HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Penggunaan Karung Beras Untuk Penyimpanan & Pengemas Hasil Panen Gabah


Karung Beras Untuk Penyimpanan Gabah - Lim Corporation

Negara Indonesia adalah negara agraris yang mempunyai lahan pertanian sangat luas. Negara yang mempunyai 2 musim ini memungkinkan banyak jenis tanaman yang mampu tumbuh dengan subur. Salah satu tanaman yang cocok ditanam di negara Indonesia adalah tanaman padi. Hampir di seluruh wilayah di Indoensia pasti mempunyai area persawahan. Hal ini tak mengherankan karena salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia yaitu beras. Bahkan tak sedikit dari masyarakat Indonesia yang beranggapan belum makan bila tak memakan nasi.

Karena luasnya wilayah pertanian tentunya bisa berdampak dengan banyaknya stok gabah yang ada di Indonesia. jadi tak heran bila banyak dari petani sampai dengan pemerintah yang mempunyai gudang khusus penyimapanan gabah. Penyimpanan gabah juga tujuannya sebagai sarana persediaan apabila sudah memasuki masa paceklik. Jadi wilayah tersebut tak terdampak bencana kelaparan.

Menyimpan gabah itu gampang-gampang susah. Kesalahan dalam menentukan timing mulai penyimpanan gabah akan berdampak pada rusaknya gabah. Apabila disimpan di tempat lembab besar kemungkinan gabah akan menghitam karena diserang jamur. Namun jika terlalu kering akan berdampak dengan patah-patanhya beras ketika penggilingan. Supaya gabah yang anda simpan tetap menghasilkan beras dengan kualitas baik, kami akan memberikan beberapa tips dalam penyimpanan gabah.

Baca Juga:

1. Pastikan kadar air gabah tak terlalu tinggi dan tak terlalu rendah. Pastikan gabah mempunyai kadar air sebesar 12%-14%. Seperti yang sduah dijelaskan di atas, gabah yang terlalu basah bisa berdampak dengan rusaknya gabah, sedangkan jika terlalu kering bisa merusak hasil olahan dari gabah.

2. Siapkan gudang tempat penyimpanan. Tempat yang akan dipakai untuk menyimpan gabah harus dipastikan kebersihannya. Hal ini tujuannya untuk menghindari adanya tikus yang berkeliaran. Anda juga harus memeriksa atap tempat menyimpan, jangan sampai ketika musim hujan tiba gabah yang Anda simpan menjadi basah karena tetesan air hujan. Pastikan bahwa tempat tersebut benar-benar steril dari hama pengganggu dan tak bocor ketika musim hujan tiba.

3. Gabah dimasukkan dalam karung gabah. Sebelum disimpan pastikan bahwa karung gabah dalam kondisi bersih. Hal ini untuk menjaga supaya tak ada hama atau kutu yang berasak dari dalam karung gabah. Beberapa yang harus Anda perhatikan dalam memilih karung gabah antara lain: 
- Pastikan karung bisa melindungi seluruh gabah yang dimasukkan.
- Karung gabah yang dipilih adalah karung yang kuat dan tahan lama.
- Jangan sampai karung gabah yang Anda pakai menyebabkan kerusakan pada gabah Anda karena faktor kebersihan.

4. Jangan letakkan karung gabah langsung bersentuhan dengan lantai penyimpanan. Hal ini tujuannya untuk menjaga kelembaban dari gabah. Karung gabah yang langsung diletakkan di atas lantai besar kemungkinan akan mempunyai kadar kelembaban yang tinggi.

Karung Beras & Karung Plastik

* Ayo bergabung di Fanpage kami "Pertanian & Perkebunan" agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

5. Laksanakan pengecekan setiap 2 minggu sekali untuk memastikan bahwa gabah tak menjadi panas, tumbuh jamur, dan kemasukan kutu. Apabila gabah sudah terlalu lama disimpan ada baiknya Anda segera mengilingnya menjadi beras. Karena semakin lama gabah disimpan maka kualias dari beras yang dihasilkan tak akan semakin baik.

Kami menganjurkan Anda memakai karung gabah sebagai media penyimpanan gabah karena lubang yang dimiliki karung bisa membantu sirkulasi udara dari gabah yang disimpan. Tak hanya itu karung gabah termasuk salah satu cara praktis untuk membedakan jenis tanaman padi. Kemudahan dalam memberikan label pada gabah akan membuat kita semakin gampang memberikan tanda dan memisahkan gabah sesuai dengan jenis dan kualitasnya.

Walaupun demikian, karung gabah tak tahan dengan air dan tetap rentan dengan hama tikus. Namun hal tersebut bisa diminimalisir dengan pemilihan tempat yang tepat dan sesuai.

Produsen & Distributor Karung Beras

* Info mengenai harga Karung Beras silakan klik DISINI

Bila Anda Membutuhkan dan Ingin Memesan Karung Beras untuk pengemasan ketika pasca panen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih awet Anda bisa menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– harga netto (tidak termasuk PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penggunaan Karung Beras Untuk Penyimpanan & Pengemas Hasil Panen Gabah"

Posting Komentar