HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR KARUNG PLASTIK

Menyediakan: karung plastik (woven bag), karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan, karung daur ulang, karung warna cream, karung warna kuning, karung gabah, karung bagor, karung roll, karung layar, karung printing, karung sablon, dll.

Melayani pemesanan karung sablon dan karung laminasi (printing) merk khusus (custom).

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Panduan Cara Budidaya Mentimun Organik yang Hemat dan Simpel

Distributor Karung Beras High Quality - Lim Corporation

Timun juga memilki banyak khasiat seperti menurunkan darah tingi. Tidak hanya itu saja, mentimun juga dapat dijadikan masker yang akan membuat kulit wajah lebih segar, sehat dan terawat. Dilihat dari banyaknya khasiat yang dikasihkan, tidak takjub jika permohonan akan buah/sayur ini selalu tinggi. Sebab permohonannya yang selalu tinggi, melaksanakan budidaya mentimun dapat menjadi salah satu pengganti untuk mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Budidaya mentimun organik lebih dianjurkan sebab tanaman yang dibudidayakan secara organik akan menghasilkan sayur yang berkualitas dan pastinya sehat. Bagaimana? Tertarik mencoba peluang ini? Nah, sebelum kita memulai membudidayakan mentimun sebaiknya kita mengumpulkan penjelasan tentang langkah-langkah budidaya mentimun organik yang secara baik dan betul, bukan?

Tidak perlu takut sebab ulasan dibawah ini akan memberikan jawabannya. Yuk simak penjelasanya di bawah ini!

Baca Juga  : 

Ketentuan Tumbuh Tanaman Mentimun

Sebelum melaksanakan budidaya, alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dulu ketentuan tanam  dari tanaman mentimun ini. Tanaman mentimun dapat tumbuh diberbagai wilayah dengan ketinggian dan suhu yang berbeda-beda. Tetapi tanaman mentimun dapat hidup dengan optimal jika ditanam pada ketinggian antara 1000 sampai dengan 1200 meter diatas permukaan laut dan dengan suhu yang berkisar antara 21-27 derajat celcius.

Selain itu, wilayah yang akan ditanami harus mempunyai penyinaran matahari yang penuh sebab tanaman ini adalah spesies tanaman yang sensitif sehingga harus memperoleh penyinaran dan pemeliharaan yang baik.

Tidak hanya itu saja, tanah yang akan dipakai harus mempunyai tingkat keasaman 6 sampai dengan 7. Lahan yang sempurna untuk menanam mentimun ialah tanah yang mempunyai kandungan banyak unsur hara serta harus mempunyai bentuk lembek. Jika tanah masih padat sebaiknya laksanakan penggemburan terlebih dahulu dengan cara dibajak atau dicangkul dengan kedalaman sekitar 20-30 cm.

Langkah-Langkah Budidaya Mentimun Organik

Adapun kentuan lainnya ialah sebagai berikut :

1. Pengolahan Lahan

Sesudah lahan siap dan tanah telah dalam keadaan lembek, maka langkah selanjutnya ialah membuat bedengan. Buatlah bendungan diatas lahan dengan ukuran lebar 1 meter dan tingginya kira-kira 20-30 cm.


Kemudian, buatlah jarak antar bedengan sekitar 20 cm dengan panjang bedengan yang menyesuaikan dengan ukuran lahan yang digunakan. Jangan lupa untuk membuat parit diantara bedengan yang berguna untuk sistem drainase.

Sesudah bedengan siap, lalu tutup bedengan memakai mulsa plastik. Jika dapat, upayakan untuk memasangnya ketika siang hari atau hawa sedang panas dengan tujuan untuk memaksimalkan kedaan panjang dan ketahanan dari mulsa plastik.

Sesudah siap, buatlah lubang pada bedengan yang telah ditutupi mulsa dengan diameter sekitar 10 cm. Jarak tanam antar lubang dalam satu baris dapat dibuat sepanjang 40 cm, sedangkan jarang lubang antar baris ialah 50-60 cm. Perlu diingat, dalam satu bedengan dibuat dua baris tanam.

2. Menyemai Benih Mentimun

Untuk penanaman dapat dilaksanakan dengan dua cara, yakni dilaksanakan penyemaian terlebih dahulu atau ditanam secara langsung. Untuk cara yang pertama dapat dilaksanakan dengan menyemainya pada polybag kecil.

Isilah polybag kecil memakai campuran tandah dan juga pupuk kandang yang telah halus. Lalu masukan satu persatu benih mentimun pada polybag.

