HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tak Ingin Hasil Panen Padi Gogo Merugi? Terapkan Cara Ini Sekarang!

Distributor Karung Plastik Beras Harga Murah - Lim Corporation

Padi gogo merupakan salah satu jenis padi yang masih semarga dengan saudaranya yaitu padi sri. Beda dengan padi sri yang ditanam di lahan sawah yang tergenang air, namun padi gogo ditanam di lahan kering.

Untuk jenis padi gogo lokal yang asalnya dari Kalimantan masih diminati oleh petani sebab produktivitasnya sangat baik diantaranya yaitu varietas Buyung, Cantik, Katumping, Sabai serta Sasak Jalan. Dan juga di Sumatera varietas lokal seperti Arias, Simaritik, Napa, Jangkong, Klemas, Gando, Seratus Malam, dan lain sebagainya.

Biasanya varietas lokal tak hanya berumur panjang, potensi hasilnya rendah sekitar 2 ton GKG/ha. Tetapi kelebihan dari varietas lokal yaitu memiliki rasa enak yang sesuai dengan etnis daerah setempat.

Syarat Tumbuh

Ada dua syarat tumbuh utama padi gogo yaitu iklim dan keadaan tanahnya, serta interaksi setiap keduanya.

1. Iklim
Padi gogo membutuhkan air sepanjang pertumbuhannya dan kebutuhan air tersebut hanya mengandalkan curah hujan. Tanaman bisa tumbuh pada derah mulai dari daratan rendah sampai daratan tinggi. Tumbuh di daerah tropis/subtropis pada 450LU - 450LS dengan cuaca panas dan kelembaban tinggi dengan musim hujan 4 bulan.

Rata-rata curah hujan yang baik yaitu 200 mm/bulan selama 3 bulan berturut-turut atau 1500-2000 mm/tahun. Padi bisa ditanam di musim kemarau atau hujan. Pada musim kemarau produksi meningkat tetapi air irigasi selalu tersedia. Di musim hujan, meski air melimpah produksi bisa menurun sebab penyerbukan kurang intensif.

Tanaman padi memerlukan ketinggian 0-650 mdpl di daerah dataran rendah dengan temperature 22-27 derajat C sedangkan di dataran tinggi 650-1.500 mdpl dengan temperature 19-230 derajatC.

Dan tanaman padi ini memerlukan sinar matahari penuh tanpa naungan. Indonesia mempunyai panjang radiasi matahari kurang lebih 12 jam sehari dengan intensitas radiasi 350 cal/cm2/hari di musim penghujan. Dan angin berpengaruh pada penyerbukan serta pembuahan.

2. Tanah
Tanaman padi gogo harus bisa tumbuh di berbagai jenis tanah, jadi jenis tanah tak begitu berpengaruh pada pertumbuhan dan hasil padi gogo. Sedangkan yang lebih berpengaruh pada pertumbuhan dan hasil yaitu sifat fisik, kimia dan biologi tanah atau dengan kata lain kesuburannya.

Untuk pertumbuhan tanaman yang baik dibutuhkan keseimbangan perbandingan penyusun tanah yaitu 45% bagian mineral, 5% bahan organik, 25% bagian air, dan 25% bagian udara, pada lapisan tanah setebal 0-30 cm.

Struktur tanah yang cocok untuk tanaman padi gogo yaitu struktur tanah yang remah. Tanah yang cocok ini bermacam mulai dari yang berliat, berdebu halus, berlempung halus sampai tanah kasar dan air yang tersedia dibutuhkan cukup banyak.

Sebaiknya tanah tak berbatu, apabila ada harus kurang dari 50%. Keasaman tanah bervariasi dari 5,5-8,0. Pada pH tanah yang lebih rendah biasanya terjadi gangguan kekahatan unsur P, keracunan Fe dan Al. Sedangkan bila pH lebih besar dari 8,0 bisa mengalami kekahatan Zn.

