HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Ketahui Ragam Jenis Tanaman Rempah di Indonesia serta Manfaat dan Kegunaannya

Distributor Karung Plastik Polos - Lim Corporation

Pembahasan sekarang ini kita akan memfokuskan tentang tanaman rempah yang terdapat di Indonesia. telah banyak yang mengakui bahwa Indonesia adalah surganya rempah-rempah. Karena itulah yang menjadi salah satu faktor mengapa penjelajah Portugis Vasco Da Gama mencapai India dan Maluku. Rempah-rempah ini pula yang mengakibatkan Belanda lalu menyusul ke Maluku, sementara itu, bangsa Spanyol di bawah pimpinan Magellan sudah lebih dahulu mencari jalan ke Timur melalui jalan lain yakni melewati samudera Pasifik dan akhirnya mendarat di pulau Luzon Filipina. Rempah-rempah adalah barang dagangan paling berharga pada zaman prakolonila. Zaman dahulu banyak rempah-rempah yang dipakai dalam pengobatan.

Yang dimaksud dengan rempah-rempah merupakan bagian tumbuhan yang beraroma atau mempunyai rasa kuat yang dipakai dalam jumlah kecil di makanan sebagai pengawet atau perisa bumbu pada masakan. Rempah-rempah umumnya dibedakan dengan tanaman lain yang dipakai untuk tujuan yang persis, seperti tanaman obat, sayuran beraroma, dan buah kering. Berikut ini merupakan beberapa macam rempah-rempah yang banyak kita temukan di Indonesia lengkap dengan penjelasan dan kegunaannya.

1. Kecombrang

Kecombrang adalah jenis tumbuhan rempah yang termasuk dalah tumbuha tahunan berbentuk terna yang bunga, buah serta bijinya bisa berkhasiat sebagai bahan sayuran. Di Indonesia dikenal dengan beberapa nama seperti Kincung (Medan), Sambuang (Minangkabau), kecicang (Bali) sedangkan batang mudanya disebut bongkot. Di Malaysia dikenal dengan Siantan dan di Thailand. Kecombrang berwarna kemerahan seperti macam tanaman hias pisang-pisangan. Jika batangnya telah tua, tekstur tanamannya persis jahe atau lengkuas. Sedangkan bunga yang muncul berbentuk dalam karangan seperti gasing.

Baca Juga:

Kecombrang atau bunga honje terutama dijadikan bahan campuran atau bumbu penyedap berbagai macam masakan di Nusantara. Kuntum bunga ini kerap dijadikan lalap atau direbus kemudian dimakan bersama sambal di Jawa Barat. Kecombrang yang dikukus juga sering dijadikan bagian dari pecel di wilayah Banyumas. Di Pekalongan, kecombrang yang diiris halus dijadikan campuran pembuatan megana, semacam urap berbahan dasar nangka muda. Di Malaysia dan Singapura, kecombrang menjadi unsur penting dalam masakan laksa.

2. Asam Gelugur

Asam gelugur merupakan pohon penghasil asam potong atau asam keping. Asam potong didapat dari irisan buah asam gelugur yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah terik matahari. Asam potong dimanfaatkan untuk bumbu masak, bahan perasa minuman, bahan dasar pengobatan dan bahan dasar kosmetika. Sebagian penduduk Melayu pesisir mengolah buah asam gelugur ini menjadi manisan atau halwa untuk hidangan di hari raya.

3. Asam Jawa

Asam Jawa adalah semacam buah yang masam rasanya; biasa dipakai sebagai campuran bumbu dalam banyak masakan Indonesia sebagai perasa atau penambah rasa asam dalam makanan, misalnya pada sayur asam atau kadang-kadang kuah pempek. Asam juga dipakai untuk campuran jamu tradisional yaitu jamu gendong.

