HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Perkutut Bangkok di Rumah

Produsen Plastik Karung Beras berkualitas - Lim Corporation

Perkutut merupakan salah satu jenis burung yang terkenal dengan suaranya yang indah. Burung ini juga di kenal dengan kebiasaannya untuk hidup berkelompok di alam bebas. Untuk habitat burung perkutut ini biasanya di dataran rendah atau tinggi yang berumput dan berbukit-bukit. Ciri-ciri burung perkutut ini antara lain:
  • Memiliki tubuh berukuran relatif kecil dengan panjang sekitar 20-25 cm
  • Memiliki kepala berbentuk bulat kecil berwarna abu-abu
  • Memiliki paruh panjang meruncing
  • Memiliki leher yang agak panjang
  • Pada tiap kaki memiliki jari berjumlah 4 buah
  • Bulu perkutut kebanyakan berwarna kecoklatan dengan variasi warna putih, hitam dan coklat tua.
  • Terdapat beberapa jenis burung perkutut di antaranya perkutut lokal, perkutut Bangkok, perkutut belang, dan perkutut sumba. Semua jenis tersebut memiliki warna yang berbeda.
Nah kali ini kita akan membahas tentang cara ternak burung perkutut bangkok. Pada awalnya, burung perkutut bangkok ini dibawa oleh seorang pekerja romusake Thailand yang saat itu dibawa tentara Jepang pada tahun 1942-1945 yang sedang menjajah Indonesia.

Cara Budidaya Ternak Burung Perkutut Bangkok

Pemilihan Indukan Burung Perkutut Bangkok

Pilihlah indukan perkutut bangkok yang berkualitas dengan ciri-ciri burung telah berumur 4-6 bulan supaya proses penjodohan tidak terlalu sulit. Selain itu, sangat di sarankan umur perkutut betina harus lebih tua di bandingkan perkutut bangkok jantan.

Selain dari segi umur, hal yang harus diperhatikan lainnya yaitu indukan perkutut bangkok yang baik harus memiliki suara yang bagus dari depan hingga akhir. Perhatikan pula sisi irama suara ketukan yang sedikit renggang, memiliki silsilah baik dan juga bentuk tubuh yang baik.

Persiapan Kandang Ternak Burung Perkutut Bangkok

Kandang burung perkutut bangkok harus di buat dengan nyaman supaya burung tidak mudah stres. Kandang biasanya terbuat dari kawat dengan ukuran ideal kandang yaitu tinggi sekitar 45-180 cm dengan lebar ideal kandang sekitar 50-60 cm dan panjang kandang sekitar 100-180 cm. Supaya suhu dalam kandang perkutut bangkok selalu stabil, sebaiknya alas kandang di buat dari tanah atau pasir. Sedangkan bagian atap kandang bisa dibuat dari asbes atau genting.

Agar budidaya dapat berjalan dengan baik, maka pastikan posisi kandang ternak perkutut juga mendapat sinar matahari yang cukup di pagi hari dan perhatikan juga jarak atapnya. Jika jarak antara sangkar dengan atap terlalu dekat, maka kemungkinan perkutut bangkok bisa kepanasan dan akhirnya membuat burung menjadi stres.


Secara alami perkutut bangkok akan membuat sarang dengan bentuk datar seperti cawan yang terbuat dari ranting kecil, serabut dan juga akar-akaran, berbeda dengan cara ternak parkit di kandang kecil. Sedangkan di alam bebas, biasanya akan membuat sarang di semak belukar. Sedangkan untuk sangkar peternakan sebaiknya siapkan wadah sarang, bahan sarang dan kotak tempat wadah sarang. Wadah sarang bisa mamakai mangkok plastik, keranjang kecil dari bambu, tempurung ataupun kerdus karton kecil dengan garis tengah wadah sekitar 20 cm dan bagian dalam sekitar 7.5 cm. Sedangkan bahan sarang bisa menggunakan rumput kering yang agak halus, bulu ayam, serat nanas, serabut kelapa dan juga daun cemara kering.

Cara Menjodohkan Burung Perkutut Bangkok

Proses penjodohan perkutut bangkok bisa di lakukan dengan memasukkan dua calon indukan ke dalam sangkar yang berbeda dan di dekatkan, jika sudah berjodoh masukkan keduanya ke kandang ternak. Waktu terbaik ketika memasukkan perkutut bangkok ke dalam kandang ternak yakni pada sore hari. Sebelum burung dimasukkan ke dalam kandang, sebaiknya diberikan kacang hijau lunak, minyak ikan, vitamin E dan semprot juga tubuhnya dengan air hingga basah.

Sifat burung perkutut bangkok jantan lebih agresif kalau dibandingkan dengan betina. Biasanya saat sedang di jodohkan, perkutut jantan akan selalu mengejar dan mematuki perkutut betina. Jika hal ini dibiarkan, maka bisa membuat pasangan burung cedera. Untuk itu, bulu sayap burung jantan bisa dikurangi atara 4-5 helai. Bulu kiri dan kanan di rekatkan dengan isolasi sehingga bisa mengurangi daya serang perkutut jantan pada betina.

Pemeliharaan Perkutut Bangkok

Pakan yang bisa diberikan pada burung perkutut bangkok diantaranya yaitu jewawut, padi, kejawan atau biji rumput yang tumbuh di sela tanaman padi.
Selain di berikan makanan pokok perkutut bangkok, berikan campuran parutan kencur dan air atau parutan kencur saja untuk menjaga kesehatan, menghilangkan lendir atau dahak, menjaga kualitas suara sekaligus memperkuat pita suara perkutut bangkok.

Piyik perkutut bangkok sebaiknya di pisahkan dari indukan ketika berusia 1-1.5 bulan. Pada umur itu, biasanya anak burung sudah bisa makan sendiri. Anakan yang sudah di pisahkan tersebut di tempatkan dalam sangkar berukuran 50 cm x 70 cm x 50 cm yang dapat menampung 8-10 ekor anakan perkutut bangkok.

Makanan yang bisa diberikan pada perkutut bangkok anakan sebaiknya pakan yang mengandung vitamin B kompleks, kalsium, minyak ikan dan juga obat cacing serta pastikan anakan memperoleh sinar matahari yang cukup. Beri juga tambahan vitamin sebanyak satu dosis sekali seminggu. Sesudah memasuki usia 3 bulan, maka anakan perkutut bangkok sudah siap di pindahkan ke sangkar soliter.

Setelah perkutut bangkok di mandikan, jemur dengan cara di letakkan di bawah atau juga bisa digantung memakai tiang kerekan. Menjemur burung perkutut bangkok bisa dilakukan pada  jam 7 -9 pagi.

Pastikan kandang selalu bersih, bersihkan alas bawah sangkar untuk menampung kotoran dan ganti juga pakan dan minum yang lama supaya tetap steril. Sebaiknya, kandang ditempatkan pada lokasi dengan angin yang tidak terlalu kencang dan basah karena burung bisa lebih rentan terhadap penyakit.

*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Lengkap Cara Ternak Burung Perkutut Bangkok di Rumah"

Posting Komentar