Baca Juga:


Pengolahan Lahan

Pengolahan tanah untuk penanaman padi gogo dimulai sebelum atau menjelang musim penghujan. Proses ini dikerjakan sesuai keadaan lahan. Intinya pengolahan tanah dilaksanakan untuk menciptakan kondisi yang maksimal bagi tumbuhnya tanaman, yaitu menciptakan keseimbangan antara padatan, aerasi dan kelembaban tanah.

Ada lahan yang butuh pengolahan tanah sedikit atau bahkan tak butuh pengolahan tanah seperti tanah podzolik merah kuning di Sumatra yang punya tingkat kemiringan lebih dari 10%. Sebab bila dikerjakan pengolahan tanah justru akan merugikan selain menambah biaya juga mengakibatkan tanah lebih peka pada erosi jadi kesuburannya menurun.

Begitu juga hasil padi yang diperoleh setiap sistem olah tanah sempurna dengan tanah minimum tak berbeda jauh, jadi sistem olah tanah minimum lebih ekonomis. Ada beberapa cara pengolahan tanah yaitu sebagai berikut:
1. Bersihkan lokasi tanam dari tanaman penggangu dan rumput dengan memperbaiki pematang serta saluran drainase.
2. Bajak tanah 2 kali pada kedalaman 25cm-30cm, tanah dibalik.
3. Pemberian pupuk organik dikerjakan saat pembajakan yang kedua sebanyak 20 ton/ha.
4. Untuk menghaluskan tanah, tanah digaru kemudian diratakan.
5. Biarkan tanah sampai hujan turun.

Pada budidaya tanpa olah tanah untuk mengendalikan gulma memakai herbisida. Sebelum aplikasi herbisida dikerjakan, gulma direbahkan atau dibakar terlebih dulu, kemudian tumbuh sekitar 60cm baru kerjakan penyemprotan. Pemberian herbisida jenis Roundup yaitu dengan takaran antara 5-6 l/ha dengan pelarut air antara 200-800 l/ha.


Penanaman

Pada dasarnya penanaman padi gogo bisa dikerjakan dengan 3 macam cara yaitu:

1. Cara Tanam Disebar
Teknik tanam ini dikerjakan dengan menyebar rata diatas permukaan lahan yang sudah disiapkan terlebih dulu. Umumnya keperluan benih pada cara ini lebih banyak dibandingkan cara yang lain, yaitu berkisar 60-70 kg/ha. Tahap tanam ini memiliki keuntungan tenaga kerja tanam yang diperlukan sedikit. Kelemahan dari cara ini yaitu:
* Membutuhkan benih lebih banyak.
* Resiko benih dimakan hama lebih tinggi, sebab di permukaan.
* Tanaman lebih peka pada kekeringan atau kekurangan air.
* Resiko benih hanyut bila terjadi hujan lebat lebih tinggi.
* Sulitnya proses perawatan, termasuk pengendalian gulma.

Untuk atasi kelemahan tersebut maka harus dikerjakn proses seperti pembuatan saluran drainase atau parit jadi terbentuk bedengan untuk mencegah genangan air. Dan untuk mengendalikan rumput lebih baik berikan herbisida pra tumbuh sebelum sebar benih. Pemakaian seed treatment untuk menanggulangi hama.

2. Cara Tanam Alur
Area tanam yang sudah disiapkan, buat alur sedalam 3cm-4cm, dengan jarak setiap alur 20cm-25cm. Kemudian dalam alur tersebut sebarkan benih padi secara iciran, atau benih padi dijatuhkan secara manual dengan tangan dan diatur sedemikian rupa jadi benih jatuh dalam alur tersebut secara merata. Kemudian benih dalam alur ditutup kembali dengan tanah. Keperluan benih cara tanam alur ini berkisar antara 40-50 kg/ha, jadi lebih sedikit dibandingkan dengan sistem sebar.

3. Cara Tanam Tugal
Dalam cara tanam ini lahan yang sudah siap dibuat lubang tanam dengan memakai tugal. Biasanya untuk pertanaman padi gogo memakai jarak tanam 20cm x 20cm.

