HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Panduan Terlengkap Cara Menanam Lidah Mertua dengan Mudah

Distributor Karung Plastik Murah - Lim Corporation

Teknik penanaman tanaman hias lidah mertua dapat dilakukan dengan penanaman bibit jadi, ataupun melalui peranakan yang tentunya membutuhkan waktu lebih lama. Sebagaimana yang diketahui bahwa lidah mertua yang memiliki nama latin Sansevieria merupakan salah satu tanaman hias yang cukup populer di Indonesia. Tanaman hias yang memiliki ciri-ciri daun menjulur ke atas dengan ujung runcing, keras dan kaku dengan warna belang antara hijau tua dan muda dan pinggiran daun berwarna kuning ini pada umumnya digunakan sebagai tanaman hias dengan media pot.

Cara Mudah Menanam Tanaman Lidah Mertua

Sebelum anda mulai menanam lidah mertua ini ada beberapa hal yang harus anda perhatikan yang antara lain adalah sebagai berikut:

Pemilihan Pot

Pemilihan pot ini harus disesuaikan dengan bentuk dan jenis tanaman lidah mertua, semakin besar tanaman, maka pot yang anda gunakan juga harus semakin besar dan tinggi. Pot yang dapat anda gunakan pun beraneka ragam, dari yang berbahan plastik, semen, tanah liat hingga keramik. Setiap material pot, memiliki kelebihan masing-masing. Pot dari tanah liat ataupun semen, memiliki kelebihan dalam penyerapan air, sehingga lebih bagus untuk tanaman, namun pot jenis ini relatif lebih mahal. Sedangkan pot berbahan plastik lebih murah namun kurang dapat menyerap air, sehingga diperlukan lubang pembuangan yang berfungsi untuk membuang kelebihan air. Kekurangan penyerapan air juga terdapat pada pot berbahan keramik, hanya saja pot berbahan keramik menawarkan penampilan yang indah menawan.

Baca Juga  : 

Media Tanam

Pada umumnya, tanaman hias lidah mertua merupakan tanaman yang memiliki karakteristik kering dan tidak menyukai kelebihan air. Sehingga pemilihan media tanam ini harus memperhatikan karakteristik tersebut serta memperhatikan unsur hara yang cukup. Untuk media tanam ada dua komposisi berdasarkan pengelompokan jenis tanaman yakni terdiri dari media tanam untuk varietas lidah kucing yang membutuhkan cukup air, dan varietas kering. Untuk varietas pertama, Anda dapat menyiapkan pasir malang, sekam bakar dan pupuk organik dengan komposisi 1:1:1. Sedangkan untuk varietas kering seperti lidah mertua berdaun silindris anda dapat mencampurkan pasir malang, sekam bakar dan pupuk organik dengan komposisi 2:1:1.

Penyiraman

Seperti yang telah dikemukakan di atas, tanaman hias lidah mertua merupakan tanaman yang menyukai media kering, sehingga penyiraman dilakukan seperlunya saja untuk memenuhi kebutuhan air pada media tanam. Selain itu agar tanaman dapat tumbuh dengan baik, sesekali waktu anda dapat mengeluarkan tanaman agar terkena sinar matahari.

Pemupukan

Selain penyiraman, pemberian pupuk juga diperlukan untuk mempercepat pertumbuhan. Untuk pupuk yang digunakan merupakan jenis pupuk yang tidak mudah larut, anda dapat menggunakan pupuk NPK 15-15-15 setiap tiga bulan sekali dengan ukuran 1 sendok untuk pot berdiameter 15 cm. Selain pupuk NPK Anda juga dapat memberikan pupuk kompos atau pupuk daun 1 minggu sekali.

Repoting Tanaman

Tanaman lidah mertua, merupakan tanaman yang berkembang biak dengan tunas, apabila tanaman ini terus berkembang biak, maka pot akan terlihat penuh dan sesak oleh tanaman. Untuk itu perlu dilakukan repoting atau penggantian pot dengan mengganti media tanam, dan memisahkan tunas baru dari tanaman induk untuk menjaga keindahannya.

Teknik Budidaya Tanaman Lidah Mertua

Bagi anda yang hendak membudidayakan atau memperbanyak tanaman lidah mertua caranya sangatlah mudah. Proses pembudidayaan tanaman ini dapat dilakukan dengan tiga cara, yakni pemisahan tunas, stek daun dan stek pucuk daun.


Memperbanyak tanaman lidah mertua dengan pemisahan tunas
Tanaman lidah mertua akan mulai bertunas apabila usianya mencapai 1 tahun. Pemisahan tunas dari tanaman induknya ini dapat dilakukan setelah tunas berumur 2-4 bulan dengan tahapan sebagai berikut:

1. Pilih tanaman induk yang rimbun, untuk mendapatkan beberapa tunas.
2. Keluarkan semua tanaman dari pot, bersihkan media tanam dengan tanaman dengan cara diketok pelan.
3. Ambil tunas yang memiliki daun minimal 3 helai, potong dengan pisau yang tajam, selanjutnya olesi bekas potongan dengan pestisida.
4. Setelah pemisahan tunas selesai, masukkan tanaman kembali pada pot baru yang telah disediakan.
5. Sebelum ditanam, isi 3/4 pot dengan media tanam, letakkan tunas tanaman dan tambahkan media tanam hingga memenuhi bagian pot.
6. Selanjutnya tambahkan pupuk NPK.
7. Terakhir siram tanaman hingga air mengalir dari dalam pot, dan letakkan di tempat yang teduh.

Memperbanyak tanaman lidah mertua dengan stek daun

Cara memperbanyak tanaman lidah mertua dengan cara stek daun ini sama seperti tanaman hias lainnya, yakni dengan memilih indukan yang ukurannya cukup besar, sehat dan cukup umur, pilih daun yang paling tua, dan tancapkan pada pot yang telah diisi media tanam. Namun untuk cara ini, anda juga harus menyesuaikan jenis tanaman lidah mertua, karena setiap jenis tanaman ini memiliki karakteristik daun yang berbeda. Untuk jenis tanaman yang memiliki karakteristik daun panjang dan keras, daun dapat dipotong menjadi beberapa bagian dengan ukuran 10 cm, sedangkan untuk jenis tanaman lidah mertua yang memiliki daun pendek, pada penyetekan daun dilakukan setiap helai untuk satu tanam. Siram tanaman hingga mengalir dari dalam pot, selanjutnya letakkan tanaman stek ini ditempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung.

 Memperbanyak tanaman lidah mertua dengan stek pucuk

Untuk cara yang ketiga ini proses pembudidayaan dilakukan dengan memisahkan tunas yang baru tumbuh. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terutama terkait dengan proses pemotongan pucuk tunas. Pilih tanaman indukan yang telah cukup umur, paling tidak telah memiliki 12 helai daun, pilih tunas yang memiliki 4 helai daun, selanjutnya potong bagian pucuk tanaman secara perlahan, jangan sampai daun terlepas satu sama lain. Diamkan pucuk tunas selama 2 hari di tempat yang kering, Dan terakhir tanam potongan pucuk di media tanam. Siram tanaman secukupnya, dan pindahkan ke tempat yang teduh.

Jual Karung Plastik 
*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Terlengkap Cara Menanam Lidah Mertua dengan Mudah"

Posting Komentar