Sesudah selesai taruh pada tempat yang memperoleh penyinaran yang cukup. Laksanakan penyiraman secara rutin setiap pagi dan sore. Benih akan mulai tumbuh sesudah berumur 2 hari benih akan mulai tumbuh.

3. Proses Penanaman Benih Mentimun

Benih telah dapat ditanam ketika telah berumur 19 hari. Caranya bukalah polibag dan alihkan tanah beserta benihnya kedalam lubang yang sudah dibuat. Laksanakan penyiraman sesudah bibit ditanam untuk menjaga kelembabanya. Tanamlah bibit pada pagi atau sore hari untuk meminimalkan kelayuan pada tanaman.

Untuk cara menanam timun kedua dapat dilaksanakan menanam secara langsung benih pada lubang yang sudah disiapkan. Caranya masukan 1 atau dua benih mentimun pada lubang lalu tutup kembali memakai tanah. Jangan lupa untuk melaksanakan penyiraman secara rutin. Benih akan mulai tumbuh ketika setelah 2-3 hari. Dan sesudah tanaman tumbuh, pasang lanjaran pada tanaman.


Mengingat bahwa timun adalah tanaman yang merambat, supaya tidak merambat kemana-mana akan lebih baik jika disediakan media perambatan seperti lanjaran. Selain itu lanjaran berguna supaya buah mentimun menggantung dan tidak tergeletan di tanah atau diatas mulsa plastik. Jika timun tergeletak diatas tanah atau plastik, kemungkinan buah busuk dan rusak bisa terjadi.

4. Pemeliharaan Tanaman Mentimun

Fase selanjutnya ialah proses pemeliharaan atau perawatan tanaman mentimun supaya tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang berkualitas. Fase pemeliharaan dalam budidaya mentimun melingkupi pengairan, pemupukan dan penyiangan.

  •  Pengairan Tanaman Mentimun

Untuk pengairan, dapat mulai dilaksanakan ketika tanaman berkecambah atau berumur 1-4 hari. Sesudah tanaman mempunyai batang dan daun atau sekitar umur 15-20 hari, juga perlu dilaksanakan pengairan pada tanaman. Kasihkan pengairan secukupnya  dan jangan sampai terlalu lembab cukup kasihkan hingga sampai tanah tampak basah. Tanah yang terlalu lembab bahkan tergenang air tidak akan baik untuk pertumbuhan dari tanaman mentimun.

  •  Pemupukan

Proses kedua ialah pemupukan. Pupuk dasar dikasihkan ketika pengolahan lahan memakai pupuk kompos dan pupuk kandang. Untuk pupuk tambahan dikasihkan ketika tanaman berumur 2 minggu. Pupuk yang dianjurkan untuk pertumbuhan tanaman mentimun ialah pupuk organik dan kasihkan juga sedikit tambahan dari pupuk UREA, TSP dan juga KCL.

  • Penyiangan

Proses terakhir ialah penyaingan tanaman. Pembersihan tanaman liar di sekeliling tanaman juga perlu dibersihkan untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman. Tanaman liar akan menyerap nutrisi yang seharusnya diserap oleh tanaman mentimun.

5. Pengendalian Hama dan Penyakit

Tanaman mentimun juga kerap memperoleh serangan hama dan penyakit. Jadi, pengolahan dan pemeliharaan tanaman harus dilaksanakan dengan baik dan betul. Beberapa hama dan penyakit yang kerap menyerang ialah gulma, kepik hijau, kerat daun, bercak daun dan hama pengerat. Hama dan penyakit dapat dikendalikan dengan memakai pestisida hayati atau juga dapat dilaksanakan pengambilan secara manual pada hama kepik.

6. Proses Pemanenan Tanaman Mentimun

Tanaman mentimun dapat dipanen jika sudah berumur 75 hari sesudah tanam. Panen dilaksanakan secara berkala setiap harinya dengan memetik buah yang setelah siap dipetik. Sesudah dipetik buah mentimun harus segera dimasukkan kedalam karung jaring untuk menghindari kerusakan mengingat buah ini mempunyai kulit yang gampang tergores dan mudah pecah.

Letakkan timun dalam suhu yang sejuk untuk menghindari penguapan cairan dalam buah. Pemetikan dan penempatan buah timun yang betul dan baik dapat membuat tanaman lebih baik dan berkualitas.

Jual karung Beras
*Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Transparan, atau Karung Polos untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami pada hari dan jam kerja melalui (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Cara Budidaya Mentimun Organik yang Hemat dan Simpel"

Posting Komentar