HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tips Jitu Cara Mengatasi Busuk Pada Tanaman Cabe Beserta Penyebabnya

Distributor Karung Laminasi - Lim Corporation

Busuk Buah merupakan gejala serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) penyebab penyakit. Umumnya penyakit ini kerap menyerang tanaman holtikultura terutama pada tanaman cabe. Busuk buah umumnya menyerang cabe yang masih muda, tua atau telah nyaris matang ideal. Masalah busuk buah pada tanaman cabe harus segera dilaksanakan pencegahan sedini mungkin untuk mengurangi efek kerugian pada petani. Sebab itu, petani perlu mengetahui penyebab dan cara mengatasi busuk buah pada tanaman cabe.

Penyakit busuk buah pada cabe akan susah dikendalikan jika hama telah terlanjut menyebar dan meluas. Penyakit busuk buah pada tanaman cabe di golongkan menjadi dua bagian yaitu penyakit busuk buah di sebabkan terinfeksi bakteri, dan penyakit busuk di dampakkan lalat buah. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan dibawah ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Busuk Buah Pada Tanaman Cabe sebagai berikut.

1. Busuk Buah Cabe Dampak Terinfeksi Bakteri / Busuk Bakteri

Busuk bakteri dikarenakan oleh serangan bakteri Erwinia carotovora. Biasanya busuk bakteri terjadi pada buah cabe muda (cabai hijau) dan buah cabe tua (cabai merah). Gejala yang ditimbulkan efek bakteri ini dimulai dari tangkai dan kelopak buah, tetapi infeksi dapat terjadi pada bagian mana saja dari buah yang terluka.

Baca Juga  : 

Bakteri Erwinia carotovora menyerang pada bagian dalam buah dan merusak jaringan bagian buah hingga membuat buah menjadi lunak dan berair keruh. Umumnya buah cabe busuk dimulai dari bagian ujung buah hingga merambat keatas dan seluruh bagian daging buah menjadi busuk. Buah yang terinfeksi bakteri ini akan tetap menggantung pada tangkai tanaman seperti kantung berisi air, dan lama kelamaan cairan didalam buah akan keruh dan menetes perlahan hingga habis. Sesudah cairan habis maka buah akan mengering dan berwarna transparan.

Cara mengatasi busuk buah sebab terinfeksi bakteri ini dapat melaksanakan beberapa pengendalian, antara lain:

- Pakailah benih unggul yang tahan akan bakteri
- Laksanakan sanitasi lahan dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan tanaman
- Kasih jarak tenanaman supaya tidak terlalu rapat, terutama pada saat musim hujan
- Musnakan buah yang terkontaminasi bakteri dengan cara membakar atau membuang jauh dari tempat penanaman
- Pakailah mulsa plastik untuk mengurangi kelembaban, terutama jika menanam pada musim hujan,
- Laksanakan penyemprotan bakterisida dengan dosis dan cara yang akurat, contohnya : agrimycin, agrept, kuproxat, plantomycin atau bactoxyn.

2. Buah Cabe Dampak Lalat Buah

Selain sebab terinfeksi bakteri, busuk buah pada cabai juga dikarenakan sebab serangan lalat buah. Lalat buah ialah serangga yang suka menyerang buah yang berwarna kuning kecoklatan dan tubuhnya persis dengan tawon/lebah. Sedangkan lalat buah yang menyerang tanaman buah cabai merupakan spesies lalat buah kelamin perempuan, bukan lalat buah laki. Lalat buah menyerang buah cabe yang masih muda ataupun buah cabe yang telah matang atau nyaris matang.


Lalat buah betika menyerang buah cabai pada saat memasuki masa reproduksi, ia akan menyimpan telur-telurnya dalam buah cabai. Telur-telur tersebut akan menetas dalam beberapa hari dan menjadi larva. Larva tersebut bertahan hidup didalam buah inangnya dengan memakan daging buah sampai menjadi lalat buah dewasa.

Gejala yang muncul efek lalat buah seperti pada gejala awal serangan, akan muncul ciri-ciri tangkai buah, ujung buah atau bagian tengah buah cabe menguning. Tetapi jika diperhatikan, pada cabe tersebut ada lubang kecil. Buah cabe yang terserang akan menjadi membusuk, sedikit berair dan rontok. Dan jika cabe dibelah, akan ada larva lalat buah yang bertekstur ulat kecil berwarna putih. Pada buah cabe berumur muda, serangan lalat buah bisa mengakibatkan buah gugur sebelum lalat menetas, sedang serangan pada cabe umur tua umumnya buah akan bertahan sampai telur menjadi larva hingga akhirnya gugur.

Cara mengatasi busuk buah efek Lalat Buah dapat melaksanakan beberapa pengendalian, antara lain:

- Tanam cabai jauh dari lokasi penanaman inang lalat buah seperti, timun, terong, tomat atau semangka.
- Hindari tanam cabai dibekas tanaman timun, terong, tomat atau semangka. Kecuali lahan telah betul-betul steril dari sisa-sisa tanaman sebelumnya.
- Pemasangan perangkap lalat buah
- Laksanakan penyemprotan insektisida berbahan aktif profenofos + metomil atau dimetoat + metomil
- Sebaiknya laksanakan penyemprotan pada saat lalay buah aktif , yaitu pagi hari sebelum matahari terik.

Jual Karung Beras
*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Jitu Cara Mengatasi Busuk Pada Tanaman Cabe Beserta Penyebabnya"

Posting Komentar