Sesudah lubang bekas tugal terbentuk kemudian 2-3 butir benih dimasukkan ke dalam setiap lubang tanam dan kemudian ditutup kembali dengan tanah. Lebih baiknya sebelum ditanam benih direndam sekitar 6-12 jam, kemudian diangin-anginkan sekitar 6-12 jam.

Pada teknik tanam dengan tugal ini keperluan benihnya sekitar 30 kg/ha, dan perawatan tanaman akan lebih gampang. Sebab itu cara ini yang paling banyak dipraktekkan oleh petani walau membutuhkan tenaga kerja tanam lebih banyak dibandingkan cara alur.

Pemeliharaan

1. Penyiangan
Dikerjakan secara mekanis dengan cangkul kecil, sabit atau dengan tangan waktu tanaman berumur 3-4 minggu dan 8 minggu. Proses pembumbunan dilaksanakan bersamaan dengan penyiangan pertama dan 1-2 minggu sebelum muncul malai.

2. Pemupukan
Sebaiknya pupuk yang dipakai dalam budidaya padi gogo dikombinasikan antara pupuk organik dan pupuk anorganik. Pemberian pupuk organik bisa memperbaiki sifat fisik dan biologi tanah.

Sedangkan pemberian pupuk anorganik yang bisa menyediakan hara dalam waktu cepat, pada dosis yang sesuai keperluan tanaman berpengaruh positif pada pertumbuhan dan hasil.

Pupuk organik diaplikasikan ketika penyiapan lahan. Fungsi dari pupuk ini yaitu untuk meningkatkan kandungan C organik tanah dan meningkatkan kehidupan mikroorganisme tanah. Dosis pupuk pada penanaman padi gogo harus disesuaikan dengan tingkat kesuburan tanahnya.

Jenis pupuk anorganik yang diberikan yaitu 150-200 kg/ha Urea, 75 kg/ha TSP dan 50 kg/ha KCl. Berikan pupuk TSP dan KCl ketika tanam dan urea pada 3-4 minggu dan 8 minggu sesudah tanam. Pupuk urea, TSP atau KCl sebaiknya diberikan dalam alur atau ditugal kemudian ditutup kembali dengan tanah untuk mencegah kehilangan unsurnya.

Panen

Umur panen padi gogo bermacam, tergantung varietas dan lingkungan tumbuh. Sebaiknya proses panen dikerjakan saat fase masak panen yang dicirikan dengan kenampakkan lebih dari 90% gabah sudah menguning sekitar 33-36 hari sesudah berbunga, bagian bawah malai masih ada sedikit gabah hijau dan kadar air gabah 21%-26%.

Panen yang dilaksanakan saat fase masak lewat panen, yaitu ketika jerami mulai mengering, pangkal mulai patah, bisa mengakibatkan banyak gabah yang rontok ketika dipanen.

Sebelum pemanenan, kerjakan pengeringan sawah 7-10 hari sebelum panen, pakai sabit tajam untuk memotong pangkal batang, simpan hasil panen di suatu wadah atau tempat yang dialasi.

Proses pemanenan memakai mesin Reaper binder panen bisa dikerjakan selama 15 jam untuk setiap hektar, sedangkan dengan alat Reaper harvester panen bisa selesai selama 6 jam untuk 1 hektar. Dan untuk perontokan hasil panen memakai pedal thresher. Proses perontokan dengan pengebotan, sebaiknya dihindari sebab kehilangan hasil cukup besar, bisa mencapai 3,4%.
Produsen Karung Plastik Beras
* Ingin info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik link berikut ini http://bit.ly/hargakarungberas

Apabila Anda Membutuhkan dan Ingin Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN:
– Minimal order 5.000 lembar
– harga netto (tidak termasuk PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tak Ingin Hasil Panen Padi Gogo Merugi? Terapkan Cara Ini Sekarang!"

Posting Komentar