HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Teknik Menanam Sawi Pagoda Secara Hidroponik Dengan Sistem NFT Bagi Pemula

Produsen Karung Plastik Harga Terjangkau - Lim Corporation 

Pagoda merupakan varietas sawi-sawian yang kerap ditanam dan mempunyai tesktur yang cukup unik juga menarik. Sayuran pagoda mempunyai warna hijau tua dan rasa yang sedikit berbeda dengan sayuran lain sebab mempunyai rasa yang lebih manis.

Pagoda biasa diolah menjadi menu masakan yang khas seperti tumis pagoda, soup dan bisa dikonsumsi secara mentah atau segar. Umumnya pagoda juga dipakai sebagai pelengkap dalam menu salad sayur. Sayuran pagoda juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk kesehatan.

Untuk membudidayakan pagoda bisa ditanam memakai sistem hidroponik. Nah, sekarang ini kita akan membahas tentang cara budidaya menanam sawi pagoda dengan memakai sistem hidroponik NFT (Nutrient Film Technique).

Cara Budidaya Sawi Pagoda Secara Hidroponik Dengan Sistem NFT

Persiapan Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang perlu disiapkan untuk membudidayakan sawi pagoda contohnya yaitu:

- Benih tanaman pagoda
- Rockwool
- Pelubang rockwool
- Air
- Sistem NFT
- Nutrisi sayuran daun
- TDS meter
- Nampan plastik
- Netpot.

Penyemaian Bibit Sawi Pagoda

Sesudah semuanya siap, selanjutnya laksanakan penyemaian bibit. Potong rockwool dengan ukuran 2 x 2 x 2 cm dan dikasihkan 1 lubang tanam. Sesudah itu, masukkan benih pagoda pada media semai rockwool dengan isi satu lubang rockwool untuk satu benih pagoda.

Baca Juga:

Selanjutnya, benih selada yang sudah disemai diletakkan di nampan dan kasihkan air secukupnya hingga dalam kondisi kelembaban yang sesuai. Letakkan semaian selada pada tempat yang mempunyai cahaya yang cukup dan terlindungi dari air hujan.

Laksanakan pengecekan setiap hari dan jaga kelembaban media semainya atau dapat laksanakan spray pada bagian daun selada yang mulai berkecambah memakai air biasa pada pagi atau sore hari.

Sesudah bibit pagoda mempunyai 2 – 3 daun sejati, maka benih bisa dipindah tanam atau transplanting.

Pindah Tanam Bibit Pagoda

Memindahkan bibit dari persemaian ke sistem hidroponik dapat dilaksanakan pemindahan ke netpot ukuran 5-7 cm. Pindah tanam dilaksanakan dengan memakai sistem hidroponik NFT.

Jarak tanam untuk tanaman pagoda yaitu 20 cm per lubang tanam. Jarak tanam harus selalu diperhatikan sebab akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman terutama pada saat proses fotosintesis.


Pindah tanam bisa dilaksanakan pada pagi atau sore hari pada saat keadaan segar. Saat proses pindah tanam dilaksanakan, tanaman pagoda telah mulai diaplikasikan nutrisi ab mix sayuran daun.

Pada awal pindah tanam, aplikasikan nutrisi ab mix dengan tingkat kepekatan 600-800 ppm. Sesudah umur satu minggu sesudah pindah tanam bisa di tingkatkan menjadi 900-1200 ppm.

Pemeliharaan dan Perawatan Tanaman Sawi Pagoda

Perawatan bisa dilaksanakan minimal sehari sekali. Perawatan tersebut berupa cek keadaan tanaman, cek suhu, cek air nutrisi, cek hama dan penyakit dan cek sistem hidroponik.

Ada banyak macam penyakit yang dapat menyerang tanaman pagoga diantaranya jamur, virus dan bakteri. Penanganan hama dan penyakit bisa dilaksanakan dengan pengendalian hama dan penyakit secara terpadu atau untuk pencegahan lebih ampuh bisa memakai Greenhouse atau Screenhouse.

Sistem hidroponik terutama NFT wajib sekali dicek sebab sistem NFT sangat bergantung pada listrik sehingga ketika listrik mati akan berpengaruh pada keadaan tanaman. Selang pada sistem NFT juga harus selalu dicek dan dibersihkan sebab akan kerap kali tersumbat.

Masa Panen Sawi Pagoda

Pagoda bisa dipanen pada saat umur 30-35 hari sesudah tanam. Cara panen pagoda bisa dilaksanakan dengan dipanen sekali cabut atau dilaksanakan perompesan secara berkala tergantung macam keperluhannya.

Jual Karung Beras Murah
*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Menanam Sawi Pagoda Secara Hidroponik Dengan Sistem NFT Bagi Pemula"

Posting Komentar