HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Kiat-kiat Sukses Cara Budidaya Tanaman Sorgum dari Bibit Hingga Panen

Distributor Karung Beras Plastik - Lim Corporation

Sorgum adalah salah satu tanaman serealia yang sudah lama dikenal petani, di Jawa tanaman ini disebut cantel kerap menjadi tanaman sela atau tumpangsari dengan tanaman lainnya, meskipun ada pula yang membudidayakannya sebagai komoditas pertanian yang utama terutama di daerah Indonesia bagian timur.

Sekeluarga dengan tanaman serealia lain seperti padi, jagung dan gandum, sorgum bisa tumbuh meskipun ditanam di tanah kering yang kurang subur, relatif tahan terhadap serangan hama dan penyakit dan bisa dipanen hingga 3 kali dalam sekali tanam dengan masa pemeliharaan yang nyaris sama dengan tanaman padi.

Sorgum persis dengan tanaman jagung daunnya berbentuk lurus memanjang, bijinya bulat dengan ujung mengerucut berukuran diameter sekitar 2 mm dan memiliki satu tangkai buah dengan beberapa cabang buah.

Produksi sorgum di Indonesia masih fluktuatif, keberadaannya kurang mendapatkan perhatian dan pengembangan seperti halnya jagung dan beras, tingkat penanaman sorgum belum mencapai jumlah yang sempurna sebab belum adanya pemanfaatan untuk kebutuhan tertentu, tidak menakjubkan jika komoditas yang serba guna ini lambat laun menghilang, padahal sorgum mempunyai khasiat sebagai sumber pangan dan bahan industri yang potensial untuk dikembangkan. Nyaris seluruh bagian dari tanaman sorgum mulai dari biji, tangkai, batang, daun hingga akarnya bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Diantara olahan makanan berbahan sorgum antara lain kecap sorgum, gula sorgum yang terbuat dari nira sorgum yang banyak terdapat pada batang tanaman sorgum, nektar sorgum, kue dan berbagai makanan ringan lainnya.

Adapun langkah-langkah untuk Budidaya Tanaman Sorgum merupakan sebagai berikut :

Pengolahan lahan

Langkah pertama yang dilaksanakan merupakan penggemburan lahan menggunakan cangkul atau traktor.

Selanjutnya taburkan pupuk dasar berupa pupuk kandang dengan dosis 4-5 ton/hektar, pupuk kandang adalah pupuk organik yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan tanaman sebab mengandung unsur hara makro dan mikro.

Baca Juga:

Lahan yang sudah dipupuk di aplikasi pula dengan pembenah tanah yakni bahan yang ditambah ke tanah untuk memperbaiki kesuburan tanah baik itu karakter fisik, kimia maupun biologi tanah, dengan demikian tanah akan menjadi produktif untuk pertumbuhan dan perkembangan organisme seperti tumbuhan dan mikroba tanah. Diamkan lahan selama 2 hari supaya semua masukan berproses sehingga lahan siap ditanami.

Penanam

Penanaman sorgum dilaksanakan dengan cara membuat lubang tanam sedalam 5 cm dengan cara ditugal dan memasukkan 2 benih sorgum di dalamnya, lalu tutup lubang tanam dengan tanah atau bokashi untuk hasil yang lebih baik. Jarak tanam antar lubang yaitu 20-25 cm.

Benih sorgum ini bisa didapat dari biji sorgum yang sudah masak dan sudah di treatment terlebih dahulu atau membeli bibit yang dikeluarkan oleh dinas pertanian di toko-toko pertanian yang menyediakannya.

Perawatan

Perawatan sehari-hari tanaman sorgum relatif tidak sulit, selain tindakan penyulaman dan pengairan, pada umur tanaman 20 hari perlu dilaksanakan penyiangan atau pembersihan gulma, tujuannya merupakan untuk mengendalikan tumbuhan liar yang tidak dikehendaki pertumbuhannya supaya tidak mengganggu pertumbuhan tanaman utama.

Dalam kegiatan penyiangan terkadang dilaksanakan pula pembumbunan atau ipuk, yakni menumpuk tanah pada akar tanaman yang longsor yang disebabkan oleh berbagai karena baik itu dampak pengairan ataupun air hujan.


Sesudah tanaman berumur 1 bulan perlu dilaksanakan aplikasi pupuk lanjutan memakai pupuk organik cair, tujuannya untuk meningkatkan kesuburan tanaman serta memperbaiki dan meningkatkan kualitas organik didalam tanah sehingga tanah atau lahan menjadi lebih remah, gembur, tidak liat bahkan keras dan juga untuk menjaga ketersediaan unsur hara di dalam tanah.

Aplikasi pupuk yang sama kembali dilaksanakan manakala tanaman sudah berumur 2 bulan.

Bakal biji sorgum umumnya muncul sesudah tanaman berumur kurang lebih 50 HST, pada saat itu perlu dilaksanakan pengendalian hama terutama burung dengan cara membrongsong bakal biji sorgum dengan plastik, dipilihnya plastik sebagai pelindung bakal biji sebab dianggap relatif lebih murah biayanya dibanding paranet.

Pemanenan

Sorgum dipanen saat sudah masak atau tua dengan ciri-ciri kulit buah sudah berubah warna dari hijau menjadi hitam atau merah, dengan kulit buah sudah pecah serta tampak isinya. Dengan luas lahan 1 hektar dapat menghasilkan 2 ton sorgum.

Pemanenan dilaksanakan dengan cara memotong bagian tangkai sekitar 7-10 cm dan mengumpulkannya kedalam wadah yang disiapkan. Sorgum hasil panen ini selanjutnya akan diproses lebih lanjut mulai dari penjemuran, perontokan hingga penggilingan untuk dikupas kulitnya sampai penepungan.

Jual Karung Beras High Quality
*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kiat-kiat Sukses Cara Budidaya Tanaman Sorgum dari Bibit Hingga Panen"

Posting Komentar