HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Membuat Pupuk dari Sekam Padi, Ternyata Lebih Irit Biaya

Jual Karung Beras Kualitas Terjamin - Lim Corporation

Sekam padi merupakan bagian dari kulit padi yang dibuang. Bahkan kebanyakan hanya akan dibakar dan dibiarkan begitu saja seperti tidak ada gunanya. Padahal, bila kita mengetahui kegunaannya, sekam padi dapat menjadi salah satu bahan pupuk yang bermanfaat.

Sebab karena itu, sangat dibutuhkan penguasaan yang baik tentang cara membuat pupuk dari sekam padi tersebut, tidak membutuhkan banyak biaya dan mudah seperti cara membuat pupuk booster lengkeng. Tidak membutuhkan bahan yang banyak dan mahal, Anda dapat mengolahnya dengan mudah hanya mengikuti cara seperti berikut ini.

BACA JUGA :
Sebelum memasuki langkah yang dipakai dalam cara membuat pupuk dari sekam padi, terlebih dahulu kita harus mempersiapkan serangkaian bahan dan alat yang ingin kita gunakan :

- Kumpulkan sekam padi sebanyak kebutuhan Anda
- Pakailah kardus atau koran bekas
- Persiapkanlah pipa pembakaran
- Pakailah oli bekas serta siapkanlah korek api
- Siapkan air seperlunya saja beserta alat untuk menyiram air tersebut
- Pakailah sekop dan sediakan karung

Cara Membuat Pupuk Dari Sekam Padi

Nah, sesudah mempersiapkan beberapa bahan dan peralatan di atas, tentunya kita akan membahas tentang bagimana cara pembuatan pupuk organik ini langkah demi langkah, ini juga terlihat mirip dengan cara membuat pupuk alami untuk tanaman cabe.

1. Anda harus terlebih dahulu mempersiapkan alat berupa plat seng yang setidaknya mempunyai ukuran 100 x 2 x 55 cm. Sesungguhnya tidak masalah bila tingkat ketebalannya melebihi ukuran tersebut, yang terpenting adalah Anda harus memperhatikan bahwa plat seng tersebut nantinya harus tahan terhadap panas api.
2. Oleh adanya lubang ventilasi juga memberikan aliran udara yang cukup untuk membakar semua sekam padi yang mau diolah menjadi pupuk tersebut. Untuk membuat lubang yang mempunyai ukuran setidaknya 5 mm maka pakailah paku untuk memebrikan lubang tersebut. Jarakkan lubang satu dengan lubang yang lainnya sejauh 3 cm.
3. Lakukan pelubangan ini didalam plat seng yang sebelumnya sudah disiapkan dan berupa bentuk silinder.
4. Karena nantinya bagian dari lobang yang kasar dan juga tajam harus berada pada bagian luar, sebab karena itu pelobangan harus dilakukan dari dalam.
5. Untuk menghindari gangguan dari kendala asap yang tebal hasil dari pembakaran maka sebaiknya alat pembakaran tidak ditempatkan didekat rumah melainkan jauh dari rumah.
6. Anda juga sebaiknya memakai peralatan pembakaran yang tahan panas dan juga keras untuk menghindari adanya kerusakan saat proses pembakaran sedang berlangsung.
7. Pakailah alas tempat pembakaran berupa lantai yang tahan dan keras supaya tidak mudah rusak.
8. Supaya pipa di alat pembakar dapat berdiri dengan tegak maka harus dibuat ditengah-tengah dan taburkan sekam yang ingin di olah disekelilingnya.
9. Sesudah ini masukan kardus maupun koran yang sebelumnya sudah anda siapkan.
10. Supaya pembakaran dapat berjalan dengan mudah dan lancar maka coba tuangkan sedikit oli bekas ke dalamnya.
11. Untuk memulai proses pembakaran, tentunya Anda butuh menyalakan api dan menunggu sampai 30 menitan atau hingga tumpukan dari sekam terlihat mulai menghitam
12. Supaya proses pembakaran terjadi dengan baik dan sempurna maka naikan tumpukan yang masih bewarna coklat memakai peralatan yang memungkinkan seperti sekop.
13. Lakukan pengadukan atau pembolak balikan sekam ini hingga semuanya terbakar secara sempurna.
14. Sesudah semua sekam padi menghitam ini menandakan proses selesai dan Anda sudah dapat menyiramnya kembali memakai air. ini dilakukan supaya sekam tidak langsung berubah menjadi debu.
15. Sesudah itu lakukan penjemuran sampai nantinya aram sekam bakar ini menjadi kering.
16. Sesudah penjemuran selesai maka proses dari pembuatan pupuk dari sekam telah jadi dan telah dapat digunakan seperlunya.

https://www.facebook.com/InfoPertanianPerkebunanku/
Karena peralatan yang mudah dipakai, cara membuat pupuk dari sekam padi ini mudah dibuat dan tidak terlalu sulit metodenya. Selain memakainya sebagai penyubur tanah dan menjadikan nutrisi penuh bagi tanaman, pupuk ini dapat juga Anda jual di pasaran. Tidak jarang banyak yang membutuhkan dan mencari jenis pupuk arang sekam.

Jual Karung Beras - Lim Corporation

*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Pupuk dari Sekam Padi, Ternyata Lebih Irit Biaya"

Posting Komentar