4. Bangle

Bangle ditemukan di kawasan India selatan yang beriklim tropis dan kawasan Asia Tenggara seperti : vietnam, thailand, malaysia, indonesia, myanmar, laos dan kamboja. Bangle (Zingiber montanum) yaitu salah satu tanaman rempah-rempah anggota suku temu-temuan (Zingiberaceae). Rimpangnya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan bahan pengobatan. Tumbuhan ini dikenal diberbagai tempat dengan nama yang bermacam: mungle (Aceh), bungle (Tapanuli), kunik bolai (Rana Minang), banglee’iy (Rejang), panglai (Pasundan/Sunda), pandhiyang (Madura), bale (Makassar), panini (Bugis), unin makei (Ambon).

5. Bawang Bombai

Bawang bombai merupakan varietas bawang yang paling banyak dan luas dibudidayakan, digunakan sebagai bumbu ataupun bahan masakan, berbentuk bulat besar dan berdaging tebal. Bawang bombai biasa dipakai dalam memasak makanan di Indonesia, tidak hanya dipakai sebagai hiasan namun juga bagian dari masakan sebab teksturnya yang besar dan tebal dagingnya.Disebut bawang bombai sebab dibawa oleh pedagang-pedagang yang berasal dari kota Bombai (Mumbai sekarang) di India ke Indonesia.


6. Bawang Merah

Bawang Merah adalah semacam tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan di dunia, berasal dari Iran, Pakistan, dan pegunungan-pegunungan di sebelah utaranya, lalu dibudidayakan di wilayah dingin, sub-tropis ataupun tropis. Umbi bawang bisa dimakan mentah, untuk bumbu masak, acar, obat tradisional, kulit umbinya bisa dijadikan zat pewarna dan daunnya bisa pula dipakai untuk campuran sayur.

7. Bawang Putih

Bawang putih adalah tumbuhan umbi, Umbi dari tanaman bawang putih adalah bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia. Bawang putih dipakai sebagai bumbu yang dipakai nyaris di setiap makanan dan masakan Indonesia. Sebelum digunakan sebagai bumbu, bawang putih dihancurkan dengan ditekan dengan sisi pisau (dikeprek) sebelum dirajang halus dan ditumis di penggorengan dengan sedikit minyak goreng. Bawang putih dapat juga dihaluskan dengan berbagai macam bahan bumbu yang lain.Dan juga bisa dipakai sebagai obat penyakit kutil,caranya : keprek bawang putih ( jangan sampai halus ) kemudian tempelkan pada kutil dan ikat yang kuat dengan kain atau plester tunggu sampai 30 menit,jangan terlalu banyak bergerak,maka kulit akan panas dan kutil akan menghitam. Besoknya anda terbebas dari kutil.

8. Cengkeh

Cengkeh merupakan tangkai bunga kering beraroma dari keluarga pohon Myrtaceae. Cengkih merupakan tanaman asli Indonesia, banyak dipakai sebagai bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa, dan sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia. Cengkih ditanam terutama di Indonesia (Kepulauan Banda) dan Madagaskar; selain itu juga dibudidayakan di Zanzibar, India, dan Sri Lanka.

9. Daun Bawang

Daun bawang adalah varietas sayuran dari golongan bawang yang banyak dipakai dalam masakan. Dalam seni masak Indonesia, daun bawang dapat ditemukan misalnya dalam martabak telur, sebagai bagian dari sop, atau sebagai bumbu tabur seperti pada soto.

Daun bawang sebetulnya istilah umum yang bisa terdiri dari jenis yang berbeda. Macam yang paling umum ditemui merupakan bawang daun (Allium fistulosum). Jenis lainnya merupakan A. ascalonicum, yang masih sejenis dengan bawang merah. Kadang-kadang bawang prei juga disebut sebagai daun bawang.

10. Jahe

Jahe merupakan tanaman rimpang yang sangat terkenal sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas dikarenakan senyawa keton bernama zingeron.

Jual Karung Beras Murah
*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ketahui Ragam Jenis Tanaman Rempah di Indonesia serta Manfaat dan Kegunaannya"

Posting Komentar