HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Kiat Sukses Cara Sambung Susu Pohon Kelengkeng Agar Cepat Berbuah Lebat

Produsen Karung Transparan Polos - Lim Corporation

Lengkeng merupakan tanaman buah yang berasal dari Asia Tenggara, Buah ini masuk dalam suku Sapindaceae atau suku lerak-lerakan. Nama lain dari buah ini ialah Kelengkeng, Mata Kucing, dan Longan.

Sekarang ini kita akan membahas tentang cara sambung susu pohon kelengkeng, apa yang dimaksud dengan sambung susu dan bagaimana cara sambung susu pohon kelengkeng, berikut selegkapnya:

Cara Sambung Susu Pohon Kelengkeng Bagi Pemula Supaya Berhasil dan Cepat Berbuah

Pengertian Sambung Susu

Sambung susu adalah salah satu teknik perbanyakan tanaman secara vegetatif selain okulasi, sambung pucuk, sambung sisip dan sebagainya. Perbanyakan tanaman buah kelengkeng memakai cara sambung susu banyak dipilih sebab mempunyai prosentase kesuksesan tinggi bahkan dikatakan mencapai 90%. Hal tersebut disebabkan batang bawah dan batang yang akan dijadikan batang atas/entres masih dalam kondisi hidup, sehingga pada saat proses penyambungan berlangsung kedua batang tersebut masih bisa memproduksi makanan masing-masing.

Baca Juga  : 

Sebetulnya, sambung susu nyaris sama dengan sambung pucuk, hanya saja entres yang akan disambungkan pada batang bawah tidak dipotong dari tanaman induk namun batang bawah yang ditali pada pohon induk di dekat entres lalu disambungkan/disisipkan dengan calon batang atas/entres. Sehingga batang bawah yang di ikatkan pada pohon induk seperti anak kecil yang sedang digendong sambil menyusu sehingga ini disebut dengan sambung susu.

Tujuan perbanyakan tanaman kelengkeng dengan teknik sambung susu merupakan untuk mendapatkan bibit tanaman buah kelengkeng yang berkualitas unggul dan cepat berbuah, dimana bibit tanaman hasil persemaian dari biji disambungkan dengan entres pohon yang produktif dan siap berbuah. Mengingat bibit tanaman buah yang berasal dari persemaian biji jika ditanam tanpa melalui perlakuan khusus seperti sambung susu mempunyai beberapa kekurangan diantaranya pohon tumbuh tinggi, proses berbunga dan berbuah memerlukan waktu yang relatif lama dan kualitas buah yang dihasilkan umumnya menyimpang dari tanaman induknya.

Persiapan Alat dan Bahan Sambung Susu Pohon Kelengkeng

Alat dan bahan yang perlu disiapkan untuk sambung susu tanaman kelengkeng diantaranya yaitu:

- Pisau okulasi atau cutter yang tajam dan steril.
- Plastik PE 02 atau grafting tape atau dapat juga memakai plastik es lilin.
Tali rafia.
- Batang bawah berupa bibit kelengkeng muda hasil persemaian biji yang ditanam dalam polybag.
- Pohon induk untuk batang atas.

Fase Sambung Susu Pohon Kelengkeng

Pertama, siapkan batang bawah berupa bibit tanaman kelengkeng hasil persemaian dari biji yang batangnya sudah sebesar pensil atau lebih atau telah berumur sekitar 6 bulan. Pilih bibit yang subur dan pertumbuhannya baik.

Pilih cabang untuk dijadikan entres dari pohon induk berupa cabang yang ujungnya tidak sedang tumbuh (tidak terdapat daun muda/cabang dorman). Pohon induk yang akan dimanfaatkan cabangnya harus berasal dari jenis unggul, produktif, sehat serta terbebas dari serangan hama dan penyakit. Usahakan cabang yang dipilih mempunyai ukuran yang sama dengan batang bawah.


Selanjutnya, ikat batang bawah beserta polybagnya pada pohon induk di dekat batang entres terpilih. Lalu, pangkas dan sayat lancip batang bawah dan cocokkan ukurannya dengan cabang yang akan disambungkan, usahakan sayatan dibuat serata mungkin supaya saat ditempelkan bisa menempel ideal dan tidak terdapat rongga. Panjang sayatan kurang lebih 3-4 cm. Sayat cabang terpilih dari bawah ke atas sepanjang 3-4 cm atau cocokkan dengan sayatan pada batang bawah, potong sayatan dan sisakan sedikit di atasnya untuk menyisipkan batang bawah.

Sesudah itu, sambungkan batang bawah pada batang atas, usahakan kulit batang atas dan batang bawah saling bertemu atau jika besar batang tidak sama paling tidak salah satu sisi kulit yang bertemu. Kemudian, ikat memakai plastik PE 02 atau grafting tape yang sudah disiapkan sebelumnya, laksanakan pengikatan dengan waspada supaya tempelan batang yang telah diposisikan sebelumnya tidak bergeser.

Selama proses penyambungan, tetap laksanakan perawatan pada batang bawah seperti penyiraman dan pemupukan, sebab nutrisi media tanam dalam polybag terbatas. Sesudah sambungan menempel dengan ideal atau telah berumur sekitar 1,5 bulan dari penyambungan, sambungan telah bisa dipotong dari pohon induknya, sesudah dipotong jangan langsung ditanam atau pindah tanam, sebab bibit dapat stres, akan tetapi simpan terlebih dahulu pada tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung selama 3 minggu. Perlu diingat bahwa pada saat akan melaksanakan pemotongan tentukan batang atas mempunyai daun tua atau tidak sedang tumbuh tunas baru/pupus (cabang dorman).

Produsen Karung Beras
 *Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kiat Sukses Cara Sambung Susu Pohon Kelengkeng Agar Cepat Berbuah Lebat"

Posting Komentar