HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Teknik Menanam Buah Duku Bagi Pemula Agar Cepat Panen

Distributor Karung Polos Trasparan - Lim Corporation

Duku sangat gampang sekali kita budidayakan, selain untuk menambah penghasilan kita dalam berbudidaya, pemeliharaanpun tidak begitu susah dan tidak membuang waktu kita.

Pada dasarnya permohonan pasar pada buah duku sangat besar sekali, tetapi perlu kita mengerti selera konsumsi pasaran kita hanya setengah saja yang mengerti pentingnya buah dan sayur.

Sebelum anda memulai lebih jauh, tentukan anda telah menentukan ini untuk budidaya dikonsumsi oleh keluarga atau untuk bisnis. Terserah anda tujuan nya seperti apa, tetapi saya rasa peluang untuk penanaman untuk sekala bisnis dapat juga anda laksanakan.

Baca Juga : 

Yang harus diperhatikan untuk budidaya duku :

1. Ketahui Ketentuan tumbuh
2. Pilih jenis yang unggul
3. Siapkan lahan persemaian dan lahan tanam
4. Tanam pada lahan dan pemberian pupuk harus rutin
5. Perawatan dan pencegahan hama dan penyakit Duku

Dari berbagai macam dataran di indonesia sangat memungkinkan sekali tanaman indonesia dapat tumbuh subur, tetapi kita harus mengetahui secara berfase.

1. Ketentuan tumbuh

Duku dapat tumbuh dan menghasilkan buah di dataran rendah hingga ketinggian 600 m dpl. Jenis tanah yang cocok ialah tanah latosol, podsolik kuning, atau kalau tidak ada aluvia juga masih sesuai.

Tanaman duku lebih senang tumbuh ternaungi, jadi jangan tekjub jika anda melihat beberapa tanaman duku yang ditanam di pekarangan rumaha atau tumbuh bersama tanaman tahunan lainnya.

Duku sangat toleran sekali terhadap kadar garam tinggi, asalkan kandungan pada tanah ini mengandung banyak bahan organik, dan sangat toleran terhadap keadaan kering. Jika anda menanam dengan keadaan tanah yang berpasir, mungkin penanaman duku kurang sesuai, dapat saja kita laksanakan dengan memberikan bahan organik dan jangan sampai anda terlambat untuk menyiramnya.

2. Jenis unggul

Jujur saja saya tidak mengetahui puluhan macam jenis duku yang ada di indonesia. Tetapi yang harus kita kembangkan untuk mencapainya ialah kualitasnya. Yang saat ini sudah dilepas oleh kementrian dan diuji oleh perusahaan suasta ialah : rasuan (duku palembang).

Untuk jenis lainnya : condet (Pasir Minggu) dan materis (Karanganyar). Tanaman unggul dari palembang seperti (Ogan Komering) sangat terkenal dibandingkan dengan jenis unggul lainnya. Buah yang di hasilkan jenis ini mempunyai rasa yang manis dan nyaris tidak berbiji makanya disenangi sekali oleh pasar.

3. Budidaya tanaman

Untuk segala persiapan saya rasa tidak jauh berbeda dengan tanaman lainnya, menyiapkan lahan, membuat lubang tanam, memberikan pupuk dan lalu masukan bibit selesai kan ? Tetapi tidak seperti itu, semua makalah yang anda baca di internet semuanya hanya skema dan terlalu banyak basa basinya.

Sekarang yang akan kita laksanakan ialah rancangannya dan dipraktekan.

1. Duku ditanam yang sempurna pada jarak tanam pada 6 – 8 meter.
2. Buat lubang tanam 60 cm x 60 cm.
3. Kasihkan pupuk kandang matang 2 kg/lubang tanam.
4. Tanam bibit pada umur 1 – 2 tahun atau telah mencapai 75 cm lebih.

Sekarang fase itu telah beres kita laksanakan tinggal kita kasihkan pupuk tambahan. Anda dapat memakai dengan pupuk buatan campurannya 100 g urea, 50 gram P2O5 dan 50 gram KCL. Anda dapat juga memberikan pupuk NPK pada tanaman ini, tetapi jika anda memakai NPK maka urea, KCL dan P2o5 tidak diperlukan.


Kasihkan pemupukan 3 bulan sekali untuk macam pupuk buatan, untuk pupuk organiknya kasihkan 1 bulan sekali. Pupuk organik yang dapat anda kasihkan harus yang matang dan telah dilaksanakan proses fermentasi secara matang. Upayakan disekeliling bibit duku harus lembab. Pada musim panas buat mulsa jerami dan tutup bagian perakaran, tetapi jangan menutup bagian pangkal batang.

Tujuan memakai mulsa jerami, supaya menghindari dari serangan rayap dan dapat mempertahankan kelembaban saat kekuurangan air. Bersihkan bagian lumut yang menempel, jika anda perhatikan sesuai pertumbuhannya, maka akan ada beberapa parasit seperti (Lichenes) dan parasit (Benalu) upayakan jangan sampai tumbuh.

Bibit akan berbunga dan berbuah pada umur 8 – 17 tahun, tetapi tergantung anda memeliharanya seperti apa. Jika anda mengikuti cara ini saya rasa tidak ada yang keliru. Buah ini akan berbunga pada bulan Desember – Januari.

4. Hama dan penyakit

Hama

Hama yang dapat menyerang tanaman ini ialah kutu putih (Pseudococcus lepelleyi) yang kerap menyerang daun muda dan penggerek buah duku, penggerek ini membuat lubang pada buah duku dan lalu buah duku akan jatuh sebelum matang.

Penyakit

Penyakit yang kerap menyerang tanaman duku ialah penyakit cakar ayam. Gejalanya dapat anda lihat pada ujung tanaman tumbuh tunas pendek, rapat, bergerombol, dan membengkok (bundel). Sejauh ini saya belum melihat beberapa alasan dilapanga akibat penyakit ini, tetapi saya rasa dari gigitan serangga penghisap (Helopeltis sp.). Jika telah terserang penyakit ini tanaman tidak dapat tumbuh memanjang.

Untuk mencegah penyakit ini maka kita harus membasmi hama duku yang menyebabkan penyakit ini timbul. Anda dapat memakai insektisida Tamaron 0,3% dan ujung cabang yang terserang (bundel) dipotong saja dan buang serta jangan lupa bersihkan.

5. Cara panen buah duku

Ciri-ciri buah yang telah matang mempunyai warna kekuningan, kulit tipis dan getahnya sedikit. Sebaiknya anda ambil percontohan sebelum memanen, jika kebanyakan telah termasuk kriteria maka buah duku siap untuk dipanen. Umumnya duku baru dapat dipanen pada pohon yang telah tua, dengan perhitungan umur enam bulan sejak antthesis (bunga mekar).

Jual Karung Beras
*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Menanam Buah Duku Bagi Pemula Agar Cepat Panen"

Posting Komentar