HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tahapan Fermentasi Biji Kakao yang Benar, Agar Hasilnya Berkualitas

Produsen Karung Plastik Polos - Lim Corporation

Untuk memperoleh kualitas produk cokelat yang berkualitas pasti diperlukan proses yang cukup panjang dalam pengolahannya. Mulai dari fase fermentasi, pengeringan dan penyangraian biji kakao pasca panen. Proses paling penting dari langkah tersebut merupakan fase fermentasi biji kakao pasca panen.

Proses fermentasi bertujuan untuk membebaskan biji kakao dari pulp (daging buah) dan mematikan biji saja. Selain itu, fermentasi juga bertujuan untuk memperbaiki dan membentuk cita rasa cokelat yang enak serta mengurangi rasa sepat dan pahit. Fermentasi juga dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas biji kakao sehingga kadar air, kadar kulit biji, dan kadar jamur menurun.

Baca Juga  : 

Fermentasi biji kakao dilaksanakan dengan cara tradisional yang Fermentasi juga meningkatkan kualitas biji kakao sehingga kadar air, kadar kulit biji, dan kadar jamur menurun. Mikroorganisme itu bisa berupa bakteri ataupun ragi yang terdapat pada buah atau pulp kakao yang menghidrolisis senyawa-senyawa pada pulp menjadi senyawa yang beraroma.

Proses fermentasi tersebut akan mengakibatkan perubahan kimiawi pada biji. Perubahan proses kimiawi tersebut diharapkan bisa menciptakan aroma khas pada cokelat dan menghasilkan warna coklat yang menarik.

Cara Fermentasi Biji Kakao

Umumnya proses fermentasi biji kakao memerlukan 5-8 hari tergantung dari jenis kakao nya. Fermentasi kakao sangat mempengaruhi cita rasa khas kakao, jadi jika proses fermentasi tidak ideal, maka kerap tercipta rasa yang tidak diinginkan seperti masam dan pahit. Berikut proses fermentasi biji kakao.

Peralatan :

- Pisau dan talenan untuk membelah kulit dan mengeluarkan biji coklat.
- 2 Kotak fermentasi untuk memfermentasi biji coklat yang masih diselimuti pulp dan plasenta.
- Bak fermentasi terbuat dari papan. Pada dinding dan dasar kotak terdapat lobang-lobang untuk aerasi (aliran udara). Adanya aliran udara akan memungkinkan pertumbuhan mikroba untuk fermentasi pulp dan plasenta.


Proses Fermentasi

- Kulit buah dibelah, dan biji yang diselimuti oleh pulp dan plasenta dikeluarkan, serta dipisahkan.
- Biji kakao yang ber-pulp dan berplasenta tersebut dimasukkan ke dalam kotak fermentasi 1, lalu dibiarkan mengalami fermentasi selama 24 jam.
- Sesudah itu biji dipindahkan lagi ke kotak fermentasi 2 yang masih kosong. Biji dibiarkan lagi mengalami fermentasi selama 24 jam.
- Sesudah itu biji dipindahkan lagi ke kotak fermentasi 1. Dilaksanakan seterusnya sampai m5 kali pemindahan sehingga lama fermentsi merupakan 5 hari (5×24 jam).
- Sesudah fermentasi selesai dilaksanakan, biji dicuci, lalu dijemur dengan sinar matahari atau dikeringkan dengan alat pengering sampai kadar air di bawah 10%.
- Biji yang sudah kering disimpan di dalam karung plastik atau karung goni di tempat yang tidak panas dan tidak lembab.

Fermentasi kakao adalah proses yang sangat penting dalam pengolahan pasca panen kakao. Sebab itulah, diharapkan petani bisa melaksanakan proses tersebut. Selain itu, perbedaan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga kakao tanpa fermentasi. Sehingga petani lebih lebih banyak mendapat keuntungan.

Jual Karung Beras Murah
*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahapan Fermentasi Biji Kakao yang Benar, Agar Hasilnya Berkualitas"

Posting Komentar