HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Karung Laminasi, Solusi Pasca Panen Beras Merah

Beras merah saat ini sudah sering digunakan untuk dijadikan menu diet sehat guna menurunkan berat badan dan juga untuk penderita diabetes. Beras merah memang tergolong ke dalam salah satu jenis makanan pokok yang banyak mengandung zat karbohidrat di dalamnya. Beras merah umum dikonsumsi seperti halnya nasi putih yang biasanya dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Memang padi beras merah ini masih sedikit asing ditelinga kita, namun dengan perkembangan zaman sekarang padi jenis ini sudah mulai banyak dikenal dan dibudidayakan.

Seiring dengan berjalannya waktu, masyarakat Indonesia mulai menyadari akan keunggulan beras merah jika dibandingkan dengan beras putih biasa yang dikonsumsi sebagai makanan pokok. Memang, nasi putih mempunyai cita rasa yang lebih nikmat ketimbang nasi merah, tetapi beras merah lebih banyak mengandung zat gizi yang baik dan tak dimiliki oleh nasi putih. Jika Anda mulai tertarik atau ingin membudidayakan beras merah ini, silahkan Anda simak beberapa tahapan langkah dalam budidaya beras merah yang perlu Anda terapkan supaya panen sukses dan hasil memuaskan, antara lain :

- Persiapan Lahan

Tahapan awal kalau Anda ingin budidaya beras merah ini yakni dengan mempersiapkan lahan lebih dahulu. Anda bisa memulainya dengan cara membersihkan lahan dari tanaman-tanaman pengganggu yang masih ada tersisa di area lahan yang bakal Anda pergunakan untuk budidaya beras merah. Langkah berikututnya yakni dengan menggemburkan lahan serta tak lupa memberikan pupuk bokashi dan juga memberi kapur dolomite pada area lahan persawahan yang Anda persiapkan.

- Pembenihan Bibit

Pembenihan bisa Anda kerjakan dengan cara semai lebih dulu, pemilihan bibit untuk padi merah unggul sangat penting diperhatikan, Tetapi Anda bisa saja mengerjakan penyeleksian ulang sebelum menyemai bibit pada waktu merendam bibit. Kalau saat tahap perendaman terdapat bibit padi merah yang mengambang diatas segera ambil dan buang saja, maka bibit beras yang Anda semai betul-betul bibit yang berkualitas bagus saja.

BACA JUGA


Tips Mengatasi Hama Wereng Pada Tanaman Padi

Bagaimanakah Trick Menanam Padi Yang Benar?

Karung Laminasi, Solusi Pasca Panen Padi Beras Merah

Cara Yang Benar Mengatasi Hama Tikus Untuk Tanaman Padi


- Penanaman Bibit

Untuk tahapan budidaya beras merah selanjutnya adalah penanaman yang bisa dikerjakan di awal-awal musim hujan. Anda bisa mulai menanam saat usia bibit sekitar 21 hari. Penanaman bisa Anda kerjakan dengan memakai sistem jajar legowo guna mendongkrak hasil panen beras merah lebih berkualitas, dengan menggunakan pola jarak 25-25-25-25-40 cm arah utara selatan. Pada saat mengarah ke metahari terbit atau timur barat minimal terdapat 20 cm tergantung juga dengan keperluan Anda.

- Perawatan & Pemeliharaan

Pemeliharaan atau perawatan di dalam budidaya beras merah ini bisa Anda kerjakan dengan cara yang umumnya saja, Anda bisa menerapkan pemeliharaan seperti tanaman lain. Misalnya saja seperti pemberian pupuk, penyulaman, penyiangan, penanganan hama serta penyakit serta pemanenan dan pasca panen. Penyulaman bisa Anda kerjakan ketika pai beras merah sudah mencapai umur sekitar 1-3 minggu sedangkan penyiangan sendiri bisa Anda kerjakan dengan menyiangi rumput yang ada dan tumbuh di lahan area budidaya beras merah. Penyiangan sendiri bisa Anda kerjakan saat umur tanaman padi sekitar 3-4 minggu.

Penanganan hama serta penyakit memang biasanya dikerjakan dengan menggunakan bantuan peptisida, tetapi Anda perlu juga menggunakan pestisida non kimia serta hal ini Anda bisa kerjakan setiap 15 hari sekali. Sedangkan untuk tahap penyemprotan pupuk cair bisa Anda diberikan tiap 5 hari sekali. Pengaplikasian pupuk cair serta pengendalian hama bisa memakai pestisida ialah ketika selang 5 hari, semprotlah pupuk cair, semprotlah pupuk cair berikutnya semprotlah pestisida hayati.

- Pemanenan & Pasca Panen

Panen padi merah ini perlu memperhatikan waktu yang pas dan tepat, sebab akan sangat mempengaruhi kualitas dan mutu beras kelak. Syarat untuk dilakukan panen adalah 90-95% gabah dari malai sudah terlihat kuning, Malai harus berusia 30-35 hari sesudah berbunga merata. Kadar air yang terkandung dalam gabah 22-26 % yang diukur dengan alat moisture tester. Jadi memudahkan Anda untuk proses panen padi beras merah.

Untuk pasca panen sendiri, setelah Anda selesai mengerjakan proses pemanenan padi beras merah di sawah Anda, waktunya untuk menyelepkan padi tersebut agar kulit bijinya terpisah dengan biji beras didalamnya. Nah, ketika sudah megerjakan penyelepan, kini Anda bisa melakukan tahap pengemasan dengan menggunakan karung beras, Anda dapat mengemasnya menggunakan karung beras seperti dengan karung beras laminasi.

Karung laminasi sendiri kini dijual dengan berbagai merk yang diperuntukkan umum untuk pengemasan beras. Merk karung laminasi yang banyak dijual saat ini seperti : Pak Tani, Bunga, Lele Super, Kepala Singa, Aprikort, Tomat, Bianglala, Cendrawasih, Putri Agri, Cherry, dan juga masih banyak lagi. Bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko karung atau toko online yang menjual karung laminasi yang berkualitas baik untuk pengemasan beras merah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Karung Laminasi, Solusi Pasca Panen Beras Merah"

Posting Komentar