkan dulu dari tanah. Pencucian dilaksanakan dengan air mengalir atau air bersih supaya terhindar dari kontaminan-kontaminan berbahaya. Tempatkan kangkung di tempat yang lembab dan jangan tersengat sinar matahari langsung.

Berbeda dengan hasil budidaya konvensional, budidaya kangkung darat organik akan menghasilkan produk organik yang bersih dari kontaminan zat kimia berbahaya. Oleh sebab itu, produknya cenderung memeliki harga yang lebih tinggi. Sebaiknya jangan dijual langsung kepada para pengepul yang umumnya telah siap mengambil langsung dari lahan. Apabila strategi pemasarannya kita jalankan, bukan tidak mustahil keuntungan yang didapat juga lebih besar.

Jual Karung Beras
*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Komponen Utama Budidaya Kangkung dengan Hemat dan Benar"

Posting Komentar