HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Menanam Rumput Untuk Makanan Kambing? Ini Caranya

Jual Karung Beras Berkualitas - Lim Corporation

Cara menanam rumput untuk makanan kambing, dalam topik kali ini kita akan membahas mengenai rumput. Kambing adalah salah satu hewan ternak yang familiar dan akrab di ternak oleh masyarakat kita. Kambing menjadi pilihan sebagai hewan ternak karena banyak diminati dan dikonsumsi oleh semua masyarakat. Selain itu juga pemeliharaannya juga relatif mudah.

Dalam hal pemberian pakan juga sangatlah mudah sebab kambing hanya mengkonsumsi makanan utama berupa rumput. Bisa juga diberikan tambahan nutrisi seperti dedak tetapi jumlahnya tidak banyak. Dalam peternakan konvensional biasanya para peternak mencari rumput liar yang ada di kebun atau pekarangan. Tetapi jika peternakan dilakukan dalam skala luas maka sudah seharusnya mempunyai kebun rumput sendiri.

Nah, berikut ini penulis akan menginformasikan mengenai cara mudah dalam 4 Cara menanam rumput buat kambing dan pemeliharaannya.

Mempersiapkan Lahan Tanam

Menanam rumput untuk kambing pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan cara menanam rumput untuk pakan domba. Pada prinsipnya hal pertama yang harus di lakukan adalah mempersiapkan lahan tanam atau lokasi tanam yang akan digunakan.

Dalam hal ini di sarankan untuk memilih lahan yang datar karena jika rumput ditanam pada lahan miring dikhawatirkan akan lebih mudah longsor karena akar rumput tak dapat menahan air.

Adapun langkah langkah dalam menyiapkan lahan tanam adalah sebagai berikut :
  • 1. Pertama gemburkan tanah dengan cara mencangkul lahan seperti yang dilakukan pada Cara Menanam Tomat Hidroponikdan Cara Menanam Tomat dalam Polybag.
  • 2. Selanjutnya kemudian buat bedengan dengan ukuran lebar 1 meter dan panjang disesuaikan dengan luas lahan yang dimiliki.
  • 3. Ideal tinggi bedengan adalah 25-30 cm jika lebih dari itu dikawatirkan bedengan akan lebih mudah mengalami kelongsoran.
  • 4. Ratakan permukaan bedengan hingga rata dapat juga ditambahkan pupuk organik yang merupakan jenis pupuk mengandung nitrogen.
  • 5. Setelah bedengan siap maka selanjutnya harus dibuat lubang tanam dengan jarak 50×50 cm dengan kedalaman 10-15 cm.
  • 6. Diamkan selama seminggu dan selanjutnya dapat langsung ditanami.
Menyiapkan Bibit/benih Rumput

Tahapan selanjutnya dalam menanam rumput khusus untuk kambing adalah tentu menyiapkan bibit rumput yang baik dan berkualitas. Dari bibit yang berkualitas inilah nanti akan tumbuh tanaman rumput yang subur.

Adapun kriteria bibit rumput yang baik dan berkualitas adalah sebagai berikut:
  1. Warna daun rumput yang hijau segar dan rumput tidak terkena hama atau penyakit jika bibit berasal dari anakan.
  2. Dapat juga menggunakan bibit yang berasal dari biji yang biasa anda temukan di toko pertanian.
  3. Jika benih berasal dari biji dan berlabel maka pastikan terlebih dahulu tanggal kadaluwarsanya masih jauh sebagaimana i cara memilih bibit karet unggul.
  4. Selain rumput daun, kambing juga menyukai tanaman rumput pohon seperti batang batang yang biasa digunakan untuk naungan di perkebunan atau dikenal dengan sebutan kayu hujan.
  5. Mendapatkan bibitnya juga sangat mudah yakni dengan mengambil setek bagian batangnya.
  6. Setelah bibit dan benih diperoleh maka selanjutnya dapat langsung dilakukan penanaman ke lahan tanam.

Menanam Rumput untuk Kambing di Lahan Tanam

Tahapan selanjutnya adalah melakukan penanaman pada lahan tanam seperti yang dilakukan pada cara menanam tanaman pada umumnya. Terlebih dahulu bibit atau benih dimasukkan ke dalam lubang tanam.

Lalu kemudian tutup kembali lubang tanaman dan diratakan tanaman di sekitarnya. Jangan lupa melakukan penyiraman agar bibit baru mudah beradaptasi dan benih dapat menumbuhkan kecambahnya.

Pemeliharaan Rumput untuk Kambing yang Tepat

Sebenarnya rumput bukanlah tanaman yang harus dipelihara secara intensif, sebab di lahan rumput dapat tumbuh dengan sendirinya bahkan tanpa ditanam.

Namun tentunya jika dalam pola budidaya akan berbeda, sebab rumput yang ditanam dituntut untuk dapat dipanen dengan hasil yang memuaskan dan berkualitas baik.

Maka pastinya pemeliharaan harus dilakukan secara intensif, nah beberapa teknik dalam pemeliharaan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :
  • Pemupukan
Agar rumput tumbuh dengan lebih subur maka tentu harus dilakukan pemupukan, yang paling utama adalah memberikan pupuk dengan jenis pupuk mengandung nitrogen dapat menggunakan pupuk kandang atau juga memakai pupuk anorganik seperti pupuk urea,  Mengapa pupuk urea sangat penting untuk pertumbuhan tanaman? Hal ini karena pupuk urea memiliki banyak manfaat penting. Pengaplikasian dapat diberikan dengan cara ditebarkan kebagian dasar atau dekat perakaran. Jangan ditebarkan ke tanaman karena justru akan membuat daun rumput menjadi terbakar.
  • Penyiraman
Penyiraman atau pengairan juga sangat penting dilakukan. Terutama jika anda menanam rumput bertepatan dengan datangnya musim kemarau. Penyiraman dan pengairan akan membuat tanaman memenuhi kebutuhan airnya.
Sehingga nantinya tanaman tidak akan mengalami dehidrasi atau kekeringan. Hal ini juga sangat penting dilakukan terutama pada saat awal-awal masa tanam. Pada saat itulah rumput memerlukan air dalam jumlah besar untuk menunjang pertumbuhannya.

Jual Karung Beras Laminasi
*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menanam Rumput Untuk Makanan Kambing? Ini Caranya"

Posting Komentar