HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Yuk Simak, Ini Tips Praktis Cara Budidaya Kacang Kapri di Halaman Rumah

Distributor Karung Beras di Sidoarjo - Lim Corporation

Kacang Kapri adalah sayuran semacam koro yaitu dari kelompok kacang-kacangan. Tanaman yang mempunyai nama ilmiah  Pisum sativum L, kacang kapri umumnya bisa hidup di dataran tinggi tetapi juga dapat ditanam di dataran rendah.

Tujuan budidaya kacang kapri ialah untuk diambil polongnya. Kacang kapri juga mengandung protein yang tinggi, asam amino yang seimbang dan gampang dicerna adalah faktor kacang kapri sangat diselerai sebagai olahan masakan. Tetapi, kacang kapri muda bisa diolah menjadi sup, dan berbagai tumisan. Biji polong yang telah tua bisa dijadikan camilan ringan Anda tertarik untuk budidaya kacang kapri.

Berikut ialah cara budidaya kacang kapri :

a. Syarat Tumbuh

Tanaman kacang kapri ini bisa tumbuh dengan baik pada wilayah dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 700 mdpl atau lebih , mempunyai suhu udara sekitar 17°C-21°C, mempunyai curah hujan sekitar 1000 mm/tahun. Sebetulnya tanama ini bisa ditanam pada wilayah dengan ketiunggian kurang dari 700 mdpl tapi pertumbuhannnya tidak optimal.

Tanaman kacang kapri bisa tumbuh dengan baik pada tanah yang gembur dan kaya akan humus atau bahan organik. Macam tanah yang baik untuk menanam tanaman kacang kapri ini ialah tanah lempung berpasir dengan pH sekitar 5,5 hingga 6,5.

Baca Juga  : 

b. Persiapan Benih

Benih kacang kapri bisa didapat dengan membelinya di toko pertanian atau anda bisa mempersiapkannya sendiri. Pilihlah tanaman yang sehat dan subur untuk diambil polongnya sebagai benih. Polong yang diambil ialah polong yang sudah tua yaitu berumur sekitar 3 hingga 4 bulan, sesudah polong didapat keluarkan biji dari polong lalu jemur selama 3 hari hingga kadar air didalamnya menjadi 10-15%. Jika belum akan ditanam maka biji benih bisa di simpan.

Dalam 1 hektar lahan diperlukan sekitar 30 kg biji benih.

c. Persiapan Lahan Tanam

Lahan yang akan dipakai untuk menanam kacang kapri, dibersihkan dahulu dari gulma maupun tanaman pengganggu lainnya. Sesudah itu, gemburkan tanah pada lahan tanam dengan cara dicangkul atau dibajak hingga sedalam 30 cm kemudian ratakan.

Buatlah bedengan dengan ukuran lebar sekitar 80 cm, tinggi sekitar 30 cm dan panjang bisa dicocokkan dengan lahan tanam. Jarak antar bedengan yaitu sekitar 20 hingga 30 cm, hal ini juga diperuntukan sebagai parit.

Jika tanah pada lahan kurang dari 5,5 maka perlu dilaksanakan pengapuran. Pengapuran ini dilaksanakan sekitar 2 minggu sebelum tanam.

Laksanakan pemupukan dasar pada lahan tanam memakai pupuk kandang atau pupuk kompos, untuk sekitar 1 hektar lahan diperlukan sekitar 10-15 ton pupuk. Pupuk tersebut dikasihkan dengan cara ditebarkan secara menyeluruh pada lahan atau bedengan . Pemupukan ini dilaksanakan sekitar 2 hingga 3 minggu sebelum tanam.

d. Penanaman Tanaman Kapri

Waktu penanaman yang baik untuk kacang kapri ialah pada akhir musim penghujan yaitu pada bulan Maret hingga April. Kacang kapri bisa ditanam langsung tanpa melalui persemaian, tetapi sebelumnya biji benih direndam dalam air terlebih dahulu supaya lebih mempercepat perkecambahan.


Sesudah itu, tanam biji benih dalam lubang tanam yang dibuat dengan cara ditugal dengan kedalaman sekitar 2,5 hingga 5 cm, jarak antar lubang ialah sekitar 15-20 cm dan jarak  lubang tanam antar baris ialah sekitar 50 cm . Setiap lubang tanam diisi sekitar 2 biji benih, Lalu tumpuk kembali dengan tanah. Umumnya 5 hari sesudah tanam, buiji benih mulai tumbuh.

Bersamaan dengan penanaman laksanakan pula pemupukan dengan campuran antara pupuk Urea, TSP, dan juga KCl. Pupuk tersebut dikasihkan dengan cara meletakkannya dalam lubang yang dibuat dengan car ditugal dengan jarak sekitar 5 cm dari lubang tanam.

e. Perawatan Tanaman Kapri

- Penyiangan

Laksanakan penyiangan sebanyak 2 kali yaitu pada saat tanaman bertumur 3 minggu dan saat tanaman berumur 6 minggu. Penyiangan tersebut bisa dilaksanakan dengan tangan atau juga dapat dengan memakai kored.

- Penggemburan Dan Pembubunan

Penggemburan tanah dilaksanakan supaya udara dan air tanah bisa beredar secara lancar. Bersamaan dengan penggemburan laksanakan pula pembubuna supaya akar yang tumbuh tidak muncul ke permukaan.

- Pemupukan

Laksanakan pemberian pupuk daun pada saat tanaman berumur sekitar 20 hingga 30 hari sesudah tanam. Sesudah tanaman berumur sekitar 3 minggu, laksanakan pemupukan dengan pupuk Urea dengan cara ditabur pada larikan lalu ditutup kembali dengan tanah.

- Penyiraman

Jika tidak turun hujan maka penyiraman bisa dilaksanakan setiap hari, namun jangan sampai air menggenang.
Pemasangan turus atau ajir. Tanaman yang sudah berumur 3 minggu dikasih media rambat atau disebut dengan turus atau ajir yang terbuat dari katu atau bilah bambu berukuran panjang sekitar 150 cm.

- Pemangkasan

Supaya tanaman lebih banyak mempunyai buah, maka porlu dilaksanakan pemangkasan. Pemangkasan tersebut dilaksanakan sebanyak 2 kali yaitu saat tanaman berumur 3 minggu dan berumur lima minggu.

f. Pemanenan Kacang Kapri

Kacang kapri mulai bisa dipanen sesudah berumur sekitar 60 hari. Pemanenan tersebut bisa dilaksanakan setiap 3 hari sekali sesudah panen pertama hingga tanaman tidak bisa berbuah lagi.

Produsen Karung Polos
*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yuk Simak, Ini Tips Praktis Cara Budidaya Kacang Kapri di Halaman Rumah"

Posting Komentar