HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Mengenal Penyakit Hawar Daun Pada Tanaman Padi & Cara Mengatasinya

Distributor Karung Beras High Quality - Lim Corporation

Pada umumnya, sektor pertanian di negara kita berada di lahan basah (sawah) seta kebanyakan para petani membudidayakan tanaman padi sebagai komoditas utama mereka. Risikonya, penyakit hawar daun pun menghantui tanaman padi yang dibudidayakan oleh para petani.

Penyakit hawar daun pada tanaman padi atau lebih lazim disebut para petani dengan nama penyakit kresek merupakan penyakit tanaman padi yang diakibatkan oleh bakteri dan jamur patogen. Jamur patogen yang menyebabkan penyakit hawar daun sebenarnya bisa menyerang berbagai jenis tanaman lainnya. Salah satu tanaman yang menjadi inang penyakit hawar daun adalah tanaman padi.

Penyebab utama penyakit hawar daun pada tanaman padi itu berasal dari kesalahan dalam menerapkan sirkulasi air dan intensitas matahari yang kurang, sehingga penyakit kresek ini mampu untuk berkembang. Selain itu, tanaman padi yang kekurangan unsur kalium (K) juga mempunyai antibodi yang lemah terhadap serangan hawar daun.

Gejala awal pertumbuhan jamur dan bakteri patogen yang mengakibatkan penyakit hawar daun pada tanaman padi ditandai dengan tanaman padi yang terlihat layu serta kering. Lalu, muncul bercak berwarna cokelat pada daun padi mulai dari bagian tepi ujung, kemudian menyebar ke seluruh bagian daun. Bercak cokelat kering pada daun padi menjadi pertanda umum terjadinya penyakit hawar daun.


Karena padi ditanam di lahan yang berair, dimana kondisi tersebut sangat disenangi untuk berkembangnya bakteri dan jamur patogen, maka tanaman padi akan rentan terserang penyakit kresek. Apabila bakteri dan jamur patogen ini dibiarkan, akan menyerang batang tanaman padi sehingga tanaman padi mengering bahkan bisa membuatnya mati. Gejala ini seperti penyakit busuk batang.

Cara mengatasi penyakit hawar daun

Seperti yang telah kita bahas bahwa penyakit hawar daun disebabkan dari adanya bakteri dan jamur patogen. Tetapi, pada banyak kasus penyakit  hawar daun pada tanaman padi, ternyata lebih dominan disebabkan oleh bakteri patogen. Bakteri penyebab penyakit kresek pada tanaman padi ini adalah Xanthomnas Oryzae pv.

Perlu Anda ketahui, bakteri patogen tidak akan mati dengan memakai fungisida meski dengan dosis yang tinggi sekalipun. Bila menemukan gejala dan ciri yang sesuai dengan penyakit hawar daun, segera gunakan bakterisida kontak berbahan aktif tembaga hidroksida dalam waktu 2—3 hari berturut-turut.

Setelah hari ke-4, lanjutkan penyemprotan dengan menggunakan bakterisida jenis sistemik berbahan aktif streptomycin guna mengobati tanaman padi dari dalam struktur jaringan sel tanaman. Penyemprotan hari ke-4 ini bisa juga dicampur dengan pupuk kalium dan phospat (MKP) untuk meningkatkan efektivitas dalam mengatasi penyakit hawar daun ini.

Setelah melakukan hal ini, disarankan untuk tidak menaburkan pupuk nitrogen (urea). Selain itu, penyemprotan memakai pestisida dihentikan untuk sementara waktu sampai penyakit kresek ini berhasil dimusnahkan.


*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Penyakit Hawar Daun Pada Tanaman Padi & Cara Mengatasinya"

Posting Komentar