HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tips Cara Menanam Selada Hidroponik Dengan Sistem Wick Bagi Pemula

Distributor Krung Beras Untuk Pengemasan Beras - Lim Corporation 

Selada merupakan tumbuhan sayur yang adalah tumbuhan asli lembah bagian timur Laut Tengah. Selada biasa di tanam di wilayah beriklim sedang ataupun wilayah beriklim tropika.

Umumnya selada dijadikan sebagai lalapan atau salad bagi para vegetarian, selain itu selada kaya akan nutrisi dan dapat membantu program diet yang sedang dijalani, dapat menjadi pencuci darah juga dapat membantu mengobati gangguan pada ginjal dan hati.

Baca Juga  : 

Ada beberapa macam selada diantaranya selada hijau, selada kribo, selada merah dan selada romain. Selada mempunyai umur panen 25-35 hari sesudah tanam. Selada mempunyai rasa yang sedikit pahit dan ada juga yang mempunyai rasa manis.

Nah, sekarang ini kita akan membahas tentang cara menanam selada secara hidroponik dengan sistem wick. System wick atau sistem sumbu merupakan sistem yang memakai sumbu (kain flanel) sebagai penggerak nutrisi naik ke akar tanaman atau kerap disebut dengan kapilaritas. Wick system adalah sistem yang cukup gampang, tidak memakai listrik, biaya yang dikeluarkan lebih terjangkau dan bisa memanfaatkan barang disekeliling kita.

Cara Budidaya Selada Hidroponik Dengan Wick System atau Sistem Sumbu Bagi Pemula

Persiapan Alat dan Bahan

Alat dan bahan harus persiapkan untuk menanam selada hidroponik sistem wick diantaranya TDS Meter, pH meter, netpot ukuran 5 cm, kain flanel, impraboard, bak nutrisi, holesaw, bor listrik, gunting, gergaji, nampan semai, tusuk gigi dan gelas ukur. Sedangkan bahan yang dipakai diantaranya nutris AB Mix sayuran daun, benih selada, air dan rockwool. Sesudah disiapkan semuanya, potong impraboard dan melubanginya dengan holesaw dan bor listrik.

Pemilihan Media Tanam Selada Hidroponik Wick System

Media tanam adalah tempat untuk benih, bibit dan tanaman tumbuh dan berkembang. Media untuk selada cukuplah satu saja mulai dari semai hingga panen. Media yang direkomendasikan merupakan rockwool. Rockwool merupakan media tanam yang terbuat dari batuan yang mempunyai kualitas menyimpan dan menyerap air dan nutrisi dengan baik.

Untuk mendapatkan hasil yang baik pakai rockwool hanya untuk sekali tanam saja. Harga rockwool cukuplah terjangkau dan gampang untuk didapatkan. Untuk proses tanam ketebalan media rockwool mampu mempengaruhi daya berkecambah dan tumbuh tanaman.

Persemaian Selada Hidroponik Wick System

Pilih benih selada yang sehat, unggul, tahan terhadap penyakit dan mempunyai daya tumbuh berkecambah yang baik. Selanjutnya benih selada tersebut disemai. Benih selada tersebut sebainya disemai pada pagi ataupun sore hari dengan satu benih untuk satu lubang tanam. Semaian dikasih air secukupnya dan dijaga kelembabannya.


Jumlah air yang dikasihkan tidaklah air yang berlebih atau kurang. Jika perlu setiap pagi hasil semaian dapat dispray memakai air bersih pada bagian daunnya. Semaian diletakkan di tempat yang cukup cahaya dan hindari meletakkan semaian di tempat yang gelap.

Pindah Tanam Selada Ke Media Tanam Hidroponik Wick System

Sesudah bibit selada berkisar 8-12 hari sesudah semai atau telah keluar daun sejatinya atau jumlah daun lebih dari 2 daun maka dapat dipindah tanamkan. Pindah tanam bisa dilaksanakan dengan cara memindahkan bibit dari semaian kedalam netpot yang telah dikasih kain flanel sebagai kapilaritasnya. Pindah tanam bisa dilaksanakan ketika pagi atau sore hari dalam keadaan segar. Jarak tanam yang sempurna untuk bibit selada 20 cm/tanaman atau sesuai dengan kanopi tanaman. Letakkan selada ditempat yang cukup cahaya atau sinar matahari.

Pemberian Nutrisi Hidroponik

Nutrisi untuk hidroponik khususnya tanaman selada merupakan nutrisi AB Mix sayuran daun. Nutrisi AB mix untuk selada dapat diaplikasikan mulai tanaman selada pindah tanam.

Bibit selada yang telah pindah tanam bisa dikasihkan nutrisi 600-700 ppm. Selanjutnya setiap minggunya dapat dilaksanakan penambahan nutrisi antara 800-1200 ppm tergantung keadaan tanaman. Keadaan tanaman yang dimaksud yaitu ketika tanaman dikasihkan 800 ppm tetapi terjadi kekurangan nutrisi dengan menunjukkan perubahan seperti daun menguning dapat dinaikkan menjadi 900 ppm.

Selain memberikan nutrisi pada selada setiap hari wajib melalukan cek nutrisi. Cek nutrisi untuk mendapatkan kecocokan unsur hara yang diperlukan tanaman. Cek nutrisi dapat dilaksanakan memakai TDS Meter. Keadaan nutrisi harus kerap dicek atau diaduk untuk menghindari pengendapan nutrisi.

Pemeliharaan Selada Hidroponik Wick System

Laksanakan monitoring setiap hari dengan cara cek pH, cek keadaan tanaman untuk OPT atau Organisme Pengganggu Tanaman atau Hama dan penyakit dan cek suhu tanaman. Cek pH dapat dilaksanakan seminggu sekali dengan memakai Ph meter. Cek keadaan tanaman dapat dilaksanakan dengan cek tanaman dengan melihat perubahan yang ada pada tanaman.

Tanaman yang mempunyai perubahan seperti warna, bentuk hanya terdapat dibeberapa tanaman saja berarti dapat dikategorikan tanaman sakit. Namun jika perubahan terjadi pada semua tanaman dapat dikategorikan tanaman terjadi defisiensi unsur hara atau kelebihan/kekurangan nutrisi.

Jika tanaman selada terserang hama atau penyakit dalam skala kecil maka dapat dilaksanakan pengendalian secara mekanik dengan mengambilnya secara manual atau dapat juga memanfaatkan musuh alami atau memutus siklus hidup hama tersebut. Jika penyerangan dalam skala besar dapat pakai pestisida organik dari ekstrak tanaman atau pestisida anorganik. Pemakaian pestida anorganik harus dilaksanakan dengan macam yang akurat, tepat dosis dan akurat waktu.

Masa Panen Selada Hidroponik Wick System

Panen selada hidroponik dapat dilaksanakan ketika daun telah berwarna hijau ideal, segar dan berumur sekitar 25-35 hari sesudah tanam. Selada dapat dipanen dengan cara dirompes sesuai dengan keperluhan atau dipanen dengan cara dicabut.

Produsen Karung Beras 
*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cara Menanam Selada Hidroponik Dengan Sistem Wick Bagi Pemula"

Posting Komentar