HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tahapan Asik Cara Menanam Tanaman Okra dengan Baik & Benar

Distributor Karung Beras di Sidoarjo - Lim Corporation

Bagi sebagian orang, okra merupakan nama yang asing. Tetapi, varietas tanaman ini mulai banyak dikenal dan disenangi untuk diolah menjadi berbagai olahan masakan seperti kari, tumis, balado, oseng-oseng, campuran salad dan lainnya. Okra atau yang dikenal juga dengan nama Bendi atau Abelmoschus esculentus ialah semacam tanaman berbunga yang masuk dalam suku Malvaceae.

Okra termasuk unik sebab bertekstur memanjang dan runcing pada bagian ujungnya. Sekilas, penampilan buahnya nyaris persis dengan cabai hijau besar, tetapi di sekitar kulitnya terdapat bulu-bulu halus.

Okra muda berwarna hijau. Okra mempunyai biji berukuran kecil yang menempel di dinding buah. Bentuk yang dipunyai oleh okra nyaris persis dengan terong, jika dimasak rasanya renyah dan berlendir.

Baca Juga:

Okra tumbuh baik pada ketinggian 600-800 mdpl, dengan rata-rata curah hujan 1700-3000 mm/tahun. Okra memerlukan sinar matahari secara penuh dan menghendaki suhu udara rata-rata 24-28 0C. pH sempurna supaya tanaman okra mampu tumbuh dengan optimal ialah 5,5-7,0 (netral). Tanah yang berpasir hingga tanah lempung serta mengandung banyak bahan organik akan sangat sesuai jika ditanami okra.

Cara menanam okra yang gampang dan minim perawatan menjadikan okra menjadi salah satu tanaman yang mulai dibudidayakan. Berikut adalah fase-fase dalam budidaya okra.

Khasiat Okra

Umumnya buah Okra ini diolah menjadi beberapa masakan seperti: oseng-oseng, kari, balado, tumis, campuran untuk salad, bahkan juga dapat dimakan mentah. Dan seperti sudah disinggung diawal, berikut ialah beberapa khasiat dari tanaman Okra:

- Melancarkan sistem pencernaan dan menyembuhkan sembelit,
- Berkarakter menenangkan. Itulah kenapa segala macam rasa pusing, cemas, dan stress akan hilang sesudah mengonsumsi buah Okra.
- Mengurangi rasa lesu, tidak nyaman, dan letih,
- Mengatasi ambeien atau wasir,
- Meringankan sakit kerongkongan atau tenggorokan,
- Meningkatkan daya ingat dan daya pikir otak,
- Menjaga kesehatan otot dan sistem syaraf,
- Menetralkan asam lambung,
- Mampu memulihkan stamina dan tenaga,

Persiapan lahan

Lahan yang telah gembur dan bersih dari gulma, selanjutnya dibuat bedengan dengan lebar90-100 cm, tinggi 20-30 cm dan panjang bedengan yang menyesuaikan lahan.

Antar bedengan dibuat jarak sekitar 50-70 cm. Jika pH tanah dibawah 5,5 maka perlu dilaksanakan pengapuran dengan cara ditabur diatas bedengan. Bedengan dibiarkan selama 10-15 hari lalu ditutup dengan mulsa plastik.

Persiapan benih/bibit

Benih bisa dibuat sendiri atau membeli di toko pertanian. Benih okra yang dibuat sendiri didapatkan dari biji okra yang telah tua dan warnanya telah menghitam. Benih direndam selama 4-6 jam, kemduian dipilih benih yang tenggelam saat perendaman.


Sesudah benih didapat, selanjutnya benih bisa disemai dalam polybag yang sudah diisi dengan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1. Sesudah bibit okra mempunyai tinggi sekitar 15-20 cm, maka bibit tersebut bisa dipindah ke lahan.

Penanaman

Benih okra bisa ditanam langsung ke lahan dengan cara membenamkan 2-3 benih dalam lubang tanam kemudian ditutup tipis dengan tanah.

Tetapi, jika bibit berasal dari semai, bibit tinggal dimasukkan secara waspada ke dalam lubang tanam yang sudah dibuat kemudian tumpuk dan dipadatkan. Penanaman okra dilaksanakan pada sore hari.

Pemeliharaan

Pemeliharaan tanaman okra meliputi penyiraman dan penyiangan. Okra memerlukan keadaan tanah yang agak lembab. Saat tidak hujan sebaiknya tanaman okra disiram dua kali sehari, pada pagi dan sore hari. Penyiangan dilaksanakan dengan mencabut gulma yang tumbuh di sekeliling tanaman.

Pemupukan lanjutan

Pemupukan lanjutan dilaksanakan saat tanaman berumur sekitar 10-15 hst, pupuk yang dipakai yaitu pupuk ZA/Urea dan KCl dengan perbandingan 1:1. Pemberian pupuk tersebut dilaksanakan dengan cara dikocor.

Pemupukan selanjutnya dilaksanakan sesudah tanaman berumur 30 hst. Pupuk yang dipakai yaitu pupuk ZA/Urea, KCl, TSP dan NPK. Pemberian pupuk tersebut dilaksanakan dengan cara ditabur dan sebaiknya dilaksanakan sesudah penyiraman.

Pengendalian OPT

Hama yang menyerang okra ialah ulat grayak, ulat pemakan jagung, ulat jengkal, tungau, laba-laba, kutu daun dan belalang. Sedangkan penyakit yang kerap menyerang ialah antraknosa, bercak daun dan penyakit busuk buah. Untuk pengendaliannya, pengendalian secara kimiawi hanya dipakai bila serangan sudah melampui ambang ekonomi.

Pengendalian hayati memakai musuh alami, seperti tawon, semut hitam, atau semut rangrang, serta aplikasi agensia hayati Bacillus thuringiensis dan Trichoderma harzianum.

Panen

Panen buah okra bisa dimulai ketika tanaman berumur 60-70 hari. Buah okra dipanen ketika masih muda, kira-kira yang telah berukuran panjang 10-12 cm. Buah okra yang ukuran panjangnya telah lebih dari 12 cm atau telah tua tidak layak untuk dipanen dan dikonsumsi sebagai sayur.

Pemanenan dapat dilaksanakan setiap 2 atau 3 hari sekali, dan berlangsung hingga 2-3 bulan sejak panen pertama. Masa panen tergantung pada keadaan tanaman dan pemeliharaan tanaman.

Jual Karung Beras Murah
*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahapan Asik Cara Menanam Tanaman Okra dengan Baik & Benar"

Posting